≡ Menu
BLOCNOOT

Berikut Negara dengan Ekonomi Paling Bersinar dan Terloyo di Tahun 2015 yang Perlu Kamu Tau!

in Bisnis

Tahun 2015 merupakan tahun yang sangat menyenangkan. Tapi siapa sangka, ada beberapa negara yang justru terpuruk di tengah-tengah gemerlapnya tahun 2015. Beberapa negara mengalami keterpurukan ekonomi disaat negara lain sedang meningkat kualitas ekonominya.

Tak dapat dipungkiri bahwa kualitas perekonomian suatu negara dipengaruhi oleh SDA dan SDM yang ada. Jika perekonomian tumbuh baik, maka beberapa sektor lainnya juga terangkat. Sektor tersebut antara lain seperti pendidikan, kesehatan, dan juga kesejahteraan.

Menurut database Badan Moneter Internasional (IMF), terdapat 10 negara yang aspek ekonominya paling besar. Siapa saja kesepuluh negara tersebut? Yuk, simak daftar negara dengan ekonomi terbaik.

Pertumbuhan Ekonomi Dunia

10 Negara dengan Ekonomi Terbaik di Tahun 2015

1. Amerika Serikat

PDB yang didapat Amerika Serikat sebanyak 18,125 Triliun Dollar. Dengan presentase 23,45% menjadikan negara ini menempati posisi pertama. Di tahun 2016 negara ini diprediksi akan menghasilkan PDB sebanyak 18,959 Triliun Dollar.

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Amerika Serikat masih mengambil peran besar di dalam perekonomian dunia. Sektor industri menjadi senjata negeri paman sam ini. Negara-negara lain di dunia masih menjadikan Amerika Serikat sebagai acuan utama kebijakan ekonomi.

2. China

PDB yang didapat China sebanyak 11,212 Triliun Dollar. Dengan mengantongi presentase 14,50% China berada di posisi kedua. China memiliki proyeksi PDB di tahun 2016 sebanyak 11,968 Triliun Dollar.

China merupakan negara paling berkembang di dunia. Dengan pertumbuhan masyarakat yang tinggi, China juga mampu menyeimbangi dengan perkembangan ekonominya. Dengan prestasinya tersebut, China mampu menduduki posisi kedua dalam daftar negara dengan ekonomi terbaik di dunia.

3. Jepang

Jepang mendapatkan PDB sebesar 4,210 Triliun Dollar. Memiliki presentase sebesar 5,45%. Dengan perkiraan PDB sebanyak 4,348 Triliun di tahun 2016 Jepang menjadi negara terbaik ketiga dalam aspek perekonomian dunia.

Negeri sakura ini didominasi dengan industri otomotif seperti Toyota dan Suzuki. Jepang terkenal dengan perkembangan teknologinya. Sebut saja penemuan robot-robot canggih yang telah diciptakan, diprediksi mampu mendongkrak perekonomian Jepang di tahun 2016.

4. Jerman

PDB yang diperoleh Jerman sebanyak 3,413 Triliun Dollar. Memiliki presentase sebanyak 4,42% mampu membuat Jerman menduduki ranking keempat. Diproyeksi akan mendapat PDB senilai 3,513 Triliun Dollar di tahun 2016.

Jerman memang terkenal dengan bidang industri otomotifnya. Produk-produk ternama seperti Mercedez Benz dan BMW membuktikan bahwa industri otomotif mereka berada di kelas kakap. Tak kalah penting, industri kesehatan juga memiliki peranan besar dalam dunia perekonomian Jerman.

5. Inggris

PDB sebanyak 2,853 Triliun Dollar. Dengan presentase 3,69% Inggris mampu menduduki posisi kelima dalam daftar negara dengan ekonomi terbaik. Diperkirakan akan mendapat PDB sebanyak 2,981 Triliun Dollar pada tahun 2016.

Inggris memang salah satu negara maju yang ada di dunia. Sehingga tak mengagetkan jika Inggris mampu masuk jajaran daftar negara dengan ekonomi terbaik. Sektor pendidikan dan wisata juga cukup mendongkrak perekonomian Inggris.

6. Perancis

PDB sebanyak 2,470 Triliun Dollar. Mendapat presentase sebanyak 3,19%. Diproyeksi mampu menghasilkan PDB sebanyak 2,526 Triliun Dollar di tahun 2016.

Salah satu perusahaan penerbangan terbesar di dunia seperti Airbus ini bersarang di Perancis. Sektor wisata dan bahkan fashion juga menunjang perekonomian Perancis. Negara ketiga di Eropa yang berhasil masuk dalam daftar negara dengan ekonomi terbaik tahun 2015.

7. India

Meraih PDB sebesar 2,308 Triliun Dollar. Memiliki presentase sebanyak 2,99%. Di tahun yang mendatang, diprediksi mampu meningkatkan PDB sebesar 2,510 Triliun Dollar.

Memiliki SDM berlimpah nampaknya merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi India. Sektor industri film dan otomotif juga membantu India dalam bidang perekonomian. India diprediksi akan sama kuatnya dengan China di masa yang akan datang.

8. Brasil

Brasil meraih PDB sebanyak 1,904 Triliun Dollar. Dengan presentase sebesar 2,46% menjadikan Brasil masuk dalam daftar negara dengan ekonomi terbaik. Diproyeksikan mampu meraup PDB di tahun 2016 sebanyak 1,927 Triliun Dollar.

Salah satu negara ekonomi BRIC ini memiliki hutan dan sungai terbesar di dunia. Sektor perekonomian juga didukung dengan dunia sepak bola mereka yang sudah menduia. Sehingga Brasil mampu masuk ke dalam daftar negara dengan ekonomi terbaik ini.

9. Italia

PDB yang berhasil didapatkan Italia sebanyak 1,904 triliun Dollar. Memiliki presentase sebanyak 2,38%. Diramalkan mampu mendapatkan PDB sebanyak 1,880 Triliun Dollar pada tahun 2016.

Italia merupakan negara penghasil anggur terbesar di dunia. Sektor wisata merupakan salah satu penunjang perekonomian Italia. Selain itu, industri fesyen juga menjadi salah satu alasan mengapa Italia berhasil masuk dalam jajaran negara dengan ekonomi terbaik.

10. Kanada

Kanada mampu meraup PDB sebesar 1,615 Triliun Dollar. Memiliki presentase yang cukup sebesar 2,09% untuk menjadikannya di posisi kesepuluh dalam daftar ini. Di proyeksi mampu menghasilkan PDB sebanyak 1,684 Triliun Dollar di tahun 2016.

Nampaknya Kanada tak ingin ketinggalan dari tetangganya, Amerika Serikat. Dengan kekuatan ekspor suku cadang kendaraan bermotor, Kanada mampu masuk ke dalam jajaran negara dengan ekonomi terbaik. Industri jasa juga merupakan kekuatan Kanada untuk mendongkrak aspek perekonomian mereka.

Wah, beruntung sekali negara-negara yang memiliki ekonomi terbaik di tahun 2015. Lalu, bagaimana nasib negara-negara yang terpuruk ekonominya di tahun 2015? Berikut daftar 5 negara yang memiliki perekonomian terburuk di tahun 2015 berdasarkan Prospek Ekonomi Global Bank Dunia!

5 Negara dengan Ekonomi Paling Terpuruk di Tahun 2015

1. Ukraina

PDB Ukraina mengalami penurunan sebanyak 6,8% pada 2014. Berkat korupsi politik dan reformasi yang tidak efisien, Ukraina tak dapat bergerak maju. Selain itu, GDP Ukraina tahun 2015 juga mengalami penurunan sebanyak 7,50% sehingga membuat Ukraina menempati posisi pertama dalam daftar negara yang paling terpuruk ekonominya tahun 2015.

Penurunan Ekonomi Dunia

2. Venezuela

Venezuela merupakan negara yang perekonomiannya bergantung pada minyak. Pertumbuhan ekonomi Venezuela turun sebanyak 5,10% karena anjloknya harga minyak. Selain itu juga terjadi inflansi di Venezuela. Inilah penyebab terpuruknya perekonomian Venezuela.

3. Libya

PDB Libya terjun bebas ke angka 24%. Hal ini disebabkan karena pemerintah Libya gagal menginvestasikan pendapatan. Libya juga mengandalkan pemasukan dari sektor minyak, perekonomiannya jatuh saat harga minyak merosot.

4. Republik Belarusia

Pertumbuhan perekonomian Belarusia diperkirakan mengalami penurunan sebanyak 3,5%. Perekonomian Belarusia nampaknya sudah menjadi suatu perpaduan dengan Rusia. Sehingga jika perekonomian Rusia melemah, perekonomian Republik Belarusia ini juga ikut melemah.

5. Rusia

Laju perekonomian Rusia diperkirakan mengalami penurunan sebanyak 2,70 persen. Hal ini disebabkan karena harga minyak anjlok di tahun 2014. Ekonom berpikir perekonomian di Rusia masih bermasalah meskipun Moskow telah memotong anggaran agar mampu menyeimbangi pelemahan harga minyak.

Ternyata dari sekian negara yang sedang mendulang kesuksesan ada juga negara yang terpuruk perekonomiannya. Perekonomian memang sangat berdampak bagi suatu negara. Karena kesejahteraan bangsa dapat dilihat dari sektor ekonomi negaranya.

Wah, kira-kira bagaimana ya, kerja keras pemerintah negara-negara yang sukses perekonomiannya? Kita sebagai warga negara indonesia yang notabene adalah negara berkembang, nampaknya harus bersyukur. Karena perekonomian Indonesia sedang beranjak maju. So, mari bahu membahu untuk kesejahteraan kita di masa mendatang!

0 comments… add one

Leave a Comment