≡ Menu
BLOCNOOT

Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

in Kesehatan

BLOCNOOT.com – Dalam dunia medis kematian bayi mendadak atau yang biasa disebut sudden infant death syndrome (SIDS) bisa disebabkan karena posisi tidur bayi yang tidak tepat. Untuk mengurangi resiko sindrom kematian bayi mendadak, para ahli merekomendasikan kepada ibu yang memiliki bayi untuk menempatkan bayi tidur dengan punggung mereka.

Jangan membiarkan bayi tidur tengkurap dalam waktu lama. Hal tersebut harus dilakukan terutama di tahun pertama. Resiko sindrom kematian bayi mendadak biasanya sangat rentan pada usia 1 hingga 4 bulan, selain itu ancaman masih ada hingga bayi berusia 12 bulan.

Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

Setelah bayi cukup kuat untuk memutar tubuhnya dari belakang ke depan atau sebaliknya dari depan ke belakang, saat itu Anda sudah tidak perlu khawatir lagi apabila bayi tidur tengkurap. Namun, ada baiknya Anda membiasakan bayi untuk tidur di atas punggung mereka saat berusia di bawah 1 tahun.

Pada saat anak-anak masih berusia di bawah 1 tahun, ada baiknya Anda memperhatikan tempat tidurnya mulai dari kasur yang digunakan, jauhkan boneka, jauhkan selimut, dan beberapa barang berbahaya lainnya yang dapat membuat bayi tidak bisa bernafas.

Jangan biarkan kamar terlalu panas dan coba lagi menggunakan kipas angin yang menghadap ke tembok atau kipas angin yang tidak mengarah langsung ke anak Anda. Selain itu, hindari membungkus bayi dengan pakaian yang berlebihan sehingga dia akan kesulitan untuk bergerak atau bernapas. Terakhir, jangan biarkan orang merokok di dekat bayi.

Bahaya Bayi Tidur Tengkurap

Mencegah sindrom kematian mendadak adalah alasan paling utama mengapa bayi harus diletakkan secara terlentang saat mereka tidur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 berjudul archives of pediatric and adolescent medicine menemukan beberapa manfaat lain apabila bayi tidur terlentang atau di atas punggung mereka diantaranya adalah bayi yang tidur dengan terlentang menderita infeksi telinga lebih sedikit dibandingkan yang bayi tidur tengkurap, jarang demam, dan jarang mengalami hidung tersumbat.

Jika ingin bayi Anda aman, Anda bisa memanfaatkan beberapa bantal yang memang didesain untuk menempatkan kepala bayi agar tidak bergerak menyamping atau agar bayi tidak terguling. Selain itu, Anda juga bisa membuat penyangga dengan menggunakan guling kecil yang memang didesain khusus untuk bayi.

0 comments… add one

Leave a Comment