≡ Menu
BLOCNOOT

Pentingnya Peran Seorang Ibu Dalam Keluarga

in Keluarga

Ibu merupakan sosok yang hampir tidak tergantikan dalam keluarga. Dalam banyak kesempatan, seorang ibu adalah pembentuk karakter masa depan. Di tangannya-lah banyak akan kita temukan pengaruh-pengaruh kuat dalam kelangsungan sebuah keluarga.

Bahkan peran penting seorang ibu dapat menentukan nasib sebuah bangsa. Kata kata tersebut tentu saja bukan tanpa alasan karena ibu-lah yang bertanggung jawab mengenai kehormatan keluarga serta pendidikan semua keturunan yang lahir darinya.

Ibu Penjaga Kehormatan Keluarga

Berikut adalah beberapa peran penting seorang ibu dalam keluarga, di antaranya :

1. Penjaga Kehormatan Keluarga

Tidak seperti seorang ayah yang sering berada di luar untuk mencari nafkah, sebaliknya seorang ibu seringkali berada di rumah untuk menjaga kehormatan keluarga serta untuk memastikan bahwa sebuah keluarga berjalan sebagaimana mestinya.

2. Pandai Mengatur Perekonomian

Seorang ibu juga bisa menentukan banyak hal termasuk perekonomian di rumah tangga. Sebagai seorang ibu, mereka dituntut untuk bisa irit dalam menggunakan sumber daya di dalam keluarga itu sendiri.

Irit disini bukan berarti pelit. Melainkan seorang ibu harus pandai-pandai dalam mengatur keuangannya. Dengan pengeluaran-pengeluaran yang bijak, maka bisa dipastikan bahwa rumah tangga dan keluarga yang ia miliki bisa terus melanjutkan visi serta misi yang mereka miliki.

Baca juga : Inilah 6 Hal yang Menjadi Rahasia Keluarga Harmonis

Arti Ibu Dalam Keluarga

3. Sopan dan Santun

Kesopanan, menjaga tata krama juga bagian penting dari cara menjaga kehormatan keluarga. Ibu yang sopan, menghormati orang lain dan selalu memberikan teladan yang baik kepada anak anaknya juga merupakan kunci sukses dalam menjalankan bahtera pernikahan, dalam pendidikan anak, dan juga dalam pergaulan di masyarakat terlebih dengan tetangganya.

4. Sumber Pendidikan

Mungkin anda sering mendengar atau membaca di beberapa tulisan baik itu di media sosial maupun di tempat lainnya yang mengatakan: “Untuk apa seorang perempuan harus berpendidikan tinggi jika pada akhirnya mereka hanya akan kembali ke dapur untuk memasak dan mengasuh anak?”.

Sebenarnya pertanyaan tersebut yang seringkali dilepaskan sebagai candaan sudah memiliki jawabannya di dalam pertanyaan itu sendiri. Setiap ibu harus memiliki pendidikan serta pengetahuan yang luas, baik itu formal maupun non-formal dan terutama mengenai agama serta budaya.

Baca juga : Tips dan Cara Mengatasi Masalah Keluarga

Ibu Sumber Pendidikan Anak

Di tangan seorang ibu-lah pendidikan anak kita serahkan. Jika seorang ibu tidak sempat mendidik anak, maka sudah pasti pendidikan akan diserahkan ke pembantu atau orang lain yang kadang tidak anda kenal.

Mengasuh anak bukanlah perkara mudah terlebih karena waktu yang kita habiskan atau waktu yang ibu habiskan dengan anak merupakan pendidikan dasar yang akan menentukan karakter dan jalan hidup yang akan diambil oleh penerus atau pewaris sebuah keluarga.

Namun pada kenyataannya, kita sering menemukan justru ibu yang berusaha mencari nafkah sehingga menelantarkan pendidikan anak-anaknya.

Anda tentu sudah bisa menebak apa yang akan terjadi apabila kebiasaan tersebut terus dipelihara, apabila pendidikan anak diserahkan kepada pembantu, apabila seorang anak karakternya dibentuk oleh orang lain.

Selain peran-peran di atas, masih banyak peran lain yang dijalankan oleh seorang ibu, dan seringkali sangat berpengaruh serta menentukan.

0 comments… add one

Leave a Comment