≡ Menu
BLOCNOOT

6 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami, Mudah dan Cepat

in Kecantikan

BLOCNOOT.com – Cara alami menghilangkan bau kaki sebenarnya sangat mudah dilakukan. Bau kaki yang tidak sedap sebenarnya disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri yang ada di tubuh. Bakteri penyebab bau kaki yaitu bromhidrosis, kelompok bakteri yang dapat menyebabkan bau.

Dan produksi keringat berlebih atau hiperdrosis akan bercampur dengan bakteri tadi sehingga menyebabkan bau kaki. Bau kaki memang sangat meresahkan apalagi untuk aktivitas sehari-hari, seseorang akan menjadi tidak percaya diri.

Bau kaki yang tidak sedap dan produksi keringat yang berlebihan dapat disebabkan oleh penyakit anemia atau kelenjar gondok yang bekerja terlalu aktif. Kondisi emosional dan perasaan juga dapat memicu kelenjar keringat bekerja secara berlebih.

Penyebab lain timbulnya bau kaki di picu oleh stres pada kaki karena kaki terlalu lelah, seperti berdiri sepanjang hari. Berdiri terlalu lama membuat kaki tertekan sehingga kaki lelah, cuaca yang panas juga dapat memperburuk kondisi ini. Karena cuaca yang panas membuat tubuh berkeringat cukup banyak.

Tips Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Panduan Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Banyak cara untuk menghilangkan bau pada kaki, yang lebih aman yaitu menghilangkannya secara alami karena tidak akan menimbulkan efek buruk. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau kaki secara alami yang bisa dilakukan:

1. Mencuci kaki setiap hari

Selain dapat menghilangkan bau kaki, mencuci kaki setiap hari juga dapat mencegah terjadinya infeksi dan kutu air.

2. Mengganti kaos kaki setiap hari

Menggunakan kaos kaki yang sama untuk beberapa hari dapat menimbulkan bau kaki, sebaiknya gantilah kaos kaki Anda setiap hari untuk menghindari bau pada kaki. Kaos kaki yang tebal juga dapat mempersempit ruang pada kaki saat mengenakan sepatu. Untuk pencegahan sebaiknya jangan menggunakan kaos kaki atau sepatu, untuk alternatif sebaiknya Anda mengenakan sendal.

Jika Anda terpaksa harus mengenakan kaos kaki, gunakan yang berbahan wol atau katun. Untuk sepatu gunakanlah yang ukurannya pas dan terbuat dari kulit. Penggunaan sepatu yang berbahan serat sintetis dapat menimbulkan bakteri dan keringat berlebih yang memicu bau kaki.

3. Merendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki dengan air hangat merupakan salah satu cara alami menghilangkan bau kaki yang cukup efektif. Air hangat tersebut sebaiknya ditambahkan dengan sabun anti bakteri agar hasilnya lebih maksimal.

Sabun anti bakteri banyak sekali pilihannya yang disediakan di toko-toko terdekat. Setelah itu bilas dengan air bersih dan bau kaki akan hilang. Merendam kaki dengan air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah.

4. Menggunakan bedak pada kaki

Bedak kaki dapat menjadi alternatif lain untuk menghilangkan bau kaki, serta menghindari lecet pada kaki akibat gesekan. Bedak dapat menyerap keringat pada kaki.

5. Sikat kaki

Pada saat mandi, Anda dapat membersihkan kaki Anda menggunakan sikat gigi bekas atau sikat khusus badan. Caranya dengan menggosokkan ke kaki menggunakan sabun pelan-pelan jangan terlalu kasar, setelah itu bersihkan menggunakan air bersih.

6. Mengkonsumsi makanan bergizi

Cara alami menghilangkan bau kaki yang lainnya yaitu konsumsi makanan yang bergizi, karena makanan bergizi dan memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh dapat mengatur produksi keringat di kaki yang menimbulkan bau kaki.

Makanan bergizi dapat diperoleh dengan mudah karena makanan bergizi tersebut salah satunya sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan sangat mudah ditemukan, karena banyak orang menjualnya di pasaran.

Demikian informasi cara alami menghilangkan bau kaki. Bau kaki memang perlu dihilangkan, semuanya tergantung dari individunya masing-masing. Jika kita rajin merawat kebersihan dan kesehatan diri kita sendiri, niscaya masalah pada badan khususnya bau kaki dapat dihilangkan.

0 comments… add one

Leave a Comment