≡ Menu
BLOCNOOT

6 Alasan yang Menjawab Pasti, Mengapa Kamu Sering Boros Uang

in Duit

BLOCNOOT.com – Hampir setiap orang termasuk kamu pasti pernah mengalami pemborosan terhadap benda ekonomi yang satu ini, yakni uang. Tidak peduli berapa yang kamu dapat atau berapa yang telah kamu simpan, pasti ujung-ujungnya kamu akan gunakan untuk membeli barang yang kamu inginkan.

Mengapa kamu bisa boros padahal sudah berusaha untuk tidak melakukannya? Berikut 6 alasan mengapa kamu melakukan pemborosan.

1. Kamu Tidak Mengatur Daftar Belanjaan atau Pengeluaran Uang Secara Cermat.

Mengatur daftar pengeluaran adalah pekerjaan yang biasa dilakukan oleh ibu-ibu, tapi hal ini tidak seharusnya dilakukan oleh para ibu saja, kamu juga bisa mencobanya.

Cara ini dijamin ampuh dan bisa mengendalikan hasrat kamu untuk tidak mengeluarkan uang secara boros, karena ketika kamu mengetahui daftar kebutuhanmu maka keinginan kamu akan dengan sendirinya tersingkir. Ingat “buy what you need, not what you want” artinya beli apa yang kamu butuh bukan apa yang kamu inginkan.

Daftar Belanjaan

Kebahagiaan setiap orang itu berbeda-beda tapi yang pasti jika kebutuhan primer sehari-hari kamu terpenuhi maka kamu pasti bahagia. Kebutuhan primer berupa sandang, pangan, papan.

Ayo coba buat daftar pengeluaran kamu sendiri, jika kamu berhasil mengeluarkan uang sesuai dengan daftar yang telah kamu susun maka kamu dipastikan tidak akan boros karena pengeluaran uang kamu sudah digunakan untuk kebutuhan kamu sepenuhnya.

2. Kamu Mengalami Stress Sehingga Membuatmu Tidak Bisa Mengontrol Uang.

Stress berlebihan bisa membuatmu kurang konsentrasi dan kurang cermat sehingga kamu tidak bisa mengendalikan uang untuk belanja, dan ini biasanya banyak terjadi pada wanita. Stress bisa disebabkan oleh banyak hal seperti gagal dalam ujian atau sibuk mengurus keluarga.

Baca juga : Tips dan Cara Mengatasi Masalah Keluarga

Kaum pria juga bisa melakukan boros saat mereka stress, tapi kebanyakan ke arah yang negatif dan merusak kesehatan seperti membeli rokok, membeli minuman keras dan nongkrong di klub.

Untuk menghindari stress yang kamu perlukan adalah hadapi setiap masalah yang kamu dapat dengan kepala yang dingin, ingatlah bahwa masih ada orang yang memiliki masalah lebih berat dari yang kamu miliki, boros uang bukan jalan tepat untuk menyelesaikan permasalahanmu.

3. Pengaruh Dari Iklan dan Diskon.

Tujuan dari pembuatan iklan adalah untuk mengajak atau membujuk kamu agar membeli barang yang dijual. Kata-kata yang digunakan sangat menarik dan membuat kamu merasa bahwa iklan tersebut benar-benar dapat membuktikan kehebatannya sehingga bisa memperbaiki, menyembuhkan dan bahkan membuat kamu ketagihan.

Iklan yang dimuat di media semuanya sudah diatur dan menggunakan orang-orang profesional sebagai model untuk mempengaruhi kamu agar membeli produk mereka.

Saat kamu melihat atau mendengarkan iklan dan diskon, kamu langsung tergiur untuk membelinya padahal kamu belum tahu secara detail produk tersebut dan kamu langsung memesan produk tanpa memikirkan keuangan yang kamu miliki.

Diskon Barang Murah

Di era teknologi saat ini, iklan via online semakin meningkat pesat, daya konsumsi juga meningkat dan proses pembelian bisa melalui online secara singkat tanpa perlu keluar rumah, hal ini juga mempengaruhi kamu untuk membeli secara online dan melakukan pengeluaran uang tanpa pikir panjang.

Diskon adalah pemotongan harga asli ke harga yang lebih murah, diskon membuat orang tertarik karena harganya yang murah, padahal belum tentu kualitasnya bagus. Iklan dan diskon memang memudahkan dan menguntungkan orang, akan tetapi pengaruhnya sangat besar.

Janganlah kamu terpengaruh oleh iklan dan diskon, ingatlah bahwa barang-barang yang dijual melalui iklan tidak selamanya bagus dan kamu butuhkan, belilah jika kamu benar-benar membutuhkannya.

4. Pengaruh Lingkungan dan Pergaulan yang Mengakibatkan Kamu Juga Ikut Boros Uang.

Jika kamu tinggal di perkotaan dan rumah tempat kamu tinggal dikelilingi oleh pusat perbelanjaan, restoran terkenal dan wahana hiburan kamu pasti akan mudah menghabiskan uangmu di sana, karena kamu terpengaruh oleh suasana dan banyaknya tempat yang menarik.

Sama halnya dengan pergaulan, kamu kerja atau kuliah, teman atau sahabatmu memiliki uang banyak dan boros, otomatis kamu akan terpengaruh dengan gaya hidup temanmu karena kamu bergaul dengan temanmu yang boros.

Pemborosan uang tidak akan terjadi bila kamu tidak mudah dipengaruhi dan berpegang teguh pada prinsip untuk bisa menyimpan dan menabung uang untuk membelanjakan hal yang kamu butuh.

Jika temanmu mengajak untuk makan, belanja dan nongkrong, yakinkan dirimu bahwa hal ini tidak boleh terjadi berulang kali, dalam sebulan melakukannya dua atau tiga kali boleh tapi jika keterusan kamu yang akan mengalami kesulitan nantinya.

5. Pekerjaan yang Menuntut Kamu Untuk Boros Uang.

Banyak sekali aktifitas pekerjaan yang kamu lakukan dan kamu harus menghabiskan banyak uang untuk menunjang penampilan kamu, supaya bisa tampil maksimal. Pekerjaan yang bisa membuat kamu boros ini kebanyakan dialami oleh para entertainer, pejabat pemerintah, dan pengusaha.

Jika kamu seorang artis kamu harus memiliki penampilan dan performa yang bagus agar bisa dipakai terus untuk menghibur, oleh karenanya kamu membelanjakan uang pada kostum, make up dan juga alat yang membantu penampilanmu, tentunya dengan brand yang bagus dan terkenal.

Pekerjaan yang membuat kamu boros uang pastinya memiliki penghasilan yang besar agar kamu bisa belanja tanpa memikirkan uang kamu habis. Jadi sebaiknya jangan melakukan pemborosan uang jika pekerjaanmu memiliki penghasilan yang kecil. Sadarlah bahwa kamu memerlukan uang untuk membeli kebutuhan hidupmu agar bisa hidup dengan layak.

6. Kamu Memiliki Hobi yang Membuat Kamu Boros Uang.

Hobi adalah sebuah aktivitas yang paling kamu suka dan akan kamu lakukan bila kamu memiliki waktu senggang. Hobi yang bisa membuat boros banyak terjadi pada orang yang suka mengoleksi barang.

Contohnya hobi mengoleksi kendaraan mahal seperti motor atau mobil. Kamu juga pasti akan sangat senang ketika kamu melakukan hobi kamu, namun ketahuilah bahwa hobi tidak seharusnya memboroskan uang untuk membeli barang mewah dan mahal.

Koleksi Mobil Mewah

Kamu bisa saja melakukan hobi kamu tapi pilihlah hobi yang bermanfaat dan berguna bagi dirimu, hobi yang boros uang akan membuat kamu kesulitan sendiri nantinya.

Jika kamu memiliki uang yang banyak pilihlah hobi untuk travel keliling dunia, itu akan lebih baik dan menambah pengalaman hidup kamu dibandingkan kamu harus menghabiskan uang untuk membeli barang mewah dan kamu hanya tinggal diam di rumah saja.

Baca juga : 7 Pantai Paling Indah di Bali

Jadi sudah tahu alasan mengapa kamu boros? Akankah kamu mempertahankan sikap dan kegiatan boros uang? Semuanya tergantung kamu pribadi tapi ketahuilah boros uang akan membuatmu mengalami kesulitan dan membuatmu ketagihan, lebih baik berhentilah sebelum kegiatan boros uangmu semakin parah.

0 comments… add one

Leave a Comment