Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati Di Wajah Secara Alami

BLOCNOOT.com – Sel-sel pada tubuh manusia setiap harinya mengalami masa lahir dan kemudian mati. Setiap orang yang mengalami pertumbuhan dan pertambahan usia juga membuat sel-sel kulit mati di wajah dan sekitarnya semakin bertambah banyak.

Sel-sel kulit mati pada wajah tidak bisa hilang dengan sendirinya. Apalagi jika dibiarkan kulit mati yang menempel dapat menyebabkan noda hitam, jerawat, kulit menjadi kusam, dan tidak bersinar.

Untuk itu kita harus membersihkan kulit setiap hari, agar sel-sel kulit mati dapat dibasmi. Selain itu, mari kita pelajari dan selanjutnya kita praktekkan cara menghilangkan sel kulit mati sebagaimana dijelaskan dalam artikel di bawah ini.

Baca juga : Cara Alami Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Berikut ini cara menghilangkan sel kulit mati

1. Mencuci Muka

Mencuci muka minimal 2 kali sehari secara teratur menggunakan sabun muka dapat mengangkat sel kulit mati dari pori-pori wajah kita. Namun ingat menggunakan sabun muka harus memperhatikan tingkat keasamannya. Karena tidak semua sabun muka cocok dengan jenis muka kita.

Manfaat lain dari mencuci muka yaitu dapat menghilangkan bakteri atau kuman yang ada di wajah kita.

Aktivitas sehari-hari yang padat apalagi di luar ruangan menyebabkan kotoran, debu, dan polusi menempel di wajah kita, kotoran tersebut yang menyebabkan bakteri atau kuman berada di wajah kita.

Bakteri atau kuman juga dapat menimbulkan jerawat serta masalah kulit yang lain. Untuk itu sangat penting mencuci muka secara teratur agar terhindar dari masalah kulit tersebut.

Baca juga : Efektivitas Perawatan Wajah Tradisional

2. Menggunakan Susu Pembersih dan Toner

Selain dengan mencuci muka secara teratur, cara menghilangkan sel kulit mati juga bisa menggunakan susu pembersih dan toner saat menjelang tidur dan bangun tidur pada pagi hari.

Susu pembersih dan toner dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati secara efektif serta dapat membersihkan kulit dari sisa kosmetik.

3. Pengelupasan Kulit

Pengelupasan kulit dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, salah satu caranya yaitu menggosok badan dengan sikat badan. Menggosok badan tersebut sebaiknya dilakukan dengan pelan.

Cara lain menggunakan scrub. Penggunaan scrub yang alami sangat disarankan karena tidak akan memberi efek negatif pada kulit, seperti scrub dari biji-bijian.

Cara penggunaan scrub yang baik yaitu dengan memijatnya secara pelan-pelan pada kulit agar mendapatkan hasil yang optimal.

4. Menggunakan Masker Muka

Cara menghilangkan sel kulit mati juga bisa dilakukan dengan menggunakan masker muka. Saat memilih masker muka sebaiknya Anda lebih teliti, pilihlah mana yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Akan lebih baik jika masker yang digunakan berasal dari bahan alami seperti madu, yogurt, minyak zaitun, dan wortel.

Masker alami tersebut dapat mengangkat sel kulit mati serta memberi nutrisi pada kulit tanpa efek negatif. Fungsi dari pengelupasan kulit juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Baca juga : Tips Merawat Wajah Dengan Masker Buatan Sendiri Di Rumah

Ada masker yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati serta dapat memutihkan kulit secara alami dan aman, yaitu menggunakan masker beras.

Caranya cuci beras, kemudian di tumbuk sampai setengah halus. Oleskan secara merata pada wajah, tunggu hingga mengering, bilas dengan air bersih sampai bersih.

5. Pengelupasan Kimia

Cara menghilangkan sel kulit mati jenis ini jauh lebih baik daripada menggunakan scrub. Pengelupasan kimia dapat membersihkan kulit sampai dalam.

6. Pengelupasan Kulit Menggunakan Enzim

Produk kosmetik yang mengandung enzim dari pepaya atau nanas dapat mengangkat sel kulit mati, dan sangat cocok untuk kulit sensitif.

Itulah beberapa cara menghilangkan sel kulit mati. Seiring bertambahnya usia masalah kulit di wajah akan terus ada. Untuk itu jangan takut menghadapinya, karena banyak jalan untuk mengatasi hal-hal tersebut, salah satunya seperti cara-cara yang ada di atas.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.