Aneka Khasiat Sayur Bayam Bagi Kesehatan

Jika berbicara sayur bayam, pasti kita ingat dengan film kartun popeye yang menjadikan bayam sebagai sumber energi. Sebenarnya pada kenyaataanya pun bayam merupakan jenis sayur yang berkhasiat dan memiiki manfaat yang bagus bagi tubuh kita sebagai sumber tenaga untuk kita melakukan aktifitas sehari-hari.

Bayam sendiri dalam bahasa latin sering disebut dengan juga Amaranthus yang berasal dari Amerika, walaupun bayam tidak berasal dari Indonesia sayuran ini sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Pada umumnya orang Indonesia mengolah sayur bayam untuk dijadikan sup dan osengan yang bisa menjadi teman makan nasi. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh pakar gizi menyatakan bahwa bayam mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin K, vitamin A, folat, protein, mangan, kalsium dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu bayam juga mengandung kalori yang sangat rendah sehingga sangat cocok untuk menurunkan kadar kolesterol. Banyaknya kandungan yang tersimpan dalam bayam, secara tidak langsung menjadikan bayam mempunyai banyak manfaat kesehatan yang bagus untuk tubuh.

Dibawah ini saya hadirkan manfaat bayam untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dari hasil penelitian, di dalam bayam terdapat 33,7% vitamin A yang bermanfaat untuk melancarkan saluran kemih, membran muksa dan saluran pernapasan. Dan yang terpenting bayam dapat melindungi dan memperkuat “entry point” ke dalam tubuh.

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami tekanan darah tinggi, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur bayam. Sebab bayam sendiri mengandung folat yang mampu menurunkan tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah sehingga aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Menyehatkan Kulit

Salah satu masalah kulit yang sering dialami kalangan anak muda yaitu jerawat dan kulit kusam. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah tersebut, solusinya yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur bayam. Kandungan vitamin A yang tinggi pada bayam dapat membantu kesehatan kulit terutama masalah jerawat bahkan hingga keriput.

Baca juga : Pilihan Makanan Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Meningkatkan Memori Otak

Pemasalahan bagi orang yang sudah lanjut usia yaitu kurangnya daya ingat, bayam mempunyai kandungan nutrisi yang mampu meningkatkan daya ingat sehingga Anda tidak mudah lupa.

Bagus untuk Pertumbuhan Anak

Jika Anda menginginkan Anda mempunyai pertumbuhan yang bagus, kenalkan anak dengan sayuran bayam. Maksud mengenalkan di sini yaitu melatih anak untuk mengkonsumsi sayur bayam, sebab kandungan zat besi dan mineral yang ada pada bayam baik bagi pertumbuhan anak.

Melawan Penyakit Kanker

Saat ini salah satu penyakit menakutkan bagi semua orang yaitu kanker, jadi tidak heran banyak orang berusaha untuk mencegah kanker ini. Menurut penilitian mengkonsumsi bayam dapat melawan penyakit kanker karena bayam mengandung flavonoid tinggi dan memiliki sifat anti-kanker.

Mencegah Osteoporosis

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa bayam mengandung berbagai macam vitamin salah satunya vitamin K. Dari hasil penelitian bahwa mengkonsumsi 100 gram bayam dapat memenuhi 200% kebutuhan vitamin K yang diperlukan tubuh. Dan vitamin K sendiri dapat memperkuat dan menjaga kesehatan tulang kita.

Nah demikianlah beberapa manfaat dari sayur bayam yang perlu Anda ketahui. Bagaimana apakah sekarang Anda sudah berminat untuk mengkonsumsi sayur bayam? Dalam sebuah film kartun popeye, bayam menjadi simbol kekuatan di mana popeye akan memiliki kekuatan super setelah mengkonsumsi sayur bayam dan kami harap Anda pun demikian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Usia Berapa Bayi Boleh Dipijat?

Memberikan manfaat pijatan kepada bayi untuk merangsang hormon, membantu tumbuh kembang bayi, serta memberikan kedekatan kepada ibu, ayah…