≡ Menu
BLOCNOOT

Sejarah Puasa Ramadhan yang Harus Kita Ketahui

in Ramadhan

BLOCNOOT.com – Tahukah Anda apa saja sejarah puasa ramadhan yang harus kita ketahui? Dalam menjalani ibadah puasa sudah seharusnya kita mengetahui mengenai sejarah puasa itu sendiri.

Puasa diperintahkan sebagaimana disebutkan pada surah Al-Baqarah yang mengatakan bahwa diwajibkan berpuasa atas kamu umat Rasulullah SAW sebagaimana umat sebelum kamu dengan tujuan agar kita bertaqwa.

Dengan landasan inilah maka puasa wajib bagi setiap mukmin yang sehat jasmani dan rohani, dewasa, berakal dan masih banyak lainnya.

Pada bulan puasa ini juga Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman hidup yang selalu terjaga keasliannya hingga akhir zaman nanti.

Sejarah Puasa Ramadhan

Sejarah puasa pun telah diketahui tak hanya umat Rasulullah melainkan banyak umat lainnya menjalankan puasa.

Namun perbedaannya ada pada jenis puasa yang dilakukannya bahwa puasa umat muslim dari terbit matahari hingga matahari tenggelam.

Bagi umat Yahudi puasa dilakukan sejak petang hingga ke petang berikutnya. Oleh karena itu, umat Rasulullah SAW jangan sampai salah dalam menjalankan syariat puasanya.

Ada beberpa sejarah puasa yang harus Anda ketahui agar dapat menjalaninya dengan penuh ilmu yang benar sehingga pahala puasa dapat diperoleh dengan maksimal.

Inilah Sejarah Puasa Ramadhan yang harus Diketahui

Turunnya Al-Qur’an secara bertahap namun turun pertama kali pada bulan ramadhan yang menyimpan banyak hikmah. Dengan begitu bulan ini adalah bulan yang sangat mulia dan kita diwajibkan untuk memuliakannya.

Bahkan apabila Anda puasa ramadhan dan memohon permintaan atau ampunan kepada Allah SWT maka terkabulnya doa akan sangat sangat besar.

Baca juga : Memahami Arti Puasa Ramadhan

Pada awalnya puasa dimulai pada tanggal 10 Sya’ban tahun kedua hijriah yang dilakukan setelah umat Islam hijrah dari kota Mekah menuju Madinah.

Di dalam surat yang telah dijelaskan diawal tadi, yaitu surat Al-Baqarah ayat 183 dimana kewajiban puasa seperti umat terdahulu menjalani puasa.

Puasa ini diperintahkan untuk dilakukan selama tiga puluh hari dan akan sah puasanya apabila dijalankan sesuai dengan rukun dan syaratnya. Untuk itu mempelajari dan memahami rukun serta syarat puasa wajib dilakukan agar puasa ini dapat nilai pahala yang maksimal.

Puasa yang diwajibkan untuk umat Nabi Muhammad adalah pada bulan ramadhan dan dijalankan dengan memulainya pada terbit fajar sampai dengan terbenam matahari.

Kumandang adzan magrib merupakan tanda waktu berbuka puasa. Namun jika belum adzan maka hindari makan atau minum karena dapat membatalkan puasa yang dijalani.

Sejarah Puasa Ramadhan

Awal puasa ditandai dengan rembulan yang biasanya dilihat dengan mata terbuka dan ditetapkan oleh para ulama atau negara tersebut. Biasanya kebijakan ini mengikuti standar yang dilakukan di kota Mekah untuk memulai awal puasa.

Walaupun banyak perbedaan namun sebagai umat perlu mengimani salah satunya saja karena pada dasarnya penentuan bulan ramadhan semuanya sama ada ilmunya.

Baca juga : Tips Mempersiapkan Puasa Ramadhan Tahun Ini

Puasa yang diberikan paling mudah adalah puasa yang ditetapkan kepada umat Rasulullah SAW yakni puasa dari matahari terbit atau waktu sebelum subuh hingga magrib.

Apabila Anda membayangkan puasa pastilah sangat lama namun ketika Anda bertanya kepada dokter, maka yang dijawab adalah puasa memiliki banyak keutamaan bahkan dapat menyembuhkan penyakit, salah satunya sakit maag.

Banyak orang yang ketika datang bulan ramadhan kemudian menjalani puasa khawatir akan terasa sakit penyakit maag yang diderita. Namun ketika menjalaninya dengan maksimal dan terus menerus maka penyakit maag akan hilang begitu saja.

Dengan begitu bisa dikatakan bahwa ibadah akan terasa indah ketika puasa ramadhan dijalankan dengan hati yang ikhlas.

Puasa memberikan banyak keuntungan baik sehat jasmani maupun rohani yang berarti pada kematangan emosi. Hal ini dapat dilihat setelah puasa dan dalam keadaan puasa yang dapat menahan amarah.

Tujuannya agar puasa yang dijalani tidak sia-sia tidak hanya menahan lapar dan haus saja. Melainkan menahan segala godaaan yang menyesatkan.

Setelah Anda mengetahui mengenai sejarah singkat dan beberapa poin yang dapat diambil dari sejarah puasa ramadhan, maka sebaiknya Anda menjalankan puasa dengan hati yang ikhlas dan penuh pengetahuan mengenai puasa ramadhan.

Dengan begitu maka Insya Allah Anda akan lebih banyak mendapatkan kemudahan dalam menjalani puasa ramadhan.

0 comments… add one

Leave a Comment