≡ Menu
BLOCNOOT

Tips Mempersiapkan Puasa Ramadhan Tahun Ini

in Ramadhan

BLOCNOOT.com – Alhamdulillah puji syukur selalu kita haturkan kepada Allah SWT karena kehendak-Nya kita bisa kembali dipertemukan dengan bulan penuh berkah bulan ramadhan. Bulan paling baik diantara bulan-bulan yang lain, menjadi ladang pahala bagi banyak orang muslim di seluruh dunia dengan menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

Tak hanya karena pahala yang memang dilipatgandakan oleh Allah SWT, bulan ini menjadi bulan paling ditunggu karena memang suasana ramadhan yang selalu membuat rindu siapa saja yang menjalaninya. Banyak tips puasa ramadhan yang bisa kita coba terapkan, syukur alhamdulillah jika memang membuahkan hasil karena kita akan dapat menjalani ibadah puasa tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tips Berpuasa

Dalam menjalani ibadah puasa di ramadhan tahun ini kabarnya akan menjadi ibadah puasa terlama setelah 400 tahun berdasarkan hitungan beberapa pakar di bidangnya. Tak hanya itu saja, cuaca yang semakin tidak menentu terkadang membuat tubuh akan lebih sulit bertahan di tengah ibadah puasa.

Maka dari itu perlu adanya persiapan khusus agar ibadah kita di bulan puasa nantinya berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tips puasa ramadhan yang bisa kami bagi untuk Anda yang mulai mempersiapkan bulan ramadhan, bulan penuh ampunan.

Tips Puasa Ramadhan – Persiapan Rohani atau Batin

Tips puasa ramadhan yang pertama adalah mengawalinya dari hati atau batin kita. Ya, banyak orang berkata bahwa selama apapun kita menahan lapar dan dahaga jika kita sudah mendahuluinya dengan niat karena Allah SWT, Insya Allah akan diberikan kelancaran.

Mengawali dari niat merupakan hal penting. Karena niat secara otomatis akan memerintahkan mental kita juga untuk bersiap-siap. Karena di bulan ramadhan kita akan menjalani hari-hari dengan banyak ujian dan godaan.

Tips Puasa Ramadhan

Di saat kita menahan lapar dan dahaga kita tetap dituntut untuk melakukan aktivitas seperti hari-hari biasanya. Tentunya ini menjadi cobaan tersendiri. Belum lagi kewajiban menahan amarah dan hawa nafsu yang sering kali sulit dikontrol ketika perut sedang kosong.

Namun kembali ke niat, jika kita sudah mengucapkan niat tulus dan ikhlas dari dalam hati maka kita akan mampu bertanggung jawab dengan apa yang sudah kita niatkan.

Tips Puasa Ramadhan – Persiapan Jasmani

Tips puasa ramadhan berikutnya setelah urusan hati dan batin selesai adalah mempersiapkan fisik kita agar kuat menjalani rutinitas baru. Tak ada salahnya jika kita mulai berlatih dengan melakukan ibadah puasa sunnah senin kamis beberapa minggu sebelum bulan puasa. Salah satu tujuan puasa sunnah agar tubuh kita tidak kaget dan siap menjalani ibadah puasa selama 1 bulan lamanya.

Persiapan Bulan Ramadhan

1. Pastikan gizi terpenuhi

Memastikan gizi terpenuhi selama bulan puasa menjadi kewajiban bagi kita yang menjalankan ibadah puasa. Jadi meskipun dalam sehari kita hanya makan di saat berbuka dan sahur, pastikan kita sanggup memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh minimal 50%, protein setidaknya 15% dan sisanya adalah lemak dan mineral atau minum.

Jika kebutuhan gizi sesuai perhitungan ini terpenuhi maka aktivitas kita tidak akan terganggu dengan merasakan lemas atau lapar serta mencegah kondisi hipoglikemi yang rentan terjadi pada orang yang sedang berpuasa.

2. Penuhi kebutuhan minum

Tak hanya makan makanan bergizi sesuai perhitungan yang pas. Minum pun juga tidak boleh diremehkan begitu saja. Penting sekali mengkonsumsi minimal 10 gelas air minum berukuran besar selama satu hari puasa.

Bagaimana caranya? Dibagi dengan komposisi minum saat sahur dan berbuka. Bisa 4 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan sisanya sebelum Anda tidur malam. Menjaga kebutuhan minum akan mencegah terjadinya dehidrasi selama kita menjalankan puasa sehingga sel-sel kita akan dapat bekerja seperti biasanya.

3. Kombinasi menu yang baik saat berbuka

Tips puasa ramadhan yang terakhir adalah memaksimalkan waktu berbuka kita. Saat berbuka adalah saat yang penting karena kita akan memulihkan kondisi tubuh kita. Maka dari itu pastikan kita mengatur kombinasi menu yang benar saat berbuka.

Seperti harus ada karbohidrat, protein, lemak dan mineral alami seperti nasi, lauk pauk, sayuran, buah dan air putih. Jangan lupa untuk meminum atau memakan yang manis terlebih dahulu saat berbuka karena sembari mengembalikan kadar gula dalam darah yang mulai menurun juga sekalian mengamalkan sunnah Rasulullah.

0 comments… add one

Leave a Comment