Cara Mendapatkan Dukungan Jika Anda Sulit Hamil

Jika Anda memiliki masalah kesuburan, Anda mungkin akan berjuang dengan perasaan yang sedikit tertekan dan sulit diungkapkan. Emosi yang kompleks dan sering menyakitkan banyak ditemui pada ibu-ibu yang bermasalah dengan kesuburan.

Banyak diantara mereka kesulitan untuk memiliki anak dan bahkan setelah mereka melakukan perawatan kesuburan.

Beberapa pasangan yang sudah berusaha untuk memiliki anak, selama bertahun-tahun, seringkali merasa takut, merasa marah dan terkadang terdapat beberapa perasaan bersalah.

Mereka seringkali merasa telah gagal karena belum juga memiliki keturunan. Biasanya depresi atau kecemasan menjadi sangat intens setelah pasangan tersebut melakukan pengobatan kesuburan dan belum juga berhasil.

Walau demikian, memang tidak semua orang yang mengalami masalah dengan kesuburan memiliki perasaan tersebut. Namun bisa dipastikan bahwa sebagian besar akan merasakannya.

Baca juga : Arti Sebuah Keluarga

Mencari Dukungan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesuburan, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah menemukan orang yang berguna, bisa itu teman, keluarga atau siapa saja yang bisa Anda ajak untuk berbicara dan berbagi.

Orang yang bisa mengerti perasaan Anda serta bisa mendukung Anda dalam kondisi yang sulit sekalipun. Banyak orang yang terkadang malu untuk berbagi tentang masalah mereka dengan orang lain.

Baca juga : Tips dan Cara Mengatasi Masalah Keluarga

Namun tahukah Anda bahwa dengan membagi beban maupun perasaan Anda kepada orang lain yang Anda percaya bisa membantu menyelesaikan banyak masalah termasuk juga dalam hal kesuburan. Mungkin saja teman yang Anda percaya tersebut bisa memberikan solusi tepat untuk Anda.

Jika Anda merasa kesulitan untuk berbagi dengan teman atau keluarga, Anda bisa juga bergabung di forum secara anonim untuk mendapatkan beberapa masukan dan juga mendengarkan pengalaman-pengalaman orang di luar sana yang memiliki nasib sama dengan Anda.

Dukungan Selama Pengobatan

Adalah sangat umum sekali setiap orang yang menjalani perawatan kesuburan menjadi stress dan canggung serta malu. Beberapa orang bahkan menemukan perasaan mereka menjadi lebih sulit untuk ditebak dan banyak di antara mereka mengalami rasa cemas yang berlebihan serta depresi.

Setiap klinik yang menawarkan pengobatan kesuburan memang diharuskan untuk menawarkan konseling kepada semua pasien selama dan setelah pengobatan.

Dukungan bisa didapatkan dari dokter yang menangani dan memberikan pengobatan kesuburan kepada Anda. Sangat wajar bagi setiap orang untuk menginginkan kesempatan berbicara maupun mendapatkan informasi mengenai proses dan sejauh mana pengobatan sudah berjalan.

Jadi, selama proses pengobatan kesuburan, ungkapkan perasaan-perasaan yang sangat sulit Anda terima di kehidupan sehari-hari dengan berkunjung ke klinik dokter dan meminta bantuan serta konseling untuk menenangkan perasaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Arti Sebuah Keluarga

Secara harfiah, setiap orang bebas mengartikan apa itu “keluarga”. Kita sering menjumpai arti keluarga yang didefinisikan oleh orang…

Ajak Anak Anda Berbelanja Yuk!

Kegiatan berbelanja bulanan mungkin memang membosankan bagi Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak anak untuk bermain sambil…