Masa Kehamilan Trimester Pertama dan Kegiatan yang Perlu Anda Lakukan

Dalam kehamilan, ada 3 masa yang dibagi setiap 3 bulan yang sering dikenal dengan trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga yang kesemuanya memiliki perbedaan baik dalam perubahan fisik serta emosi.

Dan berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat masa awal kehamilan Anda yang disebut trimester pertama atau 3 bulan pertama awal kehamilan.

Bulan Ke-1 di Masa Kehamilan Trimester Pertama

Pada bulan pertama ini, kantung ketuban mulai terbentuk dan berisi air yang cukup penuh dan akan membantu melindungi tubuh embrio hingga waktu melahirkan tiba. Selain itu, pada trimester pertama plasenta juga berkembang. Plasenta bermanfaat untuk mentransfer nutrisi dari ibu ke bayi. Selain itu, plasenta juga digunakan untuk membuang limbah dari bayi.

Baca juga : Cara Mengatur Pola Makan Saat Hamil

Bentuk embrio pada satu bulan pertama masih tampak seperti kecebong yang memiliki ekor. Namun mata sudah terlihat berbentuk lingkaran berwarna hitam, mulut, rahang dan tenggorokan juga sudah mulai berkembang. Begitu juga dengan sel darah mulai terbentuk dan akan menjalankan sirkulasi.

Pada umumnya, di akhir bulan pertama kehamilan embrio akan memiliki panjang sekitar 6-7 mm sama dengan seperempat inci dan ukurannya sama dengan sebutir beras.

Kegiatan Kehamilan pada Bulan Pertama

Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan pada bulan pertama antara lain, melakukan tes kehamilan. Melakukan tes kehamilan sendiri di rumah dengan menggunakan test pack biasanya cukup efektif untuk mendeteksi kehamilan.

Saat Anda sudah mulai merencanakan kehamilan dan mendapatkan kabar baik dari hasil tes Anda, mulailah untuk menjaga makanan dan minuman yang Anda konsumsi serta hindari kerjaan yang terlalu berat.

Mulailah dengan mengkonsumsi vitamin prenatal untuk mendapatkan asam folat dalam jumlah yang cukup.

Bulan ke-2 di Masa Kehamilan Trimester Pertama

Pada bulan kedua kehamilan embrio akan terus berkembang dan telinga akan mulai muncul terlihat seperti lipatan kecil di sisi kepala. Kemudian tampak tunas kecil yang kemudian tumbuh menjadi lengan dan kaki. Selain itu jari-jari tangan dan jari-jari kaki serta mata mulai terbentuk dengan lebih baik pada bulan kedua kehamilan.

Tabung saraf seperti otak, sumsum tulang belakang, jaringan saraf lain juga mulai terbentuk pada bulan kedua kehamilan. Tidak hanya itu, saluran pencernaan dan organ sensorik mulai berkembang. Tulang yang lebih kuat atau tulang solid mulai menggantikan tulang rawan, embrio mulai bergerak meskipun ibu biasanya belum bisa merasakannya.

Pada akhir bulan kedua bayi sudah berbentuk seperti janin memiliki panjang sekitar 2-5 cm atau sama dengan 1 inchi. Beratnya mencapai 9-45 gram atau setara dengan sepertiga ons. Dan biasanya pada bulan kedua kehamilan tersebut sepertiga dari ukuran bayi adalah kepalanya.

Kegiatan pada Bulan Kedua Kehamilan di Trimester Pertama

Pada bulan kedua kehamilan, mulailah untuk menemukan seseorang yang cocok untuk Anda jadikan sebagai pembimbing atau pengasuh. Berbicaralah dengan kerabat atau teman, mintalah saran mereka atau rekomendasi bidan yang baik dan cocok untuk Anda. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga makanan yang Anda konsumsi dengan baik.

Bulan Ke-3 di Masa Kehamilan Trimester Pertama

Pada akhir bulan ketiga biasanya bayi sudah sepenuhnya berbentuk. Bayi memiliki lengan, jari, kaki, mulut, kuku, dan telinga juga sudah mulai tampak lebih nyata pada bulan ini, reproduksi bayi juga akan mulai berkembang namun biasanya jenis kelamin bayi masih sulit untuk ditentukan melalui USG.

Baca juga : 6 Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Anak

Sistem peredaran darah dan urin bekerja dengan baik, kemudian hati sudah mulai menghasilkan empedu. Pada bulan ketiga bayi berukuran sekitar 7-6 cm hingga 10 cm dengan berat bayi biasanya mencapai 28 gram.

Kegiatan yang Perlu Anda Lakukan pada Kehamilan Bulan Ke-3

Beberapa kegiatan yang harus Anda lakukan pada kehamilan akhir trimester pertama ini antara lain, jika Anda adalah seorang perokok mulailah untuk berhenti merokok. Ganti dengan mengkonsumsi suplemen, obat-obatan harus dihindari dan berkonsultasilah dengan dokter jika akan mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Lakukan beberapa latihan termasuk juga stretching, membiasakan tidur siang, kelola stres, bergaullah dengan teman maupun kerabat Anda untuk mengurangi rasa gugup karena perubahan-perubahan yang terjadi.

Selamat menikmati kehamilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like