Alasan Memberi Anak Makanan Organik

Anak adalah titipan Tuhan yang sejatinya wajib dirawat dan dibesarkan sepenuh hati. Setiap orang tua pasti memiliki keinginan untuk membuat anaknya lebih sehat dan bahagia.

Dalam masa pertumbuhan khususnya, anak akan membutuhkan banyak sekali nutrisi penunjang agar bisa berkembang dengan maksimal. Seperti makan makanan yang bergizi dan bernutrisi cukup bagi kesehatannya.

Namun belakangan ini menjadi kekhawatiran banyak orang tua ketika sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman obatpun mengandung bahan kimia yang beresiko bagi kesehatan. Bagi orang tua yang ingin menumbuhkan anaknya dengan lancar, ini merupakan hal yang perlu diperhatikan.

Jangan khawatir karena sekarang ini sudah banyak supermarket dan pasar yang menyediakan sayur dan buah organik yang baik. Organik artinya hewan, sayur dan buah tersebut ditumbuhkan dengan alami tanpa pestisida, antibiotik dan bahan kimia lainnya.

Selain itu, makanan organik juga kaya manfaat, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bebas Pestisida

Sayuran organik seperti yang dijelaskan tadi adalah sayuran yang ditumbuhkan dengan cara alami. Maka sama sekali tidak menggunakan pestisida. Pestisida sendiri memang sangat berbahaya bagi perkembangan kognitif anak yang meliputi cara berpikir, memori dan intelegensi.

Pestisida tidak akan larut dalam air meskipun sudah dicuci dan dibersihkan sebelum dimakan. Dengan mengkonsumsi makanan organik tidak ada kekhawatiran dengan adanya pestisida yang bisa larut di makanan.

Baca juga : Ajak Anak Anda Berbelanja Yuk!

2. Bebas Antibiotik

Anak membutuhkan banyak asupan gizi dari hewan maupun tumbuhan. Peternakan organik juga merawat dan menumbuhkan ternaknya dengan cara yang normal dan alami. Ini tentu saja juga tanpa antibiotik dan lain sebagainya.

Antibiotik ini pada dasarnya akan membuat ternak lebih sehat. Namun pemakaian yang berlebihan bisa menjadikan antibiotik tersebut mengendap pada daging hewan ternak. Kemudian bila anak memakannya, ini akan mengakibatkan anak kebal terhadap antibiotik tersebut.

3. Lebih Banyak Gizi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan organik ini memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Mengapa demikian? Makanan organik ternyata kaya akan vitamin C. Dibanding dengan makanan lainnya yang tidak organik, makanan organik memiliki kandungan vitamin C yang lebih besar yaitu sebesar 27%.

Maka dengan mengkonsumsi makanan organik, anak akan merasa lebih sehat dan bugar untuk menjalankan aktivitas dan tumbuh kembangnya.

Baca juga : Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

Makanan organik tentu lebih mahal dari pada lainnya. Namun manfaat dari makanan organik ini juga banyak sekali. Anak yang sehat juga bisa ditinjau dari jenis makanan yang ia konsumsi.

Anak-anak dengan gizi yang cukup biasanya akan mengalami masa tumbuh kembang yang maksimal. Anak tidak akan terkena polusi-polusi yang masuk dalam makanan. Dengan demikian, anak diharapkan bisa selalu berkembang dan tumbuh dengan lancar sesuai dengan usianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Arti Sebuah Keluarga

Secara harfiah, setiap orang bebas mengartikan apa itu “keluarga”. Kita sering menjumpai arti keluarga yang didefinisikan oleh orang…