Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Mungkin kita semua sepakat bahwa ikan merupakan hewan air yang memiliki banyak protein dan kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa setiap ikan mempunyai kandungan gizi dan protein yang berbeda-beda. Jadi Anda perlu mengetahui ikan apa saja yang memiliki kandungan gizi dan protein yang banyak. Dan salah satu ikan yang mempunyai kandungan gizi dan protein tinggi yaitu ikan tuna.

Mungkin bagi sebagian orang Indonesia masih asing dengan ikan yang satu ini. Memang ikan tuna ini banyak di temukan di laut Jepang. Jadi jangan heran jika negara terbesar pengekspor ikan tuna yaitu negara matahari terbit. Mempunyai kandungan gizi dan protein yang tinggi, menjadikan ikan ini banyak digemari dan dicari oleh banyak orang, selain untuk tujuan kesehatan ikan tuna ini juga mempunyai rasa daging yang lezat. Dan bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh, simak informasinya di bawah ini.

Baca juga : Manfaat Buah Delima Yang Jarang Diketahui

Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ikan tuna dapat mencegah berbagai macam kanker seperti kanker pankreas, kanker ovari dan jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan. Kandungan omega-3 yang berlimpah pada tuna juga bermanfaat untuk mencegah kanker payudara dan menurunkan risiko terkena leukimia.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh yaitu menjaga fungsi jantung. Kandungan omega-3 yang ada pada ikan tuna meningkatkan rasio konsentrasi HDL serta menekan terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah.

Meningkatkan Response Hormon Insulin

Para pakar menyarankan bagi mereka yang menderita diabetes tipe-2 untuk mengkonsumsi ikan tuna. Hal ini disebabkan kandungan omega-3 yang ada pada tuna dapat mencegah Anda dari kegemukan dan meningkatkan respon hormon insulin pada tubuh.

Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Kandungan omega-3 yang ada pada ikan tuna membantu meningkatkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak. Selain itu kandungan omega-3 juga menurunkan risiko inflamasi. Jadi jika Anda ingin meningkatkan fungsi kognitif otak, Anda bisa mengkonsumsi ikan tuna secara rutin.

Mencegah Stroke

Selain beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan yang sudah kami jelaskan di atas, manfaat lain ikan tuna bagi kesehatan yaitu mencegah stroke. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi 1-4 porsi ikan sebagai bagian dari pola makan mereka, memiliki risiko 27 persen lebih rendah terserang stroke iskemik. Jadi bagi Anda yang ingin terhindar dari yang namanya penyakit stroke perbanyak mengkonsumsi ikan tuna.

Membantu Proses Detoksifikasi

Ikan tuna memiliki kandungan omega-3 dan selenium yang dapat menjadi bahan bakar penting untuk memproduksi gluthathione peroxidase dan itu merupakan jenis antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan hati. Selenium yang terkandung pada ikan tuna juga dapat mencegah kita dari penyakit kanker dan jantung.

Baca juga : Kandungan dan Khasiat Buah Rambutan

Mencegah Obesitas

Ikan tuna bisa menjadi salah satu menu utama Anda untuk mencegah tubuh mengalami obesitas. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan tersebut jika kita konsumsi setiap hari akan menghindarkan kita dari berat badan berlebih.

Demikianlah informasi seputar manfaat ikan tuna bagi kesehatan yang bisa kami berikan untuk Anda semua. Semoga dengan adanya informasi ini wawasan Anda seputar dunia kesehatan menjadi semakin lengkap, khususnya manfaat ikan tuna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak…

Usia Berapa Bayi Boleh Dipijat?

Memberikan manfaat pijatan kepada bayi untuk merangsang hormon, membantu tumbuh kembang bayi, serta memberikan kedekatan kepada ibu, ayah…