Alternatif Cemilan Sehat Untuk Balita

Saat anak sudah merengek minta dibelikan cemilan, biasanya orang tua akan begitu saja menuruti keinginan mereka. Kebanyakan dari mereka percaya bahwa dengan menuruti keinginan anak, merupakan wujud cinta dan kasih sayang mereka. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena beberapa cemilan justru akan membuat anak menjadi tidak sehat dan tidak tumbuh sebagaimana mestinya. Jika demikian, maka orang tua adalah yang bertanggung jawab terhadap kesehatan anak tersebut.

Memberikan cemilan sehat merupakan salah satu alternatif untuk tetap mempertahankan gizi serta asupan vitamin dan juga nutrisi untuk pertumbuhan anak. Walau demikian, tentu Anda masih boleh memberikan anak beberapa cemilan yang mereka inginkan namun tidak terlalu sering.

Baca juga : Tips Memberikan Susu Kepada Bayi Dengan Botol

Berikut adalah beberapa cemilan sehat yang bisa Anda sediakan selalu di rumah maupun di kulkas agar anak bisa mengambilnya kapanpun mereka menginginkannya serta Andapun bisa memberikannya kapan pun.

Yogurt dan Keju

Saat ini produk susu seperti yogurt dan keju sangat mudah ditemukan baik di minimarket maupun di supermarket. Keduanya banyak mengandung protein dan kaya vitamin. Namun perlu Anda ingat bahwa yogurt dan keju yang juga merupakan produk susu tidak boleh diberikan terlalu banyak dan terlalu sering. Mengingat beberapa anak mungkin saat ini mengambil asupan susu setiap hari dari botol mereka.

Jika anak terlalu banyak minum susu formula, atau produk susu seperti yogurt dan keju dapat menyebabkan beberapa masalah di kemudian hari dan salah satunya adalah obesitas.

Biskuit Gandum atau Sereal

Biskuit gandum bisa menjadi alternatif cemilan untuk anak Anda di sela-sela saat mereka bermain. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan sereal untuk anak terutama pada pagi hari atau pada saat mereka menginginkan cemilan.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang paling mudah kita temukan. Kuning telur banyak mengandung colline yang dapat membantu pertumbuhan otak anak. Jika Anda menginginkan anak yang cerdas, cobalah untuk memberikannya telur misalnya tiga atau empat kali dalam seminggu.

Anda bisa mengkreasikan telur menjadi berbagai makanan menarik seperti martabak, omelet maupun dadar gulung. Tambahkan sayur atau buah-buahan agar gizi yang didapatkan akan lebih lengkap.

Biskuit Bolu

Biskuit bolu memiliki cita rasa yang cukup lezat dan banyak diminati oleh anak anak. Kandungan yang dimiliki oleh biskuit bolu cukup baik diantaranya adalah gandum, susu dan seringkali diperkaya dengan vitamin B kompleks, A, D dan E.

Biskuit Susu Khusus Bayi

Biskuit susu khusus yang memang diformulasikan untuk anak juga bisa Anda jadikan sebagai cemilan alternatif dan bisa Anda sediakan selalu di rumah. Di saat anak-anak bermain, Anda bisa memberikannya satu atau dua keping untuk dicemil.

Buah-Buahan

Buah-buahan bisa menjadi cemilan sehat alternatif yang juga harus Anda selalu sediakan di rumah. Buah pisang, buah apel, dan beberapa buah-buahan lain yang mudah ditemukan di pasaran bisa Anda jadikan sebagai alternatif cemilan. Selain itu Anda juga bisa memberikan anak buah-buahan yang mereka sukai.

Baca juga : Alasan Memberi Anak Makanan Organik

Untuk bisa menjadi ibu yang kreatif, sebenarnya bukanlah hal sulit. Terlebih karena saat ini internet sudah merambah ke berbagai wilayah Anda bisa menemukan banyak ide-ide kreatif di internet untuk membuat cemilan sehat yang bermutu bagi anak Anda. Anda bisa merubah cemilan atau makanan anak anak Anda menjadi sesuatu yang mereka sukai seperti bintang, mobil mobilan, atau bentuk-bentuk lucu lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tips Wisata Kuliner Yang Sehat

Mengunjungi berbagai daerah yang akan memberikan Anda getaran-getaran tertentu membuat kita selalu mencintai petualangan dan juga perjalanan. Tidak…