≡ Menu
BLOCNOOT

Berapa Lama Balita Tidur Dalam Sehari?

in Kesehatan

BLOCNOOT.com – Pola tidur merupakan salah satu bagian terpenting dari pertumbuhan bayi dan untuk menunjang kecerdasan otak mereka. Pada saat baru lahir biasanya bayi akan tidur dalam jangka waktu yang cukup panjang sehingga memaksa seorang ibu untuk membangunkannya apabila ia ingin memberikan asi.

Berapa lama balita tidur dalam sehari menurut ilmu kesehatan?

Seiring dengan bertambahnya usia, seorang anak yang memasuki usia balita, kebutuhan tidur akan tetap ada namun dalam porsi yang sedikit berbeda.

Bagi Anda yang bertanya-tanya dan ingin mengetahui berapa jumlah waktu jam tidur yang dibutuhkan oleh anak-anak setiap harinya pada saat mereka berusia balita, berikut adalah beberapa keterangannya.

Baca juga : Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

Lama Balita Tidur Dalam Sehari

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal seputar fakta mengenai tidur yang dibutuhkan oleh balita.

Setiap anak memiliki kebutuhan tidur yang bervariasi tergantung dari faktor individu serta usia mereka dan berikut adalah beberapa pedoman umum yang bisa Anda ikuti.

Periode Lama Balita Tidur dalam Sehari

Waktu tidur bayi usia 1-4 minggu

Bayi usia 1-4 minggu membutuhkan waktu untuk tidur sekitar 15 hingga 16 jam per hari. Bahkan bayi yang baru lahir biasanya akan tidur sekitar 15 hingga 18 jam per hari. Bayi prematur biasanya tidur lebih lama daripada itu.

Sejak bayi baru lahir, mereka belum memiliki jam biologis internal atau ritme yang tetap. Pola tidur mereka tidak terkait dengan siang hari maupun siklus malam. Bahkan, mereka cenderung tidak memiliki pola waktu sama sekali.

Waktu tidur bayi usia 1-4 bulan

Untuk anak-anak usia 1 hingga 4 bulan biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 14 hingga 15 jam per hari. Dengan kata lain, pada saat berusia 6 minggu bayi mulai sedikit memiliki waktu tidur yang tetap.

Pola tidur yang teratur akan mulai terlihat pada usia 6 minggu. Periode terpanjang tidur mereka biasanya terjadi pada malam hari sekitar 4 hingga 6 jam.

Berapa Lama Tidur Balita?

Waktu tidur bayi usia 4-12 bulan

Lama balita tidur pada usia 4 hingga 12 bulan membutuhkan sekitar 14 hingga 15 jam per hari. 15 jam adalah jumlah yang paling ideal, sedangkan sebagian besar bayi yang berusia 11 bulan tidur hanya 12 jam per hari.

Membuat kebiasaan tidur yang sehat merupakan tujuan utama pada usia tersebut. Biasanya bayi di usia 4 hingga 12 bulan mulai berinteraksi secara sosial dan mengikuti pola tidur orang dewasa.

Pada saat usia 6 bulan, bayi biasanya akan tidur siang di dalam 3 waktu berikut ini.

Pertama mereka akan tidur pada saat pagi biasanya pukul 09.00 selama satu jam kemudian siang pada pukul 02.00 selama 1 atau 2 jam dan juga biasanya mereka akan mengantuk kembali pada sore hari sekitar jam 03.00 atau jam 05.00.

Waktu tidur balita usia 1-3 tahun

Anak usia 1 hingga 3 tahun biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 12 hingga 14 jam per hari. Sebagian anak mungkin akan menghilangkan kebiasaan tidur di pagi hari dan sore hari pada saat mereka berusia 18 hingga 21 bulan. Bahkan sebagian anak mungkin akan enggan tidur siang.

0 comments… add one

Leave a Comment