Tips Puasa Ramadhan Untuk Ibu Hamil

BLOCNOOT.com – Seperti yang banyak kita tahu bahwa ibu hamil, orang sakit, orang dalam perjalanan serta manula memiliki beberapa keringanan dalam menjalankan ibadah puasa.

Namun bagi Anda yang saat ini sedang hamil dan ingin tetap berpuasa di bulan ramadhan, beberapa tips puasa ibu hamil ini mungkin bisa Anda jadikan sebagai acuan agar Anda dan juga bayi tetap sehat selama bulan ramadhan.

Apakah Puasa Aman untuk Bayi dan Ibu?

Mungkin pertanyaan ini yang pertama kali harus kita jawab sebelum kita membahas tips puasa ibu hamil.

Sebenarnya setiap orang memiliki kemampuan dan kondisi yang berbeda-beda sehingga tidak ada jawaban pasti. Meski demikian menurut penelitian puasa tetap bisa aman untuk Anda dan juga bayi.

Perlu Anda ketahui bahwa puasa pada saat hamil akan tetap aman apabila Anda merasa kuat dan apabila kehamilan Anda berjalan dengan lancar dan baik.

Jika Anda merasa tidak cukup kuat untuk berpuasa atau khawatir tentang kesehatan Anda serta kesehatan bayi yang Anda kandung, hukum dalam Islam memberikan izin yang jelas untuk tidak berpuasa.

Anda bisa berbicara dengan bidan atau dokter mengenai kesehatan yang Anda alami. Hal tersebut tentu saja lebih baik sebelum Anda memutuskan untuk berpuasa.

Untuk tahun ini, puasa jatuh di pertengahan tahun dan dalam kondisi cuaca yang sangat panas. Tentu saja hal tersebut akan meningkatkan resiko yang lebih besar terutama resiko untuk dehidrasi.

Baca juga : Tips Mempersiapkan Puasa Ramadhan Tahun Ini

Puasa dan Kehamilan

Beberapa studi menunjukkan bahwa tidak ada efek apapun yang terjadi pada bayi yang baru lahir setelah ibu mereka berpuasa pada saat hamil.

Namun, tentu saja berpuasa juga memiliki beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi antara lain:

  • Puasa pada saat hamil dapat menyebabkan bayi memiliki berat badan lahir rendah terutama apabila puasa ibu hamil berlangsung pada trisemester pertama. Penelitian lain menemukan bahwa perbedaan dalam berat badan bayi saat lahir tidaklah terlalu signifikan.
  • Bayi yang lahir dari ibu yang berpuasa pada saat hamil atau pada saat pembuahan biasanya tumbuh menjadi sedikit lebih pendek dan lebih kurus. Tapi sekali lagi perbedaan ini sangatlah kecil.
  • Keseimbangan kimia di dalam darah biasanya akan berubah pada saat seseorang berpuasa. Namun menurut penelitian, perubahan tersebut tidak sampai membahayakan bagi kesehatan ibu maupun bayi yang ada di dalam kandungan.

Panduan dan Tips Puasa Ibu Hamil di Bulan Ramadhan

Untuk memudahkan segala sesuatunya selama berpuasa di bulan ramadhan, berikut adalah beberapa tips berpuasa untuk ibu hamil yang harus Anda ikuti.

1. Berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan

Itu adalah salah satu cara untuk memeriksakan kesehatan Anda agar terhindar dari komplikasi pada saat berpuasa serta terhindar dari anemia dan juga diabetes.

2. Check-up

Jangan lupa untuk melakukan check-up secara rutin agar Anda lebih mudah memonitor kadar gula di dalam darah Anda. Puasa tidak dianggap aman apabila Anda memiliki diabetes dan terutama apabila Anda dalam keadaan hamil.

3. Hindari minuman berkafein

Anda saat berpuasa dalam kondisi hamil, sangat penting untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi dan teh. Dan jangan lupa bahwa teh hijau serta coklat juga biasanya mengandung beberapa kafein.

4. Berbicara dengan atasan

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan, cobalah untuk berbicara dengan atasan bahwa Anda ingin berpuasa dan juga anda dalam kondisi hamil. Dengan begitu, atasan akan memahami dan memaklumi serta mungkin mengurangi beban pekerjaan Anda.

Dengan demikian, puasa Anda akan jauh lebih mudah serta kesehatan bayi di kandungan Anda pun akan lebih terjaga.

5. Diet seimbang

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan gizi serta diet Anda kepada dokter. Aturlah makanan Anda seketat mungkin dan pahami apa yang diinstruksikan oleh dokter.

Selain beberapa tips puasa ibu hamil di atas, Anda dapat melakukan berbagai tugas rumah tangga serta persiapan lebih awal dan lebih dini. Anda bisa berbelanja untuk keperluan selama ramadhan sebelum ramadhan tiba dan menyimpannya di freezer.

Jangan lupa bekali diri Anda dengan buku harian tentang makanan dan minuman yang sehat dan boleh Anda konsumsi serta makanan dan minuman yang tidak boleh Anda konsumsi untuk menjaga kondisi Anda selama berpuasa saat hamil.