Manfaat Buah Delima Yang Jarang Diketahui

Delima atau dalam bahasa Latin bernama punica granatum merupakan tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman buah delima pertama kali ditemukan di Iran. Mengetahui banyaknya manfaat dan khasiat buah delima untuk kesehatan, penyebarannya pun cepat meluas.

Salah satu negara yang ingin mendapatkan manfaat buah delima yaitu Indonesia. Saat ini cukup banyak masyarakat Indonesia yang menanam tumbuhan delima. Ya walaupun kepopuleran buah delima masih kalah dengan buah-buah lainnya seperti jeruk, apel, semangka dan aneka buah lainnya.

Mengandung banyak nutrisi dan gizi buah delima dinobatkan sebagai buah super, mungkin jika berbicara manfaat buah delima. Manfaat buah delima untuk kesehatan dari dulu sudah dikenal untuk mengobati penyakit jantung, osteoarthritis dan masih banyak yang lainnya. Dan bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja kandungan nutirisi yang ada pada buah delima, berikut ini macam macam nutrisi yang ada pada buah delima.

Baca juga : 5 Kebiasaan Agar Terhindar Dari Sakit Gigi

Kandungan Nutrisi dan Vitamin Buah Delima

  • Asam lemak omega 5
  • Asam punicic
  • Antioksidan
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Potasium
  • Asam folat
  • Riboflavin
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Fosfor
  • Niasin

Banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada buah delima, secara tidak langsung menjadikan buah ini sangat sehat untuk dikonsumsi. Dan untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat buah delima bagi kesehatan, silahkan simak informasinya di bawah ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat utama buah delima yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena buah delima memiliki kandungan punicalagin yang dapat mengurangi peradangan pembuluh darah. Selain itu mengkonsumsi buah delima, juga dapat mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pada arteri yang bisa menyebabkan aliran darah ke jantung dan otak menjadi terhambat.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang ada pada buah delima dapat melawan radikal bebas dan pertumbuhan sel kanker. Dan para pakar kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi buah delima secara rutin atau setiap hari karena sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah delima juga memiliki kandungan sifat anti mikroba dan anti bakteri yang mampu melawan virus dan bakteri, selain itu mengkonsumsi buah delima juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah delima yang jarang diketahui banyak orang yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan peradangan pembuluh darah.

Baca juga : Tips Berhenti Merokok dengan Mudah

Menghambat Penuaan Dini

Salah satu cara menghambat penuan diri yaitu dengan mengkonsumsi secara rutin buah delima. Kandungan yang ada di dalam buah delima mampu menjaga regenerasi sel-sel kulit dan mencegah bintik-bintik gelap.

Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan vitamin dan asam folat yang ada pada buah delima mampu memperlancar peredaran darah yang baik bagi perkembangan janin.

Mencegah Kanker Kulit

Selain dapat mencegah berbagai jenis kanker, salah satu kanker yang bisa dicegah oleh buah delima yaitu kanker kulit. Kandungan tanin dan anthocyanin terhidrolisa yang ada pada buah delima bermanfaat sebagai anti-kanker.

Bagaimana, apakah Anda sudah mulai suka dengan buah delima? Buah delima ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Mungkin itu hanyalah sebagian kecil saja yang kami sebutkan dan selebihnya Anda bisa mencari informasi yang lebih akurat mengenai buah delima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Usia Berapa Bayi Boleh Dipijat?

Memberikan manfaat pijatan kepada bayi untuk merangsang hormon, membantu tumbuh kembang bayi, serta memberikan kedekatan kepada ibu, ayah…