Tips dan Cara Mengatasi Masalah Keluarga

BLOCNOOT.com – Hubungan keluarga bisa diibaratkan seperti sebuah kata yang terdiri dari beberapa huruf. Huruf-huruf tersebut dirangkai dan dihubungkan satu sama lain sehingga menciptakan sebuah arti serta mampu mengatasi masalah keluarga yang muncul.

Seperti yang kita tahu bahwa kita semua terhubung ke orang lain dan tentunya juga memiliki berbagai jenis hubungan dengan mereka. Kebanyakan dari semua itu sangat bergantung pada bagaimana kita menjaga hubungan dengan orang lain.

Banyak yang mengatakan bahwa sebuah hubungan yang baik juga berarti harus memelihara keluarga yang baik. Dan tentunya semua itu harus dimulai dari rumah.

Saat ini, hubungan antara orang tua dan anak, suami dan istri di rumah tidak bisa diabaikan begitu saja. Dan di setiap keluarga pasti akan ada masalah.

Namun semua masalah itu tidak boleh diabaikan dan harus diselesaikan agar tidak muncul masalah yang baru dan kemudian menambah masalah yang ada.

Mengatasi Masalah Keluarga

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah keluarga yang kita hadapi sehari-hari dan berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Sabar

Jiwa yang sabar selalu memiliki tempatnya sendiri di keluarga.

Usahakan untuk tidak berteriak atau berdebat atau menunjukkan rasa marah serta berpikir dengan emosi saat berhadapan dengan orang tua, atau anggota keluarga lainnya yang tidak sependapat dengan Anda.

Jadi, sangat penting untuk menghadapi setiap masalah dengan kepala dingin dan bersikap sabar untuk menyelesaikannya serta mencari jalan terbaik.

2. Bijaksana

Setelah setiap orang memiliki kesabaran dalam jiwa mereka, inilah saatnya untuk menunjukkan kebijaksanaan.

Para orang tua dituntut untuk lebih bijaksana terhadap anak-anak mereka dan begitu juga sebaliknya anak-anak juga dituntut untuk berlatih menjadi bijaksana serta lebih memahami betapa orang tua telah memiliki banyak pengalaman hidup sehingga mereka banyak tahu dan banyak mengalami hal-hal yang belum dialami oleh anak.

3. Musyawarah

Anda bisa mengambil keputusan dengan melibatkan ayah, ibu dan juga anak. Cobalah untuk selalu menciptakan keterbukaan di dalam keluarga sehingga setiap orang bisa mengungkapkan apa yang diinginkan.

Selain itu, musyawarah juga akan melatih setiap orang untuk belajar mendengarkan pendapat dan ide orang lain.

Duduk bersama dalam menyelesaikan dan mengatasi masalah keluarga seringkali mendatangkan perasaan tenang serta sering menimbulkan kesadaran terhadap setiap orang.

4. Waktu untuk Bersama

Masalah seringkali timbul karena buruknya komunikasi serta tidak adanya waktu berkumpul bersama dalam sebuah keluarga untuk memahami satu sama lain.

Faktor kesibukan pekerjaan, kesibukan bermain seorang anak dan juga banyaknya waktu yang dihabiskan seorang anak di sekolah menyebabkan mereka jarang berkumpul dengan keluarga.

Begitu juga sebaliknya, orang tua seringkali mengabaikan hal penting tersebut dengan jarang pulang dan selalu bekerja tanpa mengenal waktu.

Untuk bisa menyelesaikan dan mengatasi masalah keluarga dibutuhkan banyak waktu untuk sering bersama-sama.

5. Komitmen dan Tanggung Jawab

Setiap sebab pasti akan diikuti dengan akibat. Anda bisa melatih setiap anggota keluarga untuk memiliki komitmennya masing-masing serta mempertanggungjawabkannya.

Dengan demikian, komitmen dan tanggung jawab bisa mengatasi masalah keluarga terutama yang berhubungan dengan tingkah laku, sopan santun dan hubungan sosial dengan masyarakat.

6. Menyelesaikan Bukan Memperburuk

Dalam banyak kasus, seringkali diskusi menemukan jalan buntu karena beberapa orang tidak memiliki kredibilitas dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah namun justru memperburuk suasana.

Sangat penting bagi setiap orang dalam anggota keluarga untuk melatih dirinya dalam hal yang satu ini. Setiap orang harus bisa menangani situasi dan mengendalikan diri.

Hal tersebut akan menciptakan banyak sisi positif yang kemudian dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang hadir.

So, Anda harus selalu berusaha memecahkan dan mengatasi masalah keluarga yang ada. Bukan menghindari atau menunda penyelesaiannya, karena biasanya masalah yang lain akan segera datang.

Biasakanlah keluarga Anda memecahkan dan mengatasi masalah keluarga dengan bermusyawarah dan berdiskusi, serta kalau perlu melibatkan orang lain yang bisa dipercaya.

Jika hidup yang dilihat dan dicari adalah masalah, maka sangat banyak masalah dan tak akan lenyap sampai kapanpun.

Selama kita masih bernapas masalah itu pasti ada, cuma bagaimana kita bisa menyikapi permasahan tersebut dengan sikap yang bijak sehingga menjadikan hidup kita lebih bermakna.

Tak ada yang lebih menyenangkan ketimbang kesalahan terbaik, karena ia memberikan pelajaran hidup juga yang terbaik.