Jika 5 Ciri ini Ada pada Sahabat, Jangan Lepaskan!

Setiap orang pasti mempunyai sahabat. Namun, kadang kala karena alasan yang sepele persahabatan yang sudah terjalin lama bisa menjadi renggang. Bagi Anda yang baru merajut persahabatan, bila menemukan teman yang mempunyai ciri-ciri di bawah ini jadikan ia sahabat selamanya.

1. Selalu Terhubung

Sahabat yang baik tidak perlu selalu ada di samping Anda dalam suka maupun duka seperti yang sering didengung-dengungkan. Mungkin persahabatan yang dimulai atau dijalani pada masa sekolah atau kuliah pada lokasi yang sama memberlakukan hukum ini.

Namun, jika Anda memiliki lokasi yang berbeda saat ini, bukan berarti tidak bisa bersahabat lagi. Anda boleh saja berbeda lokasi namun sahabat sejati akan saling terhubung satu sama lain.

Dengan media sosial yang semakin menjamur baru-baru ini, Anda bebas melakukan komunikasi kapan saja. Anda juga bisa saling mengetahui keadaan satu sama lain dan memberi perhatian lewat media tersebut atau lewat pesan pribadi.

Baca juga : 3 Cara Mencetak Kebahagiaan Setiap Hari

Persahabatan dengan tipe seperti ini memang tidak dekat secara fisik namun mereka selalu available kapanpun dibutuhkan. Jika Anda mendapati sahabat Anda berciri seperti ini, jangan lepaskan!

2. Memaafkan

Dalam persahabatan yang berlangsung lama tentu bukan hanya hal-hal baik saja yang akan terjadi. Beberapa hal buruk juga akan menghiasi waktu-waktu dalam perjalanan persahabatan Anda. Mungkin saja karena ulah orang iseng, gosip yang sebenarnya biasa saja menjadi panas di telinga.

Apalagi hal itu mengenai sahabat yang sudah sangat dekat dengan Anda. Bukan tidak mungkin tanpa pembuktian yang jelas, Anda melakukan tindakan yang berlebihan seperti marah-marah di media sosial misalnya.

Sahabat yang baik pasti memahami bahwa hal-hal semacam ini sering terjadi. Bukan hanya mengklarifikasi yang buruk menjadi lebih enak didengar, sahabat pasti juga akan memaafkan kesalahan atau kekhilafan Anda.

Nah, Anda patut berbahagia dan bersyukur apabila dalam kehidupan Anda sudah menemukan sahabat sejati semacam ini. Satu lagi, jangan lepaskan!

3. Menjaga Rahasia

Ini adalah syarat mutlak seorang sahabat, menjaga rahasia. Percaya atau tidak, “Jangan bilang siapa-siapa” tidak akan berhenti pada satu orang.

Anda yang memiliki sahabat dengan tipe seperti ini bukan berarti harus langsung meninggalkannya. Anda hanya perlu memfilter informasi yang akan Anda berikan. Jadi misalnya terjadi kebocoran yang tidak diinginkan, Anda tidak perlu lagi kebakaran jenggot.

Baca juga : 5 Cara Menjadi Orang yang Menyenangkan

Pasalnya hal ini bisa jadi karena memang sifat sahabat yang tidak bisa diubah. Anda sebagai sahabat yang baik harus pula memahami karakteristik. Namun bagi Anda yang beruntung memiliki sahabat yang benar-benar bisa menjaga rahasia apapun, tetaplah pertahankan dia!

Orang dengan kepribadian yang bisa menjaga rahasia ini, biasanya lebih bisa mengontrol egonya lebih dari pada yang lain. Maka, pertahankan ya!

4. Selalu Mendukung

Manusia kadang kala berlomba satu dengan yang lain karena sesuatu hal. Karir, kedudukan bahkan perhatian orang tua kadang menjadi hal yang perlu diperebutkan. Nah, jika suatu saat Anda menemukan sahabat juga memiliki target yang sama dengan Anda, alangkah baiknya jika Anda berdua bisa saling mendukung.

Misalnya jika Anda menginginkan kerja sebagai copy writer di sebuah perusahaan yang sama. Anda malah bisa belajar bersama dan saling mendukung.

Ingat sahabat yang baik akan merasa bahagia bila yang lain juga bahagia. Ini bukan berarti mengharuskan Anda mundur. Kompetisi yang baik bisa Anda lakukan dan siapapun yang diterima pasti merupakan yang terbaik dari Anda.

Bisa jadi karena Anda berdua sama-sama baik dan memenuhi kualifikasi, perusahaan malah menerima keduanya sebagai partner kerja. Dukungan yang baik tidak perlu ditunjukkan dengan pengorbanan yang dramatis. Anda hanya perlu mendukung satu dan yang lain dan berlapang dada dengan membagi kebahagiaan berdua.

5. Berani Menyalahkan

Jangan terlalu senang jika memiliki sahabat yang selalu tersenyum dan menganggap Anda hanya sebagai bahan inspirasi. Pasalnya sahabat semacam ini malah termasuk sahabat yang tidak memiliki rasa kepedulian yang banyak.

Baca juga : Cara Menikmati Hidup Seperti Anak Kecil

Tidak ada satu manusiapun di dunia ini yang sempurna, Anda pun termasuk di dalamnya. Apalagi jika jelas Anda bersalah lalu sahabat masih saja menenangkan Anda dan menyalahkan pihak lain. Hati-hati dengan sahabat semacam ini.

Bukan tidak mungkin bila semua yang Anda lakukan dianggap benar lalu ketika Anda terjerumus ke jalan yang salah, sahabat tidak mengingatkan bahkan masih mendukung. Satu hal yang penting untuk menjadi sahabat yang baik adalah berani menyalahkan.

Meskipun Anda dalam kondisi terpuruk, jika Anda salah, Anda harus menyadarinya dan menerimanya. Sahabat yang baik bukan menyembunyikan fakta namun bisa membantu Anda melewatinya bersama. Jika sahabat Anda termasuk kategori ini juga, maka sudah pasti pertahankanlah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Rahasia Mengawali Hari yang Hebat

Pernahkah Anda mendengar atau membaca cerita-cerita orang hebat? Apa kebiasaan-kebiasaan mereka? Bagaimana mereka bisa menjalani hari-hari sehebat itu?…

Apakah Hidup Kita Bermakna?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang cukup berat dan sulit untuk dijawab. Sebelum kita berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut,…