≡ Menu
BLOCNOOT

Keistimewaan Puasa Ramadhan

in Ramadhan

BLOCNOOT.com – Tahukah Anda apa saja keistimewaan puasa ramadhan? Dalam hitungan hari kita akan bertemu dengan bulan suci ramadhan yang kita tunggu-tunggu.

Rasa di hati kaum muslimin pastilah ada rasa tidak sabar menyambutnya. Hal ini karena ada banyak sekali keistimewaan yang kita akan dapatkan apabila menjalani puasa ramadhan yang agung ini.

Untuk itu banyak orang dalam doanya meminta kepada Yang Maha Kuasa agar puasa Ramadhan tahun depan dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dengan bulan penuh hikmah ini.

Keistimewaan Puasa Ramadhan

Beberapa Keistimewaan Puasa Ramadhan

1. Al-Qur’an diturunkan pada bulan ramadhan

Turunnya Al-Qur’an yakni bulan ramadhan yang diturunkan melalui malaikat penyampai wahyu yakni malaikat Jibril kepada Nabi akhir zaman Muhammad SAW.

Al-Qur’an diturunkan secara bertahap kepada nabi yang diwahyukan untuk mengajarkan manusia agar mengetahui mana yang haq dan mana yang bathil. Turunnya Al-Qur’an di bulan ramadhan terasa begitu istimewa dan mengapa disebut sebagai bulan suci.

Untuk itu umat Islam menyambut bulan ini dengan penuh kegembiraan karena ketika idul fitri tiba akan digambarkan seperti bayi yang baru saja dilahirkan.

Begitu istimewanya bulan ini maka banyak orang yang berlomba-lomba menabung pahala untuk bekal pada kehidupan kekal yang selanjutnya.

2. Terbukanya pintu surga dan tertutup pintu neraka

Pada bulan ini setan akan dibelenggu di dalam neraka jahanam yang akan ditutup rapat. Setan tak dapat mengganggu manusia untuk berbuat yang tidak baik.

Namun apabila manusia tetap menjalani maksiat, kebiasaan buruk yang dilakukan bukan atas desakan setan tetapi atas pertaubatan manusia yang tidak segera dilakukan atau tidak sepenuh hati.

Akan tetapi apabila manusia bertaubat dengan taubatan nasuha maka pintu surga akan terbuka selebar-lebarnya.

Hal ini karena pada pada bulan ini Allah SWT membuka seluas-luasnya pintu surga bagi umatnya yang mau mengejarnya dengan amalan sholeh yang diperintahkan.

3. Diampuni segala dosa yang diperbuat

Telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW bahwa apabila datang bulan ramadhan, namun tidak segera melakukan taubatan nasuha termasuk dalam golongan orang yang celaka.

Alangkah baiknya apabila Anda selalu dalam keadaan bertaubat dengan meminta ampunan dari Allah. Dengan meminta ampunan dari Allah maka Anda termasuk salah satu golongan orang yang dapat selamat dari panasnya api neraka serta siksa kubur yang nyata adanya.

Baca juga : Menyambut Hikmah Puasa Ramadhan

4. Diberikan pahala yang berlipat ganda

Pada saat datangnya bulan suci ramadhan maka perbanyaklah beribadah kepada Allah dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Selain sholat dan puasa wajib yang sebaiknya dijalani, lakukan juga amalan sunnah yang telah dituntunkan. Apabila Anda menjalani amalan sunnah yang diperintahkan maka akan lebih mudah untuk memperbanyak pahala.

Informasi untuk Anda bahwa ketika bulan suci ramadhan maka pahala amalan wajib akan dilipatgandakan dan amalan sunnah diberi pahala sebagaimana amalan wajib.

Puasa Istimewa

5. Datangnya malam Lailatul Qadar

Pada bulan suci ramadhan terdapat satu hari yang dikenal sebagai malam seribu bulan, yaitu malam Lailatur Qadar.

Malam Lailatur Qadar disebut juga dengan malam seribu bulan dimana amalan tersebut sama dengan menjalankan ibadah selama seribu bulan atau delapan puluh tiga tahun.

Perlu diketahui bahwa amalan semacam ini hanya diberikan khusus kepada umat Rasulullah dan tidak diberikan umat nabi lainnya.

Hal ini karena umat Rasulullah atau nabi akhir zaman yang memiliki rentang usia yang termasuk pendek dibandingkan dengan umat nabi lainnya yang hidup hingga ratusan tahun.

6. Disarankan untuk iktikaf di masjid

Iktikaf adalah berdiam diri di dalam masjid yang dikhususkan hanya untuk beribadah dan menjalani berbagai amalan yang disarankan.

Beberapa amalan yang sebaiknya dilaksanakan ketika beriktikaf misalnya berdzikir, membaca Al-Qur’an dan berbagai amalan sunnah lainnya.

Hal ini karena apabila Anda menjalani iktikaf di masjid maka diharapkan akan mendapatkan malam seribu bulan atau Lailatul Qadar.

7. Salah satu penyebab masuk surga

Menjalankan ibadah puasa selain dapat sebagai sarana mendekatkan diri juga sebagai jalan menuju surga.

Ketika masa kanak-kanak tentunya Anda sering mendengarkan ceramah ustad atau ustadzah apabila menjalani puasa akan menghilangkan panas ketika berada pada padang mahsyar.

8. Bulan yang mustajab terkabulnya doa

Bulan ini juga merupakan bulan yang mustajab terkabulnya doa. Untuk itu disarankan untuk khusyuk dalam berdoa dan meminta agar dimudahkan dalam menjalani segala urusan dan mendapatkan kemudahan.

0 comments… add one

Leave a Comment