Tanamkan 3 Kebiasaan Ini Agar Tujuan Selalu Tercapai

Setiap orang selalu memiliki mimpi dalam kehidupannya. Mimpi yang dimaksud bukan bunga tidur yang setiap malam dialami melainkan adalah tujuan hidup. Kebanyakan orang sukses telah mengetahui tujuan hidupnya dan ia hanya tinggal menjalankan kesehariannya dan berjalan menuju tujuannya.

Itu artinya setiap kesuksesan pasti memiliki tujuan akhir atau pos terakhir. Jika Anda sudah menginjakkan kaki di pos akhir tersebut, Anda sudah bisa mengklaim diri dengan kesuksesan.

Itu analogi yang mudah untuk menggambarkan kesuksesan. Namun tidak semudah analoginya, kesuksesan diperoleh jika tekun berjalan pada track yang tepat dan dengan cara yang tepat.

Dengan demikian, Anda tidak akan tersesat dan salah jalan namun bisa semakin dekat dengan kesuksesan. Jika Anda sudah memilki tujuan akhir atau pos akhir kesuksesan, 3 kebiasaan ini wajib Anda terapkan untuk mencapainya.

Baca juga : 7 Cara Paling Efektif Untuk Mengurangi Rasa Cemas

3 Daftar Pagi

Orang yang sukses biasanya selalu mengawali hari lebih pagi dari yang lain. Di pagi hari, Anda bisa merasakan rasa syukur yang lebih dari waktu-waktu biasanya. Di udara yang masih jernih dan sejuk, Anda wajib membuat 3 daftar pagi. Daftar ini sebenarnya adalah destinasi atau tujuan harian Anda. Misalnya pada hari itu Anda berencana membayar angsuran mobil, menyelesaikan laporan A dan yoga.

Buatlah semacam daftar yang bisa Anda lihat kapan saja. Dengan 3 daftar tersebut, Anda lebih fokus untuk menjalani hari. Pola pikir Anda seperti diarahkan untuk memenuhi daftar tersebut. Anda juga tidak bingung dan bisa meminimalisir rasa malas. Hal ini terjadi karena dalam alam bawah sadar Anda sudah di setting untuk memiliki tujuan. Orang yang memiliki tujuan cenderung selalu beraktivitas dari pada orang yang mengalir mengikuti arus.

Baca juga : Ups! Benarkah Anda adalah Orang yang Terlalu Santai?

Peraturan 50/10

Peraturan ini maksudnya memberi ruang diri untuk beristirahat selama 10 menit setelah melakukan aktivitas 50 menit. Hal ini dimaksudkan untuk tidak memforsir diri untuk menggapai sesuatu dan melupakan kesehatan. Bagi Anda yang setiap harinya bekerja di depan layar monitor, ini bahkan kurang cukup karena anjurannya adalah 20/20. Jadi, 20 menit memandang layar dan 20 detik memandang sejauh 6 meter.

Namun dengan 50/10 ini saja sebenarnya cukup untuk menjaga tubuh agar tidak terforsir pada pekerjaan. Otak dan anggota tubuh lain akhirnya tidak mengalami kelelahan yang berlebihan. Banyak orang menggapai tujuannya dengan cara yang salah misalnya dengan kerja lembur setiap hari dan mengurangi waktu istirahat. Pada akhirnya kebiasaan seperti ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan jangka panjang misalnya stroke, jantung, gangguan pencernaan dan lainnya.

Refleksi Harian

Pada akhirnya apapun yang terjadi pada hari itu tutuplah dengan refleksi harian. Refleksi ini artinya Anda melihat daftar pagi, apakah tercapai atau tidak. Bagaimana ia tercapai dan bagaimana bisa tidak tercapai. Hal-hal tersebut kemudian Anda refleksikan sebagai bahan perenungan dan pertimbangan untuk melangkah esok hari. Ingat, bukan hanya hal-hal yang tidak tercapai saja yang Anda refleksikan, namun semuanya. Dengan demikian, Anda mengerti alasan Anda berhasil dan tidak.

Baca juga : Apakah Hidup Kita Bermakna?

Anda juga bisa menambahakan refleksi lain tentang kehidupan yang Anda alami hari itu. Refleksi adalah sebuah perenungan yang membantu Anda menyusun memori sadar maupun bawah sadar. Dengan refleksi, Anda setiap hari belajar memperbaharui diri dan tidak terjatuh di lubang yang sama. Maka tujuan hidup Anda akan semakin terarah dan mudah tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Rahasia Mengawali Hari yang Hebat

Pernahkah Anda mendengar atau membaca cerita-cerita orang hebat? Apa kebiasaan-kebiasaan mereka? Bagaimana mereka bisa menjalani hari-hari sehebat itu?…