Penting! Bahayakah Jika Jatuh Selama Kehamilan?

Jatuh selama kehamilan memang sedikit mengkhawatirkan dan membuat ibu cemas. Namun, jatuh selama kehamilan bisa dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari posisi jatuh, penyebab jatuh dan di mana Anda jatuh.

Saat ibu hamil terjatuh, sebenarnya apabila mereka terjatuh ke belakang atau ke samping dan menyebabkan rasa nyeri di bagian punggung tidaklah terlalu bermasalah.

Namun apabila ibu hamil terjatuh ke depan dan mengenai perut terlebih dahulu, ada banyak hal yang akan melindungi bayi di dalam kandungan Anda mulai dari air ketuban, lapisan lemak, otot perut dan juga dinding rahim yang tebal.

Baca juga : Masa Kehamilan Trimester Pertama dan Kegiatan yang Perlu Anda Lakukan

Bahaya terjatuh pada saat hamil bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor penting diantaranya adalah usia ibu hamil misalnya berusia 35 tahun ke atas biasanya rentan sehingga harus memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, faktor posisi terjatuh apakah ke depan atau ke belakang juga berpengaruh.

Faktor lain yang juga berpengaruh adalah usia kehamilan. Biasanya usia kehamilan trisemester ketiga lebih berbahaya dibandingkan dengan apabila terjatuh di usia trisemester pertama kehamilan. Selanjutnya permukaan ke mana Anda jatuh apakah keras atau lembut bisa berpengaruh.

Apabila seorang ibu hamil terjatuh, dan menemukan beberapa kondisi kesehatan misalnya seperti rasa pusing atau sesak nafas, rasa sakit yang berlebihan di bagian perut, kontraksi, kebocoran cairan ketuban, pendarahan atau keluar bercak serta apabila bayi di kandungan Anda tidak bergerak atau gerakannya berkurang maka hal tersebut patut untuk diwaspadai.

Disamping itu, ada beberapa kesalahpahaman yang sering kita temui mengenai terjatuhnya seorang ibu hamil.

  • Jatuh akan menyebabkan keguguran
  • Terjatuh akan merusak rahim atau saluran tuba
  • Otak bayi mungkin akan mendapat pengaruh dari akibat terjatuh
  • Bayi mungkin akan patah

Sebagian besar kesalahpahaman di atas yang tertuang dalam 4 poin penting tersebut membuat seorang ibu khawatir dan cemas. Mungkin juga kesalahpahaman di atas disebabkan karena Anda kebanyakan menonton sinetron.

Cobalah untuk tidak mempercayai hal di atas karena kemungkinannya sangat sangat kecil sekali.

Menghindari Terjatuh

Seorang ibu hamil memang mudah terjatuh karena beberapa hal mulai dari faktor gravitasi yang berpindah, karena beban yang berat di area tengah terutama di bagian pinggang dan perut, karena pembengkakan pada kaki, serta karena kehilangan keseimbangan akibat rasa pusing.

Kecelakaan memang tidak pernah bisa kita prediksi. Tindakan pencegahan dapat diambil untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan. Resiko yang berkaitan dengan kecelakaan bisa ditekan tentunya dengan selalu berhati-hati.

Cobalah untuk mengikuti beberapa tips berikut ini agar Anda tidak mudah terjatuh selama kehamilan.

  • Gunakan sepatu yang datar dan nyaman. Apabila Anda menggunakan sendal atau sepatu, pastikan bahwa sendal dan sepatu Anda tidak memiliki alas yang terlalu licin saat menginjak permukaan tertentu.
  • Hindari penggunaan sepatu yang memiliki hak karena dapat mengurangi keseimbangan.
  • Perhatikan lubang yang ada di jalan. Demikian pula saat Anda berjalan di permukaan yang halus dan licin atau saat berjalan di mall karena biasanya permukaan yang selalu dipel akan menjadi sangat licin dan berbahaya. Apabila Anda berjalan di permukaan yang halus dan licin cobalah untuk memperlambat jalan Anda dan memastikan langkah Anda.
  • Saat Anda berada di tangga atau eskalator, selalu berpegangan pada handle atau dukungan yang ada di sebelah kiri atau kanan.
  • Apabila Anda harus berolahraga, batasi olahraga Anda hanya dengan olahraga yang benar-benar aman untuk ibu hamil.

Baca juga : Cara Mengatur Pola Makan Saat Hamil

Selain tips di atas, Anda juga harus memiliki rasa takut pada diri Anda apabila dapat merugikan anak Anda saat terjatuh. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih berhati-hati dan menjaga keselamatan Anda.

Jika diperlukan, konsultasikan dengan dokter Anda dan dapatkan pemeriksaan apabila terjadi sesuatu akibat kecelakaan atau terjatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

Dalam dunia medis kematian bayi mendadak atau yang biasa disebut sudden infant death syndrome (SIDS) bisa disebabkan karena…

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak…