≡ Menu
BLOCNOOT

Mengetahui Penyebab Kegagalan Diet dan Cara Diet yang Sehat

in Kesehatan

BLOCNOOT.com – Cara diet sehat adalah dengan memperbaiki pola makan bukan dengan membuat diri menjadi kelaparan. Diet dapat dilakukan dengan mengatur jadwal makan dan daftar makanan yang harus dimakan.

Inti utama dari keberhasilan suatu diet adalah niat seseorang ketika menjalaninya. Jadi tips diet yang paling pertama adalah cari motivasi yang tepat dan kuat yang dapat mendorong kita melakukan diet.

Cara Diet Sehat

Penyebab Kegagalan Diet

Tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan dalam melaksanakan diet. Paling tidak ada dua hal yang menjadi sumber kegagalan diet.

Sebaiknya Anda mengetahui kedua hal tersebut agar dapat memperoleh keberhasilan pada saat melaksanakan diet sehat dengan hasil maksimal.

1. Motivasi yang kurang kuat

Diet yang baik adalah diet yang dilakukan dengan memperbaiki pola makan. Jadi diet sebaiknya tidak dilakukan dengan jangka waktu tertentu tapi untuk seumur hidup. Apabila diet ditetapkan untuk jangka waktu tertentu kita akan mengalami “yoyo effect”.

“Yoyo effect” adalah kondisi dimana seseorang melakukan diet dan berhasil untuk waktu yang singkat dan akan kembali ke kondisi semula karena tidak ada perubahan pola hidup dan pola makan seperti sebelum melakukan diet.

Oleh karena itu tanamkan pada pikiran Anda bahwa diet bukanlah sebuah cara untuk menjadi langsing tapi untuk membuat badan menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit.

Hal itu akan membantu Anda untuk mendapatkan berat badan ideal karena pikiran Anda ingin sehat dan hidup untuk waktu yang lebih lama.

2. Sering meninggalkan sarapan

Sarapan adalah hal yang penting ketika melakukan diet, selain sebagai energi, juga berperan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, makan pagi juga mencegah kita dari kelaparan ekstrim sebelum makan siang dan menjaga kita dari keinginan makan yang manis-manis.

Jika kita tidak terlalu lapar maka kita dapat mengontrol makan siang kita sesuai dengan kebutuhan kita yang sesungguhnya, bukan hanya lapar mata. Tidak meninggalkan sarapan juga termasuk cara diet sehat.

Panduan Cara Diet Sehat

Keberhasilan Diet dengan Cara Diet Sehat

Diet yang baik dan sehat adalah diet yang tidak mengabaikan kesehatan.

Banyak orang salah persepsi dan menginginkan diet dengan penurunan berat badan yang ekstrim lalu tidak makan sama sekali atau bahkan memuntahkan lagi makanan yang telah dimakan.

Hal-hal tersebut bukanlah cara diet sehat dan merupakan cara diet yang buruk dan tidak sehat.

Diet yang sehat adalah diet yang tetap menjaga kondisi tubuh agar prima dan memperhatikan jumlah asupan gizi yang masuk ke tubuh sehingga tidak merusak tubuh dan organ-organ di dalamnya.

Selain mengatur pola makan agar teratur dan cukup Anda juga bisa melakukan hal-hal ini untuk mendapatkan tubuh ideal secara sehat:

1. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur bukan hanya membuat badan menjadi lebih bugar karena membantu metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh yang lancar secara alami akan membuat lemak tubuh menjadi berkurang sehingga hal ini dapat membantu seseorang yang sedang melakukan diet.

2. Hindari gorengan

Gorengan adalah makanan yang berasal dari bahan makanan yang sehat kemudian dibalut dengan tepung dan digoreng dengan minyak.

Tepung adalah salah satu makanan yang tergolong dalam karbohidrat sederhana. Konsumsinya yang terlalu banyak akan menyebabkan tubuh semakin banyak menyimpan glukosa menjadi lemak.

Hal ini berbahaya, apalagi tepung tersebut digoreng dengan menggunakan minyak yang juga termasuk dengan lemak jenuh.

Hal ini akan meningkatkan jumlah lemak dan memperbanyak kolesterol yang menumpuk dalam tubuh.

3. Makan makanan berserat

Makanan berserat membantu Anda untuk tidak mudah lapar.

Hal ini disebabkan karena makanan berserat membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, tidak sebagaimana karbohidrat sederhana seperti nasi, mi, dan makanan yang terbuat dari tepung-tepungan semisal roti dan pasta.

Makanan berserat akan bertahan lebih lama di lambung sehingga kita menjadi tidak mudah lapar.

4. Hindari stres

Stres merupakan salah satu faktor yang menggagalkan diet Anda. Ketika tubuh dalam keadaan stres maka tubuh akan sedikit mengeluarkan serotonin.

Serotonin adalah bahan kimia yang dilepaskan pankreas untuk memberikan rasa bahagia dan merupakan bahan kimia yang tugasnya menahan, dalam hal diet serotonin dapat digunakan untuk mengontrol rasa lapar.

Jadi ketika kadar serotonin rendah dalam tubuh, tubuh akan lebih sering memberikan rasa lapar.

Oleh karena itu orang yang stres sering kali kelaparan disebabkan memang senyawa serotonin dalam tubuhnya tidak cukup untuk menahan rasa lapar.

0 comments… add one

Leave a Comment