≡ Menu
BLOCNOOT

Yang Harus Kita Ketahui Dari Asuransi Kesehatan Karyawan

in Karir

BLOCNOOT.com – Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah karyawan yang cukup banyak.

Melihat banyaknya jumlah karyawan pemerintah tak lepas tangan begitu saja, mereka membuat banyak kebijakan yang memberikan banyak keuntungan dan berharap mampu mensejahterakan karyawan baik karyawan negeri maupun swasta.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam hal meningkatkan kesejahteraan karyawan adalah membuat program asuransi kesehatan karyawan yang secara resmi dikelola oleh negara dan mendukung adanya asuransi kesehatan karyawan oleh swasta.

Sayangnya hampir sebagian dari masyarakat kita masih belum sadar betul apa sebenarnya fungsi dari asuransi kesehatan karyawan.

Banyak yang menganggap dengan memiliki asuransi akan merugi karena belum tentu kita akan sakit.

Padahal kalau kita mulai mengubah mindset atau arah berpikir kita, coba baliklah pemikiran tersebut dengan berpikir belum tentu kita akan sehat terus selamanya makanya kita akan sangat membutuhkan asuransi kesehatan terutama untuk para karyawan yang membutuhkan perhatian dan bentuk kepedulian dari hasil kerjanya selama ini.

Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Berikut beberapa hal yang wajib kita ketahui mengenai asuransi kesehatan karyawan agar kita sadar betapa pentingnya hal itu untuk diri kita sendiri bukan orang lain.

Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Ada banyak manfaat dari asuransi kesehatan untuk karyawan yang sebenarnya sudah kita ketahui namun terkadang kita berusaha untuk tidak mengindahkannya, padahal semua itu jelas penting dan bermanfaat untuk kita.

Berikut manfaat-manfaat penting dari asuransi kesehatan karyawan.

1. Keringanan biaya pengobatan

Banyak orang yang enggan memeriksakan penyakitnya ke dokter maupun rumah sakit dengan alasan biaya pengobatan yang besar. Biaya pengobatan memang besar seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi pendukung pemeriksaan kesehatan.

Disinilah pentingnya asuransi kesehatan karyawan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan untuk karyawan kita bisa mendapat keringanan biaya pengobatan bahkan hingga gratis 100% jika biaya pengobatan memang dalam batas standar. Keringanan biaya pengobatan ini meliputi biaya perawatan jalan hingga opname.

2. Rawat inap/opname terjamin

Dengan memiliki asuransi kesehata karyawan, di saat menjalani rawat inap kita akan mendapatkan jaminan pelayanan yang maksimal.

Karena di dalam rawat inap banyak pemeriksaan kesehatan lain seperti pemeriksaan laboratorium, USG, foto rontgen dan yang lainnya tidak akan memerlukan tambahan biaya yang besar lagi.

3. Rawat jalan

Demikian juga halnya dengan rawat jalan. Jika berobat tanpa menggunakan asuransi akan banyak biaya yang harus kita keluarkan seperti biaya konsultasi, menebus obat dan biaya lainnya.

Dengan asuransi dijamin kita bebas dari biaya-biaya tersebut.

Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Nah, sudah jelas bukan ternyata banyak sekali manfaat dari asuransi kesehatan karyawan.

Belum lagi jika kita adalah karyawan yang bekerja di lingkungan rawan kecelakaan kerja. Asuransi menjadi hal terpenting dan senjata utama kita dalam hal jaminan keselamatan.

Lepas daripada itu semua, jika Anda sudah memiliki niat dan keinginan untuk mendaftarkan asuransi kesehatan karyawan ada beberapa tips dalam memilih asuransi agar Anda tidak terjebak dalam asuransi yang memberatkan.

1. Pilih perusahaan asuransi kelas internasional

Sebagai karyawan yang membuat kita harus pulang pergi luar negeri maupun luar pulau penting bagi kita untuk mendaftar asuransi kesehatan karyawan pada perusahaan yang sudah terkenal seantero dunia, yang sudah memiliki banyak kantor di berbagai tempat.

Bukan karena alasan gengsi atau apa melainkan dengan begitu kita akan mudah melakukan klaim dimanapun berada termasuk di luar negeri karena akan dengan mudah menemukan kantor pusat atau kantor cabangnya.

2. Sistem cashless

Memilih asuransi kesehatan karyawan yang memiliki sistem cashless juga sangat penting. Karena dengan sistem tersebut sangat memungkinkan bagi kita mengklaim asuransi kapanpun dalam kondisi apapun.

Biasanya jika perusahaan asuransi biasa tidak akan mudah mengklain dalam waktu mendadak. Perlu jangka waktu aktivasi sekitar 20-30 hari sehingga terkadang kita harus menggunakan biaya pribadi terlebih dahulu.

3. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan luas

Memiliki jaringan luas maksudnya sudah bekerja sama dengan banyak rumah sakit atau lembaga kesehatan lainya.

Dengan begitu kita tidak akan kesulitan melakukan pemeriksaan di rumah sakit atau di lembaga kesehatan mana saja. Kemudahan-kemudahan ini menjadi kunci kelancaran penggunaan asuransi kesehatan karyawan.

0 comments… add one

Leave a Comment