Merasakan Sensasi Memetik Buah dari Pohon di Hortimart Agro Center

Hortimart Agro Center merupakan agrowisata kebun buah yang dibangun di lahan seluas 27 hektar yang terletak di pinggir jalan Salatiga-Semarang. Di kebun buah tersebut banyak dibudidayakan berbagai jenis tanaman serta varietas-varietas yang unik.

Selain itu, disediakan pula bibit tanaman yang bisa Anda beli. Serta terdapat Agro Resto yang menyediakan menu-menu makanan dari Hortimart.

Lokasi Hortimart Agro Center

Jika Anda ingin mengunjungi Hortimart Agro Center bisa langsung menuju Jl. Gatot Subroto No. 55, Bawean Gembol, Bawen, Semarang, Jawa Tengah 50661. Atau jika Anda dari arah Semarang menuju Salatiga kebun buah ini berada di sebelah kanan jalan.

Lokasi kebun buah ini sangat mudah ditemukan sebab letaknya di pinggir jalan antara Salatiga-Semarang. Selain itu lokasinya yang luas juga memudahkan Anda menemukan lokasinya.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan menuju kebun buah ini namun belum begitu paham dengan rutenya maka Anda bisa memanfaatkan Google maps dan mengikuti petunjuk jalan yang tersedia di smartphone Anda.

Baca juga : Daftar 5 Tempat Wisata Populer di Bogor

Selain itu banyak papan petunjuk arah yang terpasang di pinggir jalan yang dapat membantu Anda mempermudah menuju lokasi kebun buah.

Untuk sampai ke lokasi Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Namun bagi Anda yang memilih menggunakan kendaraan umum bisa naik bus sampai di terminal Terboyo setelah itu bisa dilanjutkan naik oplet atau ojek.

Hortimart Agro Center dibuka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu tanpa hari libur. Jam buka masuk ke kebun buah ini mulai pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 16.00 WIB. Kebun buah ini sangat ramai dikunjungi pengunjung ketika musim libur tiba, seperti libur sekolah atau libur hari besar lainnya, serta Sabtu-Minggu.

Nah, sebaiknya jika Anda ingin berkunjung dianjurkan pada hari biasa mulai Senin sampai Jumat di mana jumlah pengunjung terhitung normal. Hal ini untuk menghindari berdesak-desakan dengan pengunjung lain sehingga akan mengurangi kenyamanan Anda saat berkunjung.

Harga Tiket Masuk dan Parkir di Hortimart Agro Center

Setelah menempuh perjalan melalui jalanan yang telah diaspal dan sangat nyaman dilalui akan memasuki kawasan Hortimart Agro Center akan segera disambut oleh patung besar petani membawa obor yang bertuliskan “Hortimart-Obor Tani”. Terdapat Agro Mart di sekitar patung tersebut.

Para pengunjung bebas membeli hasil produksi Hortimart yang dihasilkan dari kebun buah. Di Agro Mart telah disediakan berbagai jenis bibit tanaman yang ditanam dalam polibag kecil agar mudah dibawa pulang. Harga yang dibandrol untuk tiap bibit tanaman berbeda-beda tergantung dari jenis serta umur tanaman.

Kita kembali ke rute perjalanan menuju kebun buah. Setelah memasuki wilayah kebun, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi telah disediakan lahan parkir yang luas dan nyaman. Terlihat beberapa petugas parkir yang bersiaga bertugas merapikan serta menjaga keamanan kendaraan Anda. Setelah memarkirkan motor atau mobil Anda perlu membayar tiket parkir.

Tiket parkir dihargai Rp.2000 untuk motor, serta Rp.5000 untuk mobil. Kita lanjutkan perjalanan masuk ke Hortimart Agro Center. Anda harus membayar tiket masuk yang tidak terlalu mahal hanya sebesar Rp.10.000 per orang untuk Horti Tour, serta Rp.25.000 per orang untuk Horti Paradise dan Horti Safari.

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau Anda suda bisa berkeliling sepuasnya di area kebun buah yang dibangun di lahan seluas 27 hektar.

Jenis Buah di Hortimart Agro Center

Kebun buah yang berlokasi di Semarang ini memiliki luas area sekitar 27 hektar. Dengan wilayah seluas itu terbayang kan berapa banyak pohon buah yang bisa ditanam di area kebun.

Buah yang menjadi primadona Hortimart Agro Center adalah durian. Sebagai primadona, durian memiliki porsi kavling paling besar serta berbagai varietas durian ditanam disini.

Salah satu varietas durian yang paling digemari disini adalah jenis musang king yang sering ditayangkan di acara televisi negeri jiran kita yaitu Upin Ipin. Ada lagi jenis durian dari nama tokoh pewayangan seperti durian Srikandi, durian Petruk, serta durian Baladewa.

Baca juga : Daftar Tempat Wisata Populer di Bali

Yang lebih unik lagi dari durian jenis pewayangan tersebut ada salah satu pohonnya yang berumur lebih dari 70 tahun namun hingga saat ini masih tetap aktif berbuah.

Selain berbagai jenis durian hidup di kebun buah ini masih banyak lagi jenis buah lainnya yang juga tumbuh subur seperti jeruk, nangka, mangga, kelengkeng, papaya, delima, markisa, buah naga, rambutan, serta masih banyak lagi jenis buah tropika khas Indonesia yang tumbuh subur di kebun buah ini.

Pembudidayaan tanaman buah di sini banyak yang dilakukan dengan sistem sambung pucuk, sehingga banyak jenis buah lokal dengan kualitas yang baik.

Di tempat ini terdapat pula tanaman kelapa dari berbagai jenis. Salah satu pohon kelapa yang tumbuh di sini adalah pohon kelapa yang sangat rendah bahkan untuk mengambil buahnya tidak perlu menggunakan galah.

Jenis pohon kelapa itu adalah hasil persilangan dari dua macam jenis kelapa. Kelapa tersebut memiliki aroma yang sangat wangi mirip aroma daun pandan sehingga kelapa tersebut dinamakan kelapa pandan. Kabarnya kelapa ini tetap memiliki degan atau air kelapa muda yang segar meski kelapanya sudah tua.

Untuk masalah pupuk yang digunakan dalam proses pemupukan tanaman, Hortimart Agro Center menerapkan pupuk organik yang sangat ramah lingkungan dan dibuat sendiri. Penggunaan pupuk organik bertujuan agar buah yang dihasilkan juga sangat sehat tidak tercemar bahan kimia sedikitpun.

Yang lebih menarik lagi yaitu dalam sistem irigasi di kebun buah ini menerapkan 3 embung atau yang lebih dikenal dengan sistem kolam besar yang berfungsi menampung air hujan ketika musim penghujan.

Air yang ditampung pada kolam besar ini nantinya akan dimanfaatkan ketika musim kemarau tiba. Seluruh pengairan yang ada di lokasi kebun buah ini memanfaatkan air hujan tersebut. Inilah rahasianya mengapa meski musim kemarau telah tiba namun pohon buah di kebun ini tetap tumbuh subur.

Pengunjung akan diajak menjelajah kebun buah dengan bantuan Tour Guide yang akan memandu pengunjung serta memberi pengetahuan baru mengenai komoditas-komoditas buah. Fasilitas ini disediakan dalam paket Horti Safari.

Selain itu terdapat pula paket Horti Paradise di mana para pengunjung dapat merasakan sendiri sensasi panen buah sendiri. Bagi pengunjung yang membeli tiket ini akan merasakan menjelajah kebun buah yang dipandu oleh Tour Guide serta dapat merasakan sensasi panen buah sendiri.

Upaya Perspektif Berkelanjutan dari Hortimart Agro Center

Beberapa upaya juga dilakukan dari berbagai segi seperti segi usaha dan pertanian. Usaha dilakukan dalam 3 pilar keberlanjutan. Ketiga upaya tersebut mencakup people atau segi manusia yang mengandalkan segi sosial, profit mengandalkan penelaahan dalam bidang ekonomi, serta planet yang mengandalkan dari segi lingkungan.

Baca juga : Tips Jalan Jalan Ke Solo

Berbagai pilar yang diterapkan kebun buah ini dibuat demi menjaga kelangsungan dan kelestarian tempat ini. Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari Hortimart ini selain bermanfaat bagi seluruh pekerja serta warga sekitar untuk meningkatkan taraf perekonomian juga memberi manfaat bagi para pengunjung.

Berikut penjelasan ketiga pilar tersebut.

Nilai Sosial di Hosting Agro Center

Berbagai produk unggulan yang dihasilkan telah melewati berbagai proses mulai dari persiapan bahan baku, proses pengolahan dari bahan baku menjadi produk olahan, sampai proses pemasaran untuk menghasilkan nilai ekonomi tinggi.

Tentunya bukan hanya membutuhkan bahan baku kualitas tinggi namun juga sangat membutuhkan tenaga kerja yang berperan sebagai penggerak kegiatan usaha.

Tenaga manusia yang handal dan profesional dibutuhkan mulai dari penanaman bibit, budidaya atau perawatan, pemupukan dan pemanenan, pengolahan, serta pemasaran. Hingga saat ini kebun buah ini telah mempekerjakan lebih dari 200 tenaga kerja untuk membantu sistem produksi di Hortimart.

Sejumlah karyawan yang bekerja merupakan tenaga kerja dari daerah sekitar kebun buah ini. Terdapat pula pekerja yang berasal dari luar daerah atau bahkan luar pulau.

Selain itu, pengalaman edukasi juga ditawarkan Hortimart yang ditujukan untuk para pengunjung. Anda dapat memahami tentang jenis-jenis pohon buah yang beraneka ragam di tempat ini.

Harapan lain juga ditujukan untuk peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat sekitar yang banyak bekerja di kebun buah ini. Secara tidak langsung keberadaan Hortimart memberi dampak terhadap lingkungan sosial di sekitar Hortimart.

Nilai Ekonomi Tinggi di Hortimart Agro Center

Di lahan seluas 27 hektar sebanyak 90 % lahan ditanami berbagai jenis buah dengan varietas yang berbeda namun tetap menawarkan rasa yang berkualitas tinggi. Sedangkan 10 % lahan dimanfaatkan untuk menanam aneka sayur.

Aneka sayur ditanam sebagai upaya meningkatkan nilai ekonomi kebun buah ini. Penanaman sayur itu sendiri dilakukan dengan baik menggunakan sistem pengelompokan-pengelompokan berdasarkan jenis tanaman.

Kebun buah ini juga dapat menghasilkan nilai ekonomi dari berbagai macam produk yang dihasilkan. Beragam produk dipasarkan serta dijual guna menunjang keberlanjutan usaha, seperti dibangunnya Agro Mart yang menjual hasil olahan produk Hortimart.

Beberapa upaya lain juga dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomi seperti makanan dan minuman yang dihasilkan oleh Agro Resto. Resto ini menyediakan menu yang diantaranya merupakan hasil dari olahan produk Hortimart.

Baca juga : Daftar 5 Tempat Wisata Populer di Jogja

Berbagai perbaikan fasilitas terus dilakukan, serta pelayanan yang baik kepada pengunjung dilakukan untuk membangun citra positif dari pengunjung sebagai upaya mempromosikan Hortimart keluar.

Diharapkan berbagai nilai positif dari tempat ini mampu menarik pengunjung lebih banyak lagi melalui berbagai promosi yang tentunya juga terus dilakukan.

Nilai Lingkungan di Hortimart Agro Center

Aspek yang ketiga di Hortimart Agro Center ini ditujukan pada nilai lingkungan atau planet. Hortimart turut mengembangkan nilai lingkungan dalam pengelolaan kebun buah. Hal ini ditunjukan dengan adanya embung atau kolam besar yang berfungsi menampung air hujan pada saat musim penghujan.

Air hujan tersebut kemudian akan dimanfaatkan ketika musim kemarau tiba sebagai pengairan di perkebunan ini. Cara inilah yang menyebabkan pohon buah serta tanaman di Hortimart ini tetap tumbuh subur meski dalam kondisi musim kemarau.

Selain itu, pembuatan embung atau kolam besar ini juga bertujuan untuk menekan biaya produksi. Ketika Anda memilih paket Horti Tour Anda akan diajak berkeliling kebun buah ini dan dapat melihat embung atau kolam besar ini.

Pemanfaatan lingkungan lainnya juga dilakukan dengan cara memanfaatkan lahan kosong sebagai media penanaman sayuran yang ditanam menggunakan sistem pengelompokan berdasarkan jenis tanaman.

Selain itu pemanfaatan lahan-lahan kosong dengan menanam tanaman pagar serta berbagai jenis tanaman kecil lainnya dengan tujuan untuk mengoptimalkan lahan yang ada serta meningkatkan produksi lahan yang digunakan.

Menikmati Belanja Buah di Agro Mart serta Menikmati Vegan Menu di Green Resto

Setelah lelah berkeliling seharian di kebun buah Hortimart Agro Center, destinasi wisata ini menawarkan banyak kegiatan. Anda dapat merasakan sensasi memetik buah sendiri serta wisata edukasi mengenai pohon buah yang ada di tempat ini.

Setelah memetik buah langsung dari pohon, tibalah saatnya para pengunjung dipersilahkan belanja berbagai macam buah dari hasil kebun buah di Agro Mart.

Hampir semua jenis buah lokal serta buah tropika khas Indonesia di pajang serta dijual di tempat ini. Buah yang dijual di sini terlihat segar, dan memiliki ukuran yang lumayan besar.

Beberapa buah yang tersedia seperti buah jeruk, buah naga, buah mangga, buah salak, buah belimbing, si primadona buah durian berbagai varietas, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Di Agro Mart juga disediakan berbagai olahan buah seperti sirup, keripik, serta ice cream yang dibuat oleh usaha rumahan warga sekitar lokasi kebun buah.

Setelah puas memilih buah yang akan dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk teman, keluarga atau tetangga sekitar, Anda dapat mengisi perut yang kosong di Green Resto yang disediakan Hortimart.

Berbagai menu lezat tersedia di Green Resto. Pada saat akhir pekan serta tanggal merah tersedia menu spesial yaitu menu vegetarian. Menu sehat dan murah ini bisa Anda makan sepuasnya hanya dengan membayar Rp.30.000.

Green Resto ini juga menyediakan menu non vegetarian dengan beragam menu pilihan yang lezat. Di tempat ini tersedia juga aneka minuman dan jus yang dibuat dari buah-buahan yang dipetik dari kebun buah.

Baca juga : Daftar 5 Tempat Wisata Populer di Bandung

Di tempat ini disediakan pula playground untuk anak-anak supaya tidak merasa bosan saat menunggu Anda melakukan kegiatan di kebun buah, Agro Mart, serta Green Resto.

Bagi Anda yang ingin membeli bibit buah juga disediakan toko bibit yang menjual berbagai macam bibit buah yang ditanam dalam pot-pot kecil serta polibag. Selain berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan jangan lupa untuk berfoto di lokasi yang keren untuk memenuhi galeri liburan Anda.

Itulah beberapa ulasan mengenai Hortimart Agro Center yang memberikan sensasi memetik buah sendiri. Selain itu berbagai kegiatan lain juga bisa Anda lakukan. Serta Anda juga bisa menikmati wisata edukasi mengenai pohon buah yang ada di tempat ini.

Berbagai buah ditanam ditempat ini dengan primadonanya yaitu durian. Anda juga bisa menikmati berbagai menu makanan sehat ala Green Resto serta dapat berbelanja buah di Agro Mart. Jangan lupa untuk segera datang dan berkunjung ke Hortimart Agro Center yang terletak di kota Semarang ini.

Selamat berkunjung dan berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Pilihan Hotel Bintang 4 di Bandung

Berkunjung ke kota Bandung untuk berwisata, berbisnis atau untuk berbelanja merupakan hal yang sangat menyenangkan terlebih kota ini…

Tips Jalan Jalan Ke Solo

Jalan-jalan ke Solo atau berwisata ke Solo, beberapa tahun belakangan ini semakin banyak diminati baik oleh wisatawan lokal…