≡ Menu
BLOCNOOT

Tips Puasa Ramadhan Bagi Ibu Menyusui

in Ramadhan

BLOCNOOT.com – Puasa di bulan ramadhan adalah salah satu dari 5 rukun Islam sehingga banyak orang yang enggan untuk melewatinya termasuk juga mereka yang sedang menyusui.

Pada bulan ramadhan setiap muslim diharuskan menjauhkan diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Bagi mereka yang tidak ingin ketinggalan meraih keutamaan bulan ramadhan dapat mempelajari tips puasa ibu menyusui agar ibu dan bayinya tetap sehat.

Ramadhan berlangsung selama satu bulan penuh.

Dan pada tahun ini bulan ramadhan jatuh di pertengahan tahun dan termasuk ke dalam salah satu musim panas yang mungkin akan membuat Anda berpuasa lebih berat dibandingkan dengan puasa di tahun-tahun sebelumnya.

Tips Puasa Ibu Menyusui

Seperti yang kita tahu bahwa ibu hamil dan juga ibu menyusui diberikan keringanan oleh agama apabila mereka mengkhawatirkan dirinya maupun bayinya. Namun tentu saja mereka harus mengganti puasa mereka atau dengan membayar fidyah.

Baca juga : Tips Puasa Ramadhan Untuk Ibu Hamil

Meskipun banyak dari mereka yang tidak diharuskan untuk berpuasa, namun tidak sedikit juga wanita yang ingin berpartisipasi dalam bulan puasa ini. Disebutkan bahwa perempuan setidaknya harus menyusui selama 2 tahun.

Beberapa orang mungkin merasakan beberapa pengaruh terhadap kesehatan bayi mereka selama berpuasa sehingga diperbolehkan untuk berbuka.

Sebagian ibu yang lain berusaha menjalankan puasa ramadhan dengan memperhatikan tips puasa ibu menyusui sehingga kewajiban puasa dan menyusui tetap dapat dilaksanakan dengan baik.

Berpuasa Ramadhan Saat Menyusui

Bagi Anda yang sedang menyusui, mungkin ada diantara Anda yang mengalami beberapa masalah terutama bagi bayi Anda seperti mencret, kembung dan lain lain.

Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena masih ada ibadah lain yang bisa Anda lakukan selain berpuasa seperti melakukan ibadah sholat tambahan, mengundang teman-teman dan keluarga untuk berbuka bersama, membaca Al-Quran dan juga beramal sholeh lainnya.

Tips Puasa Ibu Menyusui

Karena seorang ibu memiliki tanggung jawab terhadap anak yang diasuhnya, mereka juga tidak boleh mementingkan diri sendiri.

Beberapa tips puasa ibu menyusui yang harus menjadi perhatian seorang ibu menyusui pada saat bulan ramadhan antara lain, kecukupan ASI yang dimilikinya.

Sangat dianjurkan untuk ibu menyusui mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat pada saat sahur dan juga berbuka.

Mengkonsumsi minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa serta jus dan buah-buahan segar termasuk juga sayuran serta sup akan membantu menjaga keseimbangan air dan mineral di dalam tubuhnya sehingga berpuasa bisa dilakukan dengan lancar tanpa masalah untuk ibu maupun bayi.

Tips Puasa Ibu Menyusui

Salah satu tips puasa ibu menyusui di bulan ramadhan adalah sangat dianjurkan bagi ibu menyusui setidaknya makan 3 kali dalam sehari. Makan sahur, berbuka serta makan sebelum tidur setidaknya satu jam sebelum tidur.

1. Satu sendok minyak kelapa

Untuk ibu menyusui, sangat dianjurkan untuk menambahkan satu sendok minyak kelapa per hari ke dalam menu makanan mereka.

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang tinggi serta mengandung komponen utama di dalam ASI.

2. Cairan

Bila tidak berpuasa, Anda tentu bisa selalu mengkonsumsi air putih maupun cairan lainnya sepanjang hari. Wanita yang berpuasa dan sedang sedang menyusui tentu tidak bisa melakukannya.

Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk ibu menyusui menjaga asupan cairan selama berbuka dan sahur. Cairan bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran dan juga jus.

3. Hindari gorengan

Jika Anda ingin makanan kecil berupa gorengan, cobalah untuk menghindarinya karena di dalam gorengan terkandung lemak trans yang biasanya mudah ditransferkan ke dalam ASI.

Lemak trans yang terkandung di dalam gorengan tidak baik untuk bayi. Anda bisa memuaskan keinginan mengkonsumsi makanan berlemak dengan mengalihkannya ke minyak zaitun, alpukat, mentega, daging, ikan dan juga telur.

4. Energi instant

Pada saat berbuka biasanya kita membutuhkan banyak energi dari beberapa makanan yang merupakan sumber energi dan bisa memberikan energi secara instan.

Beberapa diantaranya adalah kurma dan juga jus buah. Biasanya makanan tersebut dapat membantu meningkatkan kadar glukosa agar kembali normal.

5. Minuman berkafein

Minuman seperti cola, kopi dan juga teh hitam berfungsi sebagai diuretik. Cobalah untuk tidak mengkonsumsinya selama bulan ramadhan. Namun jika Anda harus mengkonsumsi minuman seperti kopi maupun teh cobalah untuk menurunkan jumlahnya.

Karena seperti yang kita tahu bahwa sebagian orang mungkin sudah merasa kecanduan sehingga sangat sulit untuk meninggalkan kafein karena dapat mendorong rasa sakit kepala, perubahan suasana hati dan juga dapat mudah tersinggung.

6. Memerah susu

Jika anda memiliki kesempatan, cobalah untuk memompa susu atau ASI dan menyimpannya di dalam freezer untuk berjaga-jaga apabila Anda kehabisan ASI selama bulan ramadhan dan pada saat berpuasa.

0 comments… add one

Leave a Comment