10 Jenis Makanan Wajib Dimakan Ibu Hamil

Tanda hamil, itu tidak selalu berarti bahwa Anda harus memakan makanan dengan jumlah dua kali lipat dibandingkan biasanya. Namun Anda hanya perlu menambah sedikit saja. Wanita yang tidak hamil membutuhkan sekitar 1000 hingga 1200 kalori. Jika Anda hamil, Anda cukup menambahkan sekitar 300 kalori saja.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari makanan yang Anda konsumsi sepanjang hari. Selain untuk diri Anda, makanan tersebut juga tentunya sangat penting untuk bayi yang ada di dalam kandungan. Memperhatikan gizi nutrisi selama kehamilan merupakan bagian terpenting dari pengetahuan yang wajib Anda miliki.

Makanan untuk dua orang yang sering kita dengar sebenarnya adalah mitos belaka. Pada semester pertama, wanita hamil tidak perlu makan terlalu banyak kalori ekstra. Selama kehamilan memang sangat dianjurkan bagi wanita untuk mengkonsumsi zat besi, Vitamin A, Vitamin B, dan juga Vitamin C serta asam folat, magnesium dan seng.

Biasanya saat hamil rasa dan juga bau makanan bisa membuat ibu hamil sangat sensitif. Hal tersebut biasanya dipicu karena hormon yang terjadi pada ibu hamil.

Baca juga : Pilihan Makanan Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Berikut adalah beberapa makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil jika menginginkan bayi mereka tetap sehat dan juga untuk memperlancar proses persalinan serta menjaga agar tubuh tetap sehat selama kehamilan.

Pisang

Pada trimester pertama mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang cukup selama berminggu-minggu di awal kehamilan akan membantu mengatasi rasa mual. Selain itu pisang juga dikenal sebagai sumber Vitamin B6, Vitamin C, kalium dan mengandung banyak serat.

Bayam

Sayuran berdaun hijau biasanya kaya asam folat. Pada awal kehamilan, untuk mencegah cacat tabung saraf atau cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang bayi, Anda membutuhkan banyak sayur sayuran berdaun hijau seperti bayam. Bayam banyak mengandung serat, Vitamin C dan juga Vitamin K.

Kacang

Untungnya sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa kacang merupakan sumber protein yang sangat baik. Hampir 40 persen dari wanita hamil akan mengalami sembelit pada beberapa saat. Hal tersebut memang normal dan dipengaruhi oleh tekanan pada rahim. Disinilah fungsi penting kacang yang akan membantu Anda mendapatkan pencernaan yang lebih baik. Selain itu kacang juga dikenal sebagai sumber zat besi dan kaya asam folat.

Kacang kacangan adalah sumber protein dan lemak yang sangat baik bagi jantung. Jika Anda ingin membuat cemilan, cobalah untuk membuat cemilan dari kacang karena banyak mengandung lemak sehat, protein dan juga serat.

Baca juga : Cara Mendapatkan Dukungan Jika Anda Sulit Hamil

Paprika

Vitamin C bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di dalam tubuh Anda selama kehamilan. Paprika merah memiliki dua kali jumlah kandungan vitamin C dibandingkan dengan paprika hijau.

Telur

Bagi Anda yang ingin memiliki anak cerdas, jangan lupa untuk mengkonsumsi telur terutama karena kuning telur banyak mengandung choline.

Pepaya

Pepaya adalah tumbuhan tropis yang banyak mengandung vitamin C, serat dan juga potassium. Semua itu sangat dibutuhkan selama kehamilan terutama pada trimester ketiga. Pepaya matang mengandung pepsin dalam lateks yang dapat memudahkan kontraksi.

Yogurt Yunani

Kebanyakan yogurt mengandung protein. Namun yogurt yunani mengandung protein dua kali lipat dibandingkan dengan yogurt biasa. Selain itu, yogurt yunani juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik dan sangat dibutuhkan selama kehamilan.

Lemak Ikan

Ikan yang berminyak dan berlemak sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendapatkan omega 3. Tidak hanya untuk ibu hamil, lemak omega 3 juga dibutuhkan oleh bayi untuk meningkatkan kecerdasan otak mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tips Wisata Kuliner Yang Sehat

Mengunjungi berbagai daerah yang akan memberikan Anda getaran-getaran tertentu membuat kita selalu mencintai petualangan dan juga perjalanan. Tidak…