Tips Membangun Kepercayaan Diri Anak

Rasa percaya diri pada anak merupakan salah satu bagian terpenting di dalam tumbuh kembang anak yang akan mempengaruhi kesehatan mental dan kebahagiaan sosial mereka dalam menjalani hidup. Ini merupakan dasar dari kesejahteraan seorang anak dan kunci keberhasilan sebagian dari mereka saat dewasa.

Tentunya perasaan Anda pada diri Anda akan mempengaruhi bagaimana Anda bertindak. Cobalah untuk memikirkan saat-saat di mana Anda begitu percaya diri dan bagaimana Anda bertindak. Akan lebih mudah bergaul baik-baik saja dan memiliki kepercayaan diri yang cukup.

Bagi Anda yang ingin membangun kepercayaan diri pada anak Anda, berikut adalah beberapa tips ringan membangun kepercayaan diri pada anak yang bisa Anda terapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Mengapa Motorik pada Anak Perlu Dilatih?

Biarkan Anak Mengambil Resiko

Mulailah dengan membiarkan anak untuk berani berdiri kembali saat mereka jatuh dan mengambil resiko. Untuk membangun kepercayaan diri seorang anak, anak-anak harus mengambil peluang, membuat pilihan dan mengambil tanggung jawab untuk diri mereka sendiri.

Saat ini, terlalu banyak orang tua yang mencoba untuk menyelamatkan anak-anak mereka dari kegagalan sepanjang waktu sehingga anak-anak tidak berani untuk mengambil resiko dalam banyak hal.

Namun ingat, Anda harus tetap mengawasi mereka. Contoh kecil adalah saat anak-anak akan menuangkan sesuatu ke dalam gelas. Mungkin Anda akan menahan nafas saat mereka melakukannya. Namun alih-alih menyelamatkan anak Anda dan menjauhkannya dari gelas, cobalah untuk membiarkannya dan memberikan kesempatan untuk mencoba.

Biarkan Anak-Anak Menentukan Pilihan

Ketika anak-anak membuat pilihan yang sesuai dengan usia mereka sendiri, mereka merasa lebih kuat, lebih percaya diri dan biasanya anak-anak yang berusia 2 tahun mulai mempertimbangkan konsekuensi dari keputusan yang mereka ambil.

Contoh kecil misalnya pada saat cuaca dalam kondisi dingin, anak bisa memutuskan sendiri apakah mereka memilih jaket hangat dan sarung tangan untuk melindungi mereka dari rasa dingin.

Begitu mereka tahu perbedaan antara hangat dan dingin maka selanjutnya terserah mereka. Anak akan memiliki kontrol secara penuh atas tubuh mereka dan mengambil tanggung jawab yang mereka sukai.

Biarkan Anak Membantu

Untuk meningkatkan rasa percaya diri anak-anak juga membutuhkan kesempatan untuk menunjukkan kompetensi mereka dan biasanya mereka juga ingin berkontribusi dan dihargai saat berada di rumah.

Anda bisa meminta mereka untuk membantu ibu memasak, menata meja atau membersihkan tempat tidur. Dengan demikian, hal tersebut akan membantu rasa percaya diri karena mereka merasa dihargai dan dibutuhkan.

Mendorong Mereka Untuk Mengejar Impian

Cara lain yang dapat di gunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak adalah dengan mendorong mereka melakukan apapun yang mereka sukai. Dan pastikan bahwa mereka mengikutinya hingga selesai.

Contoh-contoh kecil di mana anak-anak bisa mengejar impian mereka atau menyelesaikan tugas yang mereka miliki misalnya, saat mereka bermain video game. Membiarkan anak-anak mengalahkan setiap level yang ada di game merupakan salah satu cara agar mereka berprestasi.

Baca juga : Tips Ampuh Membentuk Perilaku Positif Anak

Saat anak-anak gagal dan jika rasa percaya diri anak-anak merosot misalnya karena mereka tidak mampu menghafal perkalian di sekolah atau karena mereka tidak mampu menyelesaikan tugas olahraga yang diberikan, banyak orang tua yang merasa bahwa kegagalan akan menyakiti anak-anak mereka. Namun jika mereka tahu, hal tersebut merupakan kesempatan emas untuk membangun kepercayaan diri anak.

Menjelaskan kepada anak dan membiarkan mereka tahu bahwa Anda tetap mencintai mereka walaupun mereka gagal ataupun saat mereka salah mengambil keputusan merupakan salah satu cara untuk tetap membuat anak tampil percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Ajak Anak Anda Berbelanja Yuk!

Kegiatan berbelanja bulanan mungkin memang membosankan bagi Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak anak untuk bermain sambil…

Arti Sebuah Keluarga

Secara harfiah, setiap orang bebas mengartikan apa itu “keluarga”. Kita sering menjumpai arti keluarga yang didefinisikan oleh orang…