6 Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Anak

Kesehatan anak biasanya berkaitan dengan dua hal penting yaitu kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan bisa diartikan sebagai keadaan yang terbebas dari penyakit, baik itu secara fisik maupun mental.

Kesehatan sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berkaitan langsung dengan tubuh dan juga rohani setiap individu. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan seorang anak antara lain sebagai berikut.

Gizi

Faktor makanan merupakan yang paling utama dan paling banyak menentukan kesehatan seorang anak. Apabila seorang anak diberikan gizi seimbang yang bisa memenuhi semua kebutuhan akan nutrisi, bisa dipastikan bahwa anak tersebut akan tumbuh dengan baik dan sehat.

Pertumbuhan anak secara fisik, serta pertumbuhan otak anak dan juga mental mereka sangat dipengaruhi oleh makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Baca juga : Usia Berapa Bayi Boleh Dipijat?

Pengetahuan ibu mengenai gizi bisa memegang peranan penting terhadap perkembangan kesehatan seorang anak. Itulah sebabnya mengapa pada setiap momen di puskesmas daerah atau pusat-pusat kesehatan seperti posyandu selalu diberdayakan beberapa orang yang memberikan penyuluhan mengenai pentingnya perkembangan dan kesehatan anak.

Keluarga

Keluarga menjadi salah satu faktor lain yang mempengaruhi kesehatan anak. Keluarga yang sehat dan menjalankan berbagai aktivitas yang benar serta memiliki hubungan sosial yang baik biasanya juga dapat mempengaruhi kesehatan seorang anak.

Anak akan belajar untuk pertama kalinya dari keluarga yang ia miliki. Semua tingkah laku, bagaimana ia mengkonsumsi makanan, bagaimana ia memilih jenis permainan, bagaimana anak belajar juga dipengaruhi oleh keluarga.

Sebaliknya, anak bisa menjadi sakit baik secara fisik maupun mental juga akibat dari faktor keluarga. Faktor genetik juga memegang peranan penting dalam kesehatan seorang anak. Beberapa anak yang tidak beruntung sering kali membawa beberapa penyakit turunan yang mereka derita seumur hidup.

Kesejahteraan

Kesejahteraan hidup merupakan faktor selanjutnya yang juga mempengaruhi kesehatan anak. Anak yang hidup dari keluarga mampu biasanya memiliki tubuh yang lebih sehat karena makanan dan tempat tinggal yang terjamin membuat mereka lebih bisa untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan.

Lingkungan

Faktor besar yang juga mempengaruhi kesehatan anak adalah lingkungan. Jika lingkungan yang ditempati oleh anak sehat biasanya anak pun akan ikut sehat. Begitu juga sebaliknya apabila seorang anak tumbuh dan besar di lingkungan yang kurang sehat atau lingkungan yang banyak mengandung polusi, bisa dipastikan bahwa anak tersebut pun akan ikut mendapatkan banyak penyakit dan masalah kesehatan.

Budaya

Budaya secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi kesehatan seorang anak. Tidak sedikit di Indonesia atau di masyarakat kita yang masih memiliki dan memegang teguh budaya yang di turunkan oleh nenek moyang.

Faktor budaya merupakan salah satu yang juga memegang peranan penting dalam kesehatan anak. Satu contoh kecil saat anak mengalami sakit, misalnya demam atau sakit perut, budaya biasanya mengarahkan orang tua mereka untuk membawa anak tersebut ke dukun, atau mungkin orang tua akan percaya mengenai hal-hal gaib yang menimpa anak mereka sehingga mereka enggan untuk membawanya ke dokter.

Baca juga : Manfaat Pijat Untuk Bayi

Beberapa budaya juga menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan anak dan bahkan berakibat cukup fatal. Oleh sebab itu sangat penting bagi setiap orang untuk memiliki pengetahuan dan selalu belajar mengenai kesehatan terutama di dunia medis yang modern.

Pendidikan

Faktor yang mempengaruhi kesehatan anak berikutnya adalah pendidikan. Faktor pendidikan juga tidak bisa dikesampingkan dan sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan seorang anak. Pendidikan pertama kali biasanya diberikan oleh keluarga, kemudian sekolah dan juga lingkungan. Selain itu, pendidikan juga akan diberikan oleh pengalaman individu tersebut.

Pendidikan mengenai kesehatan, mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi seorang anak, dan pendidikan yang diberikan oleh orang tua bisa memegang peranan penting dalam kesehatan seorang anak. Dengan pendidikan yang baik, seorang anak bisa menghindarkan dirinya dari hal-hal yang kemungkinan besar merugikan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

Dalam dunia medis kematian bayi mendadak atau yang biasa disebut sudden infant death syndrome (SIDS) bisa disebabkan karena…