≡ Menu
BLOCNOOT

Arti Sebuah Keluarga

in Keluarga

BLOCNOOT.com – Secara harfiah, setiap orang bebas mengartikan apa itu “keluarga”. Kita sering menjumpai arti keluarga yang didefinisikan oleh orang berbeda baik itu secara formal atau tidak formal.

Keluarga, mengarah ke hubungan yang diberikan dengan sebuah ikatan yang terbentuk melalui hubungan darah, ikatan perkawinan dan juga yang lainnya.

Bahkan tidak jarang kita menemukan orang yang tidak memiliki hubungan darah, tidak memiliki silsilah keluarga yang berkaitan namun justru mengganggap orang tersebut sebagai keluarga terdekatnya karena faktor-faktor tertentu.

Tentu Anda juga mungkin sering mengganggap bahwa teman dekat merupakan keluarga Anda bukan?

Memaknai Arti Keluarga

Namun, kita tidak akan terlalu jauh membahas arti keluarga sebagai sebuah definisi. Karena setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda sehingga mengambil kesimpulan yang berbeda pula mengenai arti sebuah keluarga.

Arti Keluarga

Sebagai makhluk sosial tentu setiap manusia membutuhkan pendamping atau teman hidup yang biasanya kita sebut dengan keluarga. Kemudian keluarga tersebut bisa berkembang membentuk keluarga besar yang terkadang berisi puluhan dan bahkan ratusan orang.

Tidak sedikit yang menganggap bahwa keluarga adalah permata dalam kehidupan dimana ia harus dirawat dan dijaga dengan sepenuh hati.

Setiap keluarga memiliki peran dan tugasnya masing-masing, sehingga akan kita dapatkan beberapa istilah seperti kepala keluarga dan yang lainnya.

Begitu pentingnya keluarga yang diibaratkan dengan permata akan membuat kita menarik banyak kesimpulan seperti:

  • Keluarga sebagai sumber kehidupan
  • Tempat berbagi baik cinta, kebahagiaan dan lain-lain
  • Tempat dimulainya pendidikan dalam mengarungi hidup
  • Tempat kita menemukan cinta dan kasih sayang
  • Tempat kita menemukan arti kebersamaan
  • Dalam arti yang lebih besar keluarga bisa jadi adalah sebuah pondasi penting bagi sebuah negara yang kokoh

Pada berbagai kesempatan saat kita menemukan banyak kesulitan, di saat kita membutuhkan tempat untuk mengadu, di saat kita membutuhkan dukungan, seringkali kita akan kembali ke keluarga untuk mendapatkannya.

Begitu juga sebaliknya ikatan keluargalah yang membuat kita merasa dibutuhkan, dan bertanggung jawab terhadap semua hal yang berkaitan dengan anggota yang ada di dalamnya.

Unit terkecil dari sebuah bangsa yang terdiri atas ayah, ibu dan anak yang juga disebut sebagai keluarga, memiliki perannya masing masing yang harus mereka jalankan sebagai sebuah tanggung jawab.

Arti Keluarga

Ayah

Seorang ayah akan bertanggung jawab memimpin keluarga, memberikan nafkah serta menjaga kehormatan, dan melindungi anggota yang lainnya.

Tidak hanya itu, seringkali seorang ayah juga adalah orang yang akan mengarahkan ke mana tujuan keluarga tersebut selanjutnya.

Secara garis besar seorang ayah adalah yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan, rasa nyaman dan aman semua anggota yang ada di dalam sebuah keluarga.

Ibu

Peran seorang ibu bahkan tidak kalah pentingnya dari peran seorang ayah.

Ibu bertanggung jawab pada banyak hal mulai dari mempersiapkan calon pewaris yang berpendidikan, bermental baja, bertanggung jawab, teguh serta mengetahui agama dan budaya.

Selain itu, ibu jugalah yang bertanggung jawab menjaga kehormatan rumah tangga.

Anak

Sedangkan bagi seorang anak, tugasnya juga tidak kalah penting dan berat.

Sebagai penerus, anak harus membekali diri mereka dengan pendidikan, mengenal budaya, serta mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari tulang punggung keluarga itu sendiri.

Jika setiap bagian dari keluarga bertanggung jawab dan mengambil bagian serta perannya masing-masing, maka hampir bisa dipastikan bahwa arti keluarga bukanlah sebatas definisi. Keluarga yang harmonis dan sejahtera akan dapat dengan gampang diwujudkan.

0 comments… add one

Leave a Comment