8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Minum merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi manusia. Tubuh kita terdiri dari 90% mengandung air. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, mengeluarkan sisa metabolisme dan mempertahankan suhu tubuh.

Itulah mengapa manusia dapat lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Meskipun hanya sekedar minum air putih, tetapi mengkonsumsi air putih secara cukup, yaitu 8- 10 gelas (2 liter) setiap hari, ternyata membawa banyak manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi air putih yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Penghilang Dehidrasi dan Haus

Ini mungkin manfaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika kita tidak minum air putih?

Tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. Minum banyak air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Baca juga : Pentingnya Sarapan Sehat untuk Diet

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Sekitar 60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.

3. Membantu Mengeluarkan Racun

Bagaimana bisa kita berkeringat atau buang air kecil tanpa bantuan air? Padahal kedua proses ini adalah salah satu mekanisme tubuh dalam membantu menghilangkan racun. Air putih dapat membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Pernah mendengar penyakit batu ginjal atau gagal ginjal? Salah satu penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum.

Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci atau bahan baku utamanya.

4. Terapi Berbagai Macam Penyakit

Menurut hasil penelitian, air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran napas, usus, dan penyakit kewanitaan. Bahkan zaman sekarang banyak terapi pengobatan yang menggunakan air putih karena kemanjurannya.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Berbicara mengenai kanker tentu hal yang mengerikan dalam hidup kita. Maka dari itu dengan minum air dalam jumlah yang banyak dapat menyehatkan tubuh kita dan dapat mengurangi resiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar.

6. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang mempunyai berat badan berlebih, tentu ingin sekali menurunkan berat badan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, minum air putih sesaat sebelum makan merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Air tidak banyak mengandung kalori, gula ataupun lemak.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Minum air putih minimal 2 litter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.

8. Memperlancar Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

Manfaat air putih untuk tubuh manusia memang tidak perlu diragukan lagi. Demikian beberapa manfaat air putih yang secara tidak terduga memiliki peran vital terhadap keberlangsungan hidup manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak…