≡ Menu
BLOCNOOT

Pentingnya Sarapan Sehat untuk Diet

in Kesehatan

BLOCNOOT.com – Sarapan diet sehat tidak selalu harus mahal. Makanan diet bukan melulu harus sayur, karena sebenarnya makanan untuk diet juga harus mengandung gizi yang seimbang, apalagi sarapan.

Dalam berdiet tidak boleh dilakukan secara membabi buta. Diet bukan berarti tidak makan sama sekali tetapi mengurangi porsi makanan agar kalori yang masuk ke tubuh sebanding dengan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Cara Diet Sehat

Diet yang benar memberikan tubuh asupan kalori agar tidak lemas atau bahkan pingsan. Diet yang buruk seperti membuat perut kelaparan sepanjang hari sangat dilarang dalam dunia kesehatan.

Karena apabila tidak memberikan asupan gizi yang cukup untuk tubuh maka bukan hanya efek jangka pendek seperti lemas dan pingsan namun juga akan memberikan efek jangka panjang seperti penyakit diabetes.

Pentingnya Sarapan Diet Sehat

Diet adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi berat badan yang seharusnya dilakukan dengan mengurangi porsi makan, bukannya tidak makan sama sekali, apalagi tidak makan sarapan.

Sarapan adalah salah satu hal yang penting bagi manusia, baik itu sedang diet ataupun tidak. Sarapan baik bagi tubuh manusia karena merupakan asupan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Bagi orang yang sedang melakukan diet sarapan menjadi semakin penting karena apabila kita tidak makan sarapan akan menyebabkan tubuh menjadi semakin lapar.

Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab banyak orang sering gagal dalam melakukan diet. Jadi sangatlah penting sarapan sehat untuk diet.

Baca juga : Mengetahui Penyebab Kegagalan Diet dan Cara Diet yang Sehat

Tidak hanya menggagalkan diet, tidak sarapan juga menambah resiko seseorang untuk menderita penyakit diabetes karena tidak sarapan pada pagi hari menyebabkan seseorang ingin makan makanan manis sepanjang hari.

Hal ini terjadi karena ketika tidur tubuh manusia tidak mendapatkan asupan kalori sehingga gula darah pada tubuh akan menurun pada pagi hari, jika setelah bangun tubuh tidak segera diberikan energi makan efek-efek seperti yang telah disebutkan akan terjadi.

Diet Sehat

Menu Sarapan Diet Sehat

Ketika diet orang sering kali menghindari daging karena didoktrin bahwa daging merupakan salah satu bahan makanan yang menyebabkan berat badan menjadi naik dan menyebabkan kegemukan.

Namun hal itu sebenarnya keliru, daging tanpa lemak adalah asupan energi yang baik untuk tubuh dan sering kali digunakan sebagai menu untuk diet.

Untuk melakukan diet Anda bisa mencari tips-tips diet yang ada di internet. Namun ada beberapa tips diet yang sedang booming pada saat ini yaitu diet mayo atau diet garam.

Diet ini memberikan menu-menu yang sehat tanpa garam dan tanpa bumbu rempah. Nah di sini akan diberikan beberapa tips menu sarapan sehat untuk diet agar diet Anda dapat berhasil.

Baca juga : Pilihan Makanan Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

1. Hindari makan makanan yang mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh adalah lemak yang terdiri dari trigliserida.

Makanan yang tergolong mengandung lemak jenuh adalah makanan seperti keju, krim, mentega, minyak babi dan lemak yang menempel pada daging serta minyak kelapa, minyak inti sawit, dan minyak biji kapas.

Makanan yang diolah dengan produk lemak jenuh ini juga digolongkan dalam makanan yang mengandung lemak jenuh.

Sarapan Diet Sehat

2. Konsumsi makanan bergizi lengkap

Ketika sarapan sebaiknya memilih makanan yang memiliki gizi lengkap, yaitu lengkap karbohidrat, protein dan lemaknya.

Karena ketiga kombinasi makanan ini akan membuat Anda kenyang lebih lama, tentunya lemak yang dipilih bukan lemak jenuh. Karbohidrat yang dipilih bisa berupa roti gandum utuh.

Gandum lebih menjadi pilihan bagi yang sedang diet karena merupakan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga membantu mereka yang sedang diet tidak mudah lapar dan tidak terlalu lapar di siang hari.

Untuk lemak Anda bisa memilih kacang sebagai menu sarapan, selain sehat dan kaya protein, kacang juga merupakan sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

3. Kurangi konsumsi garam

Seperti dasar dari diet mayo atau diet garam, konsumsi garam memang harus dikurangi ketika melakukan diet, hal ini juga mengacu pada kesehatan tubuh.

Konsumsi garam yang berlebih akan membuat perut kembung pada pagi hari. Oleh karena itu konsumsi garam harus dikurangi, tapi tetap perhatikan kadarnya supaya tetap mencukupi kebutuhan tubuh.

0 comments… add one

Leave a Comment