Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak sebatas karena kaki terkilir atau karena rewel. Pijatan yang diberikan oleh seorang ibu atau ahli pijat pada bayi dapat memberikan beberapa efek tertentu yang positif.

Sentuhan-sentuhan langsung tangan ibu pada tubuh bayi akan membuat ibu lebih mengenal kondisi bayi yang ia miliki serta dapat membuatnya menjadi lebih percaya diri dalam merawat dan memahami keinginan si bayi. Selain itu, pijatan pada bayi juga dapat mempengaruhi perkembangan sistem imun, pertumbuhan dan juga reaksi bayi serta manfaat lainnya.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pemijatan terhadap bayi dapat merangsang kekebalan tubuh dan juga membantu bayi dalam melawan infeksi. Selain itu, pijatan juga dapat membantu bayi meredakan masuk angin, susah buang air besar serta dapat merangsang hormon endorfin yang dapat menurunkan rasa nyeri, dan tentunya masih banyak manfaat-manfaat pijat bayi lainnya.

Baca juga : Tips Membuat Anak Doyan Sayur dan Buah

Pijatan Pada Bayi Dapat Mengembangkan Komunikasi

Komunikasi tidak hanya dilakukan dengan berbicara melainkan juga dapat dilakukan dengan memberikan isyarat-isyarat tertentu termasuk juga sentuhan. Ketika memberikan pijatan secara tidak langsung Anda juga sedang berkomunikasi tidak hanya dengan bayi, Anda pun dapat berkomunikasi dengan tubuh bayi.

Mengurangi Rasa Nyeri

Pijatan yang lembut pada bayi dapat melepaskan endorfin dan juga oksitosin untuk membantu mengatasi rasa nyeri atau rasa sakit yang diakibatkan oleh beberapa hal mulai dari terbentur, hidung tersumbat, nyeri karena tumbuhnya gigi, tekanan emosi dan lain-lain.

Mengatasi Rasa Sakit

Seperti yang kita temukan pada orang dewasa, saat kita merasa sakit terkadang kita menginginkan pijatan yang dapat mengusir rasa sakit tersebut begitu juga dengan bayi. Anda bisa melakukan pijatan untuk mengusir rasa sakit, atau gangguan penyakit tertentu. Beberapa gangguan penyakit yang bisa diredakan dengan proses pemijatan antara lain, gejala kembung, susah tidur, atau kolik.

Bayi Menjadi Lebih Sehat

Manfaat lain yang bisa didapatkan oleh bayi dengan proses pemijatan antara lain bayi akan menjadi lebih sehat. Memberikan pijatan terhadap bayi selama 15 hingga 20 menit setiap hari dapat membuatnya merasa lebih rileks dan dapat membantu menstimulus otak bayi.

Membuat Bayi Menjadi Rileks

Tahukah Anda bahwa stres, tertekan atau perasaan gelisah bisa dirasakan oleh bayi. Pijatan dapat membantu menenangkan bayi untuk menurunkan hormon adrenalin. Kemampuan memijat memberikan beberapa keuntungan seperti meningkatkan daya tahan tubuh sehingga menjadi salah satu sarana untuk membuat bayi menjadi lebih rileks.

Baca juga : 10 Jenis Makanan Wajib Dimakan Ibu Hamil

Memberikan Rasa Percaya Diri

Dengan seringnya seorang ibu menyentuh bagian-bagian dari tubuh bayi yang ia miliki. Memberikan pijatan setiap hari akan membuat ibu lebih percaya diri dalam mengeksplor dan merawat bayi yang ia miliki.

Menambah ASI

Bayi yang dipijat secara benar dapat menyerap makanan dengan baik sehingga akan menyusu lebih banyak. Saat bayi menyusu atau meminta ASI lebih banyak, maka secara otomatis ibu akan memproduksi ASI lebih banyak. Dengan demikian, proses pijat secara tidak langsung dapat menambah jumlah ASI yang dimiliki oleh ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like