Konsep Keluarga Yang Sakinah

BLOCNOOT.com – Beberapa dasawarsa belakangan ini, mewujudkan konsep keluarga sakinah seringkali hanya sebuah mimpi. Bukan karena orangnya yang bodoh melainkan karena mentalnya yang tidak kuat.

Kekuatan mental dipengaruhi banyak hal dan pengaruh paling besar biasanya datang dari lingkungan. Selain itu tentu saja keluarga merupakan sumber pendidikan dan juga memberikan pengaruh yang porsinya cukup besar.

Pondasi Konsep Keluarga Sakinah

Dalam banyak tulisan, konsep keluarga sakinah bisa dibangun dengan menerapkan beberapa pondasi penting diantaranya adalah sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

1. Menciptakan ketenangan

Menciptakan ketenangan dalam sebuah keluarga untuk mendapatkan gelar sakinah bisa dimulai dari saling menghormati, menjalankan tugas masing-masing yang menjadi tanggung jawabnya, serta berperan sesuai dengan porsinya.

Menciptakan ketenangan dalam sebuah rumah tangga misalnya dengan menjalankan tugas masing masing dan menyelesaikannya dengan baik merupakan salah satu kunci untuk mempermudah sebuah keluarga dalam memperoleh rasa tenang.

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menciptakan ketenangan di dalam sebuah keluarga baik itu dengan memenuhi kebutuhan rohani maupun jasmani serta saling berbagi dan terbuka juga merupakan cara-cara yang diyakini mampu menciptakan ketenangan.

2. Menjaga kehormatan

Pilar lain yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kehormatan, baik itu, menjaga kehormatan rumah tangga, menjaga kehormatan anggota keluarganya dan juga menjaga kehormatan diri sendiri.

Tidak sering bergunjing atau membicarakan keluarga sendiri serta tidak merendahkan orang lain merupakan cara untuk menjaga kehormatan.

Selain itu, dengan selalu bersikap sopan dan santun akan membuat lingkungan menjadi lebih menghargai keluarga yang Anda miliki.

3. Menciptakan rasa aman

Menciptakan rasa aman tidak hanya tugas seorang kepala keluarga melainkan juga tugas anggota keluarga. Walau demikian, menciptakan rasa aman memang lebih banyak dijalankan oleh seorang pemimpin.

Ada banyak cara untuk menciptakan rasa aman mulai dari dengan menciptakan rasa aman dari lingkungan yang buruk, menciptakan rasa aman dari faktor ekonomi, dan masih banyak yang lainnya.

Menciptakan rasa nyaman juga bisa diperoleh dengan menjaga dan saling percaya antara satu dengan yang lainnya.

4. Penuh kasih sayang

Dalam keluarga, kasih sayang mutlak dibutuhkan karena keluarga-lah tempat kita mengadu, keluarga menjadi satu satunya tempat kita meminta dukungan pada saat kita terjatuh.

Keluarga yang penuh kasih sayang akan menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan dapat menciptakan kebahagiaan.

5. Memperoleh pembelaan

Setiap anggota keluarga berhak untuk memperoleh pembelaan dari anggota keluarga yang lain apabila mereka terintimidasi, atau apabila terdapat ancaman dari luar.

Saat satu anggota keluarga dibela oleh keluarga yang lainnya, dan dijaga, maka rasa saling memiliki yang selalu dipupuk tersebut akan mengarahkan keluarga tersebut menjadi sebuah keluarga yang sakinah.

Dengan terpenuhinya beberapa faktor diatas, maka sebuah konsep keluarga sakinah bisa diciptakan dengan lebih mudah.

Walau demikian, tentunya masih banyak faktor pendukung lainnya yang juga turut berpengaruh dan turut andil dalam terciptanya keluarga sakinah yang selalu banyak orang dambakan.