Cara Aman Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Jika Anda memutuskan menggunakan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol sebenarnya hal tersebut bukanlah solusi terbaik. Ada beberapa resiko yang akan Anda hadapi jika mengambil obat-obatan untuk melawan penyakit.

Beberapa efek samping yang akan ditimbulkan oleh obat-obatan terkadang membuat Anda merasa lelah, dapat melemaskan otot, menimbulkan rasa nyeri dan bahkan gagal jantung.

Beberapa obat-obatan yang dijual secara bebas di pasaran saat ini untuk menurunkan kolesterol memang cukup efektif dalam melawan penyakit tersebut.

Namun jangan terburu buru untuk menggunakan obat-obatan karena tahukah Anda bahwa kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga sangat tidak baik apabila Anda mengurangi kolesterol secara signifikan yang ada di dalam darah Anda.

Apa itu Kolesterol

Kolesterol sangat penting dan krusial untuk berbagai fungsi penting di dalam tubuh kita. Kolesterol merupakan bagian integral dari membran sel seseorang. Hal tersebut juga merupakan bahan baku bagi tubuh untuk membuat hormon steroid dan juga vitamin D.

Kulit kita mengandung kolesterol dan ketika sinar UVB dari matahari mengenai kulit, proses tersebut akan mengkonversi kolesterol menjadi vitamin D3 dan kemudian dialirkan ke dalam darah. Selanjutnya tubuh akan merubahnya menjadi bentuk aktif dari vitamin D.

Namun pada saat kolesterol di dalam darah terlalu rendah, beberapa peristiwa negatif terjadi pada tubuh seseorang.

Baca juga : Pentingnya Sarapan Sehat untuk Diet

Resiko yang dihadapi apabila kolesterol terlalu rendah

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa kolesterol sangat penting. Kolesterol juga penting untuk otak yang optimal. Kolesterol membantu dalam pembentukan memori Anda dan sangat penting untuk fungsi saraf. Bahkan orang yang rendah kolesterol telah dikaitkan dengan masalah neurologis termasuk juga kehilangan memori.

Beberapa resiko yang diakibatkan apabila jumlah kolesterol terlalu sedikit antara lain, meningkatkan resiko depresi, meningkatkan resiko bunuh diri, menyebabkan perilaku kekerasan dan agresif, meningkatkan resiko kanker dan penyakit parkinson.

Apa akibatnya jika kolesterol terlalu tinggi?

Sebaliknya apa akibatnya apabila kolesterol terlalu tinggi. Apabila kolesterol Anda berada di angka 330 ke atas, nilai atau angka tersebut sudah terlalu tinggi dan tentu saja apabila HDL atau kolesterol jahat terlalu tinggi dapat menyebabkan beberapa resiko termasuk penyakit jantung.

Cara aman dan efektif mengobati kolesterol tinggi

Menurunkan tingkat kolesterol tinggi secara alami sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana dan strategi mendasar yang dapat membantu mengatur kolesterol di dalam tubuh seseorang.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menurunkan asupan kolesterol dari makanan. Cara tersebut adalah cara yang paling efektif. Mengapa demikian?

Sebanyak 75 persen kolesterol diproduksi oleh hati dan sisanya biasanya dipengaruhi oleh tingkat insulin. Oleh karena itu, jika Anda mengoptimalkan kadar insulin Anda, maka Anda akan juga mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Salah satu cara yang paling bagus untuk mengontrol tingkat insulin adalah dengan berolahraga serta memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang meningkatkan kadar insulin juga berkontribusi terhadap kolesterol tinggi dengan membuat hati menghasilkan lebih banyak lagi kolesterol.

Baca juga : Mengetahui Penyebab Kegagalan Diet dan Cara Diet yang Sehat

Rekomendasi ahli untuk menurunkan dan mengatur kadar kolesterol sebagai berikut

  • Lakukan latihan atau olahraga secara kontinyu misalnya 3 kali dalam seminggu atau Anda bisa melakukan olahraga setiap hari misalnya setengah jam atau selama 1 jam.
  • Kurangi mengkonsumsi gula atau Anda bisa menghilangkannya sama sekali.
  • Konsumsi makanan yang tepat terutama yang mengandung banyak nutrisi.
  • Makanlah dalam porsi yang tidak terlalu banyak.
  • Pastikan makanan Anda banyak mengandung lemak omega 3 hewani yang bisa didapat dari ikan salmon dan beberapa minyak nabati.
  • Hindari merokok dan alkohol.
  • Anda juga harus pandai pandai mengontrol emosi dan mengelola stress.

Apa yang harus dilakukan jika sudah menggunakan obat

Jika saat ini Anda sudah terlanjur menggunakan obat misalnya obat statin, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui mekanisme kerja obat tersebut.

Obat statin biasanya bekerja mengurangi enzim di dalam hati seseorang. Hal tersebut berfungsi untuk mengurangi produksi kolesterol. Akan tetapi, obat statin juga mengurangi produksi koenzim Q10 (CoQ10). Saat seseorang menurunkan produksi CoQ10 maka mereka akan terkena beberapa resiko masalah kesehatan lainnya.

Penuaan dini adalah salah satu efek yang dihasilkan apabila CoQ10 terlalu rendah, karena apabila CoQ10 terlalu rendah, akan sulit bagi tubuh untuk mendaur ulang vitamin C dan juga vitamin E, termasuk juga antioksidan.

Kekurangan CoQ10 juga dapat mempercepat kerusakan DNA. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu menjaga CoQ10. Apabila Anda sudah berada di usia 40 ke atas, para ahli menyarankan bagi Anda yang mengkonsumsi obat penurun kolesterol agar mengambil juga bentuk terinduksi dari koenzim Q10 yang disebut ubiquinol.

Salam sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Kesehatan seorang anak sangat penting untuk orang tua mereka. Tidak terkecuali bagi Anda para ibu-ibu muda yang baru…