Ingin Beralih ke Bisnis Food Truck? 9 Trik Ini Perlu Kamu Terapkan untuk Lebih Menarik Pelanggan

1. Bidik Pelanggan dengan Menu Andalan Khas Food Truck. Pastikan Tampilannya Menarik dan Menggugah Selera.

Jatuh cinta pada pandangan pertama tak terjadi hanya pada manusia loh. Jatuh cinta pada pandangan pertama juga bisa terjadi pada calon pelanggan setia kamu. Tak gampang memang membuat orang jatuh cinta. Butuh usaha dan ketekunan. Tugas kamu adalah memikat mereka lewat makanan/minuman hasil racikan tangan kamu. Wow kedengaran keren yah.

Untuk memikat pelanggan kamu bisa bereksperimen membuat sajian lezat. Trial and error itu biasa. Kamu bisa cari banyak referensi untuk mengembangkan bakat kamu. Misalnya membaca buku, searching di Google sampai ikut kursus memasak.

No Pain No Gain – anggap saja kursus itu investasi buat diri kamu sendiri. Akan banyak ilmu baru yang kamu dapat. Kamu bisa membangkan ilmu yang kamu dapat dengan mengkreasikan jenis makanan yang super delicious. So, tak ada salahnya mengeluarkan sedikit kocek kan.

Untuk menjadi pembisnis Food Truck kamu perlu menjadi chef handal. Yah, jika sulit, bekerja sama dengan seorang chef kenamaan juga bisa jadi pilihan bagus. Food truck biasanya membidik pelanggan dengan ekonomi menengah ke atas. Terang saja, untuk menjalankan bisnis ini butuh modal cukup besar yang bisa mencapai ratusan juta. Karena itu kualitas rasa harus benar-benar jadi andalan.

Menikmati makanan bukan hanya sekedar rasanya saja. Jika kamu pernah menonton Master Chef, pasti deh masalah plating sering dikomentari para chef kan. Menata makanan dengan indah adalah hal yang penting untuk meningkatkan nilai jual makanan.

Hotel-hotel dengan chef profesional menjadikan tatanan makanan sebagai faktor penting yang tak boleh dipandang sebelah mata. Sebagai penjaja kuliner kamu juga harus menerapkan hal ini. Plating yang cantik akan menggugah selera orang yang memandangnya. Jelas saja mereka penasaran dan akan segera menyantap dengan lahap makanan kamu.

Baca juga : Ide Bisnis Mudah yang Bisa Memberimu Uang Melimpah

2. Tarik Perhatian Pelangan dengan Tampilan Food Truck Kece Kamu. Modifikasi atau Desain Food Truck dengan Konsep Menarik.

Sweet… sweett… hai Food Truck kece”. Kamu bisa berbangga mendengar kata-kata itu keluar dari orang-orang yang dengan wajah kagum memandang ke arah Food Truck kamu donk. Penampilan Food Truck yang menarik dapat memberi kesan tertentu pada orang yang memandangnya.

Tampilan Food Truck Loco Mama di daerah Jakarta selatan misalnya. Loco Mama tampil dengan konsep lawas dengan truk warna orange metalik berpadu dengan warna putih terlihat cukup nyentrik di jalan. Sesuai dengan tampilannya Food Truck ini menyajikan makanan Meksiko.

Sama seperti Loco Mama, kamu harus menyiapkan konsep unik buat Food Truck kamu. Kamu bisa saja menyesuaikan konsep dengan menu-menu yang akan kamu tawarkan pada para pelanggan. Selain menjadi ciri khas, desain yang menarik akan membuat pelanggan mengingat nama Food Truck kamu.

Konsep Food Truck biasanya disesuaikan dengan makanan yang disajikan. Ada yang mendesain truk yang mengangkat tema negara/daerah asal makanan. Ada juga yang mendesain truk berdasarkan pelanggan yang akan disasar, misalnya makanan/minuman yang ingin mencuri hati anak muda di desain dengan tema sporty, funky atau juga full colour.

Kamu juga bisa memilih lighting yang tepat untuk mendukung performance Food Truck serta memberi efek kuat pada tema yang kamu usung. Menambahkan ornamen-ornamen menarik juga akan menambah keindahan Food Truck.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam mendesain/memodifikasi truk. Jangan lupa melengkapi Food Truck kamu dengan akun media sosial seperti twitter dan sebagainya. Media sosial merupakan media promosi paling cepat loh.

3. Kuasai Tata Letak Dapur dan Perlengkapan Memasak untuk Menyempurnakan Tampilan dan Mempermudah Kamu Memasak.

Tak lengkap jika sebuah Food Truck tidak memiliki dapur. Apa jadinya Food Truck tanpa dapur. Dapur menjadi hal penting untuk sebuah Food Truck. Di dapur yang berukuran hanya beberapa meter itulah nantinya sebuah makanan lezat akan tercipta.

Di dapur juga, seorang chef dapat berkreasi menciptakan makanan dengan tampilan cantik dan tasty. Kamu perlu memahami konsep dapur yang baik untuk sebuah Food Truck dengan safety kitchen.

Akan lebih baik jika melengkapi Food Truck dengan perlengkapan keselamatan seperti APAR dan P3K. Kamu perlu mengantisipasi keadaan buruk yang mungkin terjadi saat berjualan untuk menyelamatkan dari hal-hal yang tak diinginkan.

Kelengkapan dapur bisa berupa warmer dan freezer (jika dibutuhkan), chiller, exhauster (agar asap lebih cepat keluar), rice cooker, kompor gas, lampu-lampu TL dan mungkin juga exhaust fan dan generator (untuk tenaga listriknya). Wah, kalau semuanya ada lengkap Food Truck kamu akan jadi Food Truck super lengkap. Hohoo… siap memasak? Pasti!

Beberapa Food Truck memiliki dapur yang sempit, tentunya tak bisa menampung semua kelengkapan dapur sebanyak itu. Biasanya untuk mengatasinya, kamu dapat mengolah makanan hingga setengah jadi. Makanan setengah jadilah yang akan dibawa berkeliling bersama Food Truck untuk menerima proses finishing saja. Ide yang bagus kan?

Baca juga : 6 Kisah Sukses Sosok Entrepreneur yang Bisa Menginspirasimu

4. Nge-List Event-Event Yang Ada Di Sekitar Kota Kamu, Bisa Jadi Referensi Kamu Untuk Menyasar Lahan Empuk Meraih Untung Gede.

Jadi event hunter untuk menyasar lahan empuk dalam meraih untung gede kedengaran tidak sulit, bukan? Mulailah untuk peka dengan lingkungan sekitar kamu. Cobalah untuk mencari tahu event-event di sekitar tempat tinggal kamu. Dengan berbekal list event tersebut, kamu bisa menyusun jadwal berjualan di sekitar lokasi diselengarakannya event tersebut.

Bayangkan saja, akan banyak orang yang datang ke acara tersebut. Itu artinya kamu akan ketemu banyak calon pelanggan. Untungnya adalah kamu bisa siapkan diri untuk promosi jitu yang bisa menarik perhatian mereka, misalnya paket promosi atau potongan harga dan lain-lain.

Saat berjualan di lokasi lain, kamu dengan mudah menyampaikan pada pelanggan kamu bahwa Food Truck kamu juga akan turut hadir meramaikan event B, C, atau D. Hal ini akan memudahkan mereka untuk mencari keberadaan Food Truck kamu kan?

Menyiapkan papan pengumuman coming soon dengan lapak selanjutnya juga bukan ide buruk. Kamu bisa dengan sekreatif mungkin menginformasikan keberadaan Food Truck kamu.

5. Kalau Kumbang-Kumbang Di Taman pada Ngerubungin Bunga. Para Pelanggan, Sukanya Ngerubungin Wifi. Memasang Wifi dengan Jariangan Anti Lelet Bisa Jadi Pemikat Jitu.

Hari gini siapa sih yang gak butuh internet. Internet menjadi kebutuhan penting buat manusia era modern. Yah, dukungan smartphone membuat manusia menjadi pencari informasi. Mulai dari urusan fashion, kuliner, social media sampai berjualan online.

Paket data yang cukup mahal menjadikan wifi gratis menjadi buruan penting para pencinta online. Kalau kumbang-kumbang di taman pada ngerubungin bunga. para pelanggan sukanya ngerubungin wifi. Hihihih.

Memasang wifi dengan jaringan anti lelet bisa jadi pemikat jitu buat menarik perhatian si calon pelanggan. Kamu bisa membubuhkan lambang free wifi di Food Truck kamu. Para pencari wifi itu akan segera datang. Yakin deh.

Biasanya banyak juga pelanggan yang hanya membeli sedikit tapi tetap nangkring dalam jangka waktu yang lama bareng wifi kamu. Kamu bisa buat paket tertentu untuk password wifi sebagai upaya meminimalisir hal-hal merugikan. Di sisi lain, memasang wifi akan membuat mereka betah berlama-lama di sekitar Food Truck.

Food Truck kamu akan kelihatan ramai dikerubungi wifi hunter yang kelaparan. Orang-orang di sekitar akan penasaran sama Food Truck kamu yang terlihat ramai. Hal ini justru akan menguntungkan.

6. Bangun Silaturahmi di Setiap Spot Berjualan. Sulitnya Mencari Area Parkir Menjadi Kendala Lahan Loh!

Membangun bisnis tak melulu hanya tentang uang. Membangun bisnis juga berkaitan dengan membangun relasi serta jaringan. Dalam berbisnis kamu perlu membangun hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kamu.

Para pelanggan yang dilayani dengan ramah cenderung akan senang untuk kembali lagi. Tak ada salahnya untuk mengajak mereka berkomunikasi saat memesan makanan. Atau sekedar bercanda saat menyampaikan kata terima kasih atas kunjungan mereka.

Selain pelanggan, kamu perlu berinteraksi dengan orang-orang di sekitar spot berjualan. Sulitnya menemukan lahan parkir untuk Food Truck biasanya menjadi kendala yang sering dialami oleh pebisnis Food Truck. Untuk itu kamu perlu menjalin relasi dengan pebisnis Food Truck lain.

Misalnya saja berjualan di lokasi yang sama secara grup. Atau membuat festival Food Truck maupun meminta izin parkir di daerah tertentu pada pemuda setempat atau ketua RT/RW. Kamu juga bisa bergabung dalam suatu komunitas. Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI) misalnya. Kamu juga bisa sharing mengenai kendala yang kamu hadapi bersama mereka. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengembangkan usaha.

7. Selalu Menjaga Kebersihan Makanan dan Lokasi Sekitar Food Truck, Akan Membuat Pelanggan Betah Berlama-Lama Nongkrong di Food Truck Kamu.

Menyiapkan makanan dengan tangan dan peralatan yang bersih adalah keharusan. Kebersihan makanan menjadi faktor penting untuk menciptakan makanan sehat yang terjamin mutunya. Jadilah pendukung makanan sehat. Dalam proses memasak kebersihan peralatan dan juga bahan yang terbaik adalah hal mutlak buat kamu pebisnis sejati.

Dalam membangun bisnis, seorang pebisnis harusnya tidak hanya memperhatikan keuntungan saja. Memberikan pelayanan terbaik dengan makanan yang bersih haruslah menjadi catatan penting bagi pebisnis Food Truck.

Makanan yang bersih tidak hanya akan memberi efek pada pelanggan, tetapi juga pada bisnis yang sedang dibangun. Jangan sampai bisnis kamu harus gulung tikar karena masalah kebersihan atau terkena tuntutan dari Dinas Kesehatan.

Area sekitar parkir Food Truck juga haruslah area yang bersih. Orang-orang tentunya tidak akan mau membeli makanan di tempat yang kotor. Kamu juga perlu melakukan general cleaning di waktu senggang saat weekend. Membuat jadwal general cleaning juga merupakan hal penting. Yakin deh, orang-orang akan makin awet jadi pelanggan tetap.

Baca juga : Kewirausahaan Untuk Semua Orang

8. Sediakan Space untuk Pelanggan Yang Ingin Menikmati Makanan Kamu!

Menyediakan space untuk pelanggan cukup penting. Setidaknya mereka yang kelelahan dan haus dapat beristirahat sejenak sambil menyantap makanan dan minuman yang ada di Food Truck kamu. Kamu perlu menyediakan setidaknya beberapa bangku dan meja.

Sebagai ganti meja, kamu juga bisa memanfaatkan penutup badan truk sebagai meja. Desain meja bisa mengelilingi Food Truck atau juga bisa menyediakan meja terpisah di sekitar truk kamu. Konsepnya bisa seperti meja lipat yang mudah disusun kembali saat akan berpindah lokasi. Minimal setidaknya ada beberapa kursi bagi mereka yang sedang menunggu pesanannya jadi.

9. Jangan Pernah Lupa Berikan Perawatan Rutin Buat Si Cantik Food Truck.

Food Truck yang selalu menemani kamu menghasilkan pundi-pundi uang sakit? Apa jadinya? Jangan biarkan Food Truck penghasil uangmu sakit. Food Truck tiba-tiba mogok, pastilah menghambat kamu sampai tepat waktu di lokasi berjualan.

Dampaknya bisa jadi mengecewakan pelanggan kamu. Pada akhirnya yang kamu dapat adalah penurunan hasil penjualan. Selain itu biaya perbaikan akan jauh lebih mahal dari biaya perawatan kan. Oleh karena itu kamu perlu melakukan perawatan secara teratur.

Bagaimana pun truk adalah kendaraan yang butuh diservis juga. Untuk perawatan teknikal truk, seperti ganti oli atau servis mesin dilakukan dengan memanfaatkan servis di bengkel resmi sesuai merek truk yang kamu gunakan. Misalnya melakukan servis di Toyota Home Service (THS), Honda Service, dan lain lain.

Melakukan servis di bengkel resmi menhindarkan truk dari resiko tangan usil yang tak bertanggung jawab. Selain itu hasil servis di bengkel resmi biasanya lebih memuakan. Si cantik Food Truck harus tampil prima untuk menyusuri jalan dengan mulus. Shuutt… uang pun mengalir dengan sendirinya.

Bagaimana triknya? Sudah siap untuk berbisnis kuliner di Food Truck? Wah pasti kamu sudah siap yah. Yes! Selamat mencoba yah. Semoga usaha kamu sukses dan maju. Oh ya, untuk memulai sebuah bisnis kamu perlu belajar mengenai teknik marketing, konsep dan segala hal mengenai bisnis kamu dari para pakar. Mereka yang sudah pernah mendulang sukses di bisnis Food Truck bisa jadi guru yang paling baik. Paling tidak nomer dua setelah pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

10 Tips Memulai Bisnis Baru

Tidak mudah untuk memulai sebuah bisnis baru. Alih-alih langsung melakukan transaksi bisnis, seorang pemula biasanya terjebak dengan kesibukan-kesibukan…

Kewirausahaan Untuk Semua Orang

Entrepreneurship (kewirausahaan), dalam beberapa tahun terakhir menjadi topik yang makin sering dibicarakan. Krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak…

Berani Mencoba, Berani Gagal

Seorang pebisnis harus mempunyai sikap berani mencoba dan mencoba terus-menerus. Dengan berani mencoba, secara tidak langsung pebisnis dituntut…