Inilah 6 Hal yang Menjadi Rahasia Keluarga Harmonis

BLOCNOOT.com – Setiap orang selalu mendambakan sebuah keluarga yang bahagia dan juga harmonis. Namun sayangnya ada banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menciptakan keharmonisan di dalam keluarga.

Faktor pendidikan memegang peranan penting dalam mewujudkan keluarga harmonis, baik itu pendidikan formal maupun non formal yang bersifat keagamaan.

Rahasia Keluarga Harmonis

Keluarga merupakan ikatan batin yang bisa berasal dari pernikahan, pertalian sedarah dan lainnya. Menjaga keluarga tersebut agar bisa berjalan dengan seimbang bukanlah perkara mudah.

Terlebih jika kita hanya mampu menguasai teori tanpa bisa menerapkannya di kehidupan nyata. Namun, mewujudkan keluarga harmonis juga bukanlah perkara sulit jika kita mengetahui rahasianya.

Dan berikut adalah beberapa rahasia keluarga harmonis yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi tambahan dalam mengarungi beratnya badai rumah tangga.

1. Saling Menghormati

Saling menghormati satu sama lain di dalam keluarga merupakan bagian penting untuk menciptakan keluarga harmonis.

Menghormati keputusan-keputusan yang diambil oleh seorang suami atau menghormati pendapat seorang istri dan juga menghormati keinginan seorang anak adalah contoh cara saling menghormati agar terjalin hubungan baik menuju keluarga harmonis.

2. Tanggung Jawab

Setiap keluarga datang dengan tanggung jawab. Dan tentunya setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

Amanah atau bertanggung jawab atas semua tugas dan peran yang dijalankan setiap anggota keluarga akan memudahkan untuk mewujudkan keluarga harmonis yang selalu didambakan oleh setiap orang.

Peran suami untuk mencari nafkah, sebagai kepala keluarga, sebagai pengayom, sebagai penjaga dan untuk memberikan rasa aman kepada segenap keluarga hanya merupakan bagian kecil dari tanggung jawab yang harus diemban.

Sedangkan tanggung jawab seorang ibu tidak kalah besar dalam sebuah rumah tangga atau keluarga. Kehormatan rumah tangga, ekonomi rumah tangga, dan pendidikan anak merupakan contoh tanggung jawab besar seorang ibu yang harus diemban setiap hari dan dijalankan dengan penuh keikhlasan.

Begitu juga dengan seorang anak. Seorang anak memiliki tanggung jawab yang juga besar baik untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarga. Tanggung jawab seorang anak untuk melatih dirinya menjadi calon pemimpin tulang punggung keluarga adalah bagian penting yang harus ia jalankan.

3. Saling Memahami

Banyak kita dengar retaknya rumah tangga disebabkan adanya perbedaan visi, perbedaan misi atau karena ide yang sudah tidak sejalan. Disinilah pentingnya kita saling memahami satu sama lain.

Sebagai seorang suami, Anda harus mampu memahami karakter wanita dan terlebih karakter istri Anda. Wanita dan ibu dari anak-anak Anda merupakan pendamping hidup dan orang yang akan memberikan Anda banyak pengaruh.

Sebaliknya, seorang istri sangat penting untuk bisa memahami apapun cerita cinta suami, kebiasaan suami dan bahkan kepada hal yang terkecil sekalipun.

Jika Anda ingin memahami orang lain, maka Anda juga harus bisa memahami diri Anda sendiri.

4. Pendidikan

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan sebuah keluarga harmonis.

Begitu pentingnya pendidikan sehingga semua anggota keluarga wajib untuk selalu belajar setiap hari baik itu belajar memahami satu sama lain, belajar untuk selalu mengambil tanggung jawab dan mengerjakan tugas yang ia miliki serta belajar untuk saling menghormati.

Dengan pendidikan yang baik, maka setiap orang lebih mudah untuk menyelesaikan semua masalah yang datang. Dan yang lebih utama, banyak dari kita yang menjadi sebuah keluarga dari ikatan perkawinan.

Ikatan sakral tersebut dibentuk salah satunya adalah dari faktor agama. Jadi sudah sewajarnyalah bagi setiap orang untuk membekali dirinya dengan pendidikan agama agar bisa membentengi diri dan keluarga serta membimbing mereka ke jalan yang benar.

5. Terbuka

Terbuka dan saling berbagi dalam berbagai kesempatan baik itu dalam suka maupun duka serta tidak menyimpan rahasia apapun. Keterbukaan merupakan bagian terpenting dari pembentukan sebuah keluarga harmonis.

Terbuka dengan ide, keinginan serta terbuka dalam menghadapi setiap masalah akan menjaga Anda serta keluarga untuk selalu saling mendukung dan melatih rasa simpati serta kepekaan antara satu sama lain.

6. Terpenuhinya Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani harus selalu terpenuhi dalam sebuah keluarga. Itulah sebabnya selalu dibutuhkan kedekatan secara fisik antara suami dan istri serta anak-anaknya.

Keluarga harmonis dan bahagia merupakan harta yang paling berharga dalam kehidupan kita. Keluarga harmonis tak akan bisa dinilai dan ditukar dengan apapun.

Jangan kita sia-siakan keluarga, buatlah keluarga kita bangga dengan apa yang sudah kita hasilkan dan lakukan sekarang. Sediakan waktu khusus untuk dapat berkumpul dengan keluarga. Jangan lupakan harta terbaik kita bagaimanapun sibuknya.

Kita harus mampu melindungi dan menciptakan suatu keluarga harmonis. Bahagiakanlah keluarga kita sebelum membahagiakan orang lain.

Sebahagian dari kesempurnaan kebahagiaan di dunia adalah memiliki keluarga harmonis dan bahagia. Kesolehan keluarga menjadi penentu bagi tegaknya sesuatu bangsa yang aman, makmur dan sejahtera.