Tips Memberikan Susu Kepada Bayi Dengan Botol

Jika Anda berencana untuk memberikan ASI atau susu formula kepada bayi dengan menggunakan botol, cobalah untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini agar bayi Anda tetap sehat dan aman.

Memilih Botol Susu

Anda membutuhkan beberapa botol dan juga dot serta peralatan sterilisasi. Belum ada bukti yang menunjukkan bahwa satu jenis atau lebih baik dibandingkan yang lainnya. Akan tetapi, beberapa botol susu memiliki bentuk dan pola yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyulitkan untuk dibersihkan secara menyeluruh. Perhatikan bahwa kebersihan sangat penting walaupun sederhana namun mencuci dan mensterilkan botol adalah langkah yang harus bisa dilakukan.

Cara Memberikan Bayi Minum dengan Botol Susu

Pertama, Anda harus duduk dengan nyaman, kemudian pegang bayi Anda agar dia dapat melihat mata Anda dan begitu juga sebaliknya. Memberikan minuman atau makanan kepada bayi melalui botol merupakan salah satu cara untuk membuat Anda dan bayi lebih dekat serta lebih mengenal satu sama lain.

Saat Anda memberikan minum kepada bayi melalui botol, cobalah untuk memposisikan bayi sedikit lebih tegak. Dukunglah kepala mereka sehingga mereka bisa bernafas dan menelan dengan nyaman. Saat Anda akan memberikan minum atau makan dari botol susu, Anda hanya perlu menempelkan atau mengusapkan ujung dot bibir bayi. Selanjutnya biarkan bayi menarik ujung dot tersebut dengan mulutnya agar bisa berlatih.

Baca juga : 7 Mitos Yang Sering Kita Dengar Seputar Merawat Bayi

Cara Melepas Botol Susu dari Mulut Bayi

Melepas botol susu dari mulut bayi tidak boleh sembarangan. Anda bisa melakukannya dengan menggantinya menggunakan dot steril yang lain, atau Anda juga bisa menyodok sudut mulut bayi dengan lembut setelah itu Anda bisa melepaskan hisapan pada dot.

Berikan Jeda

Saat menyusu dari botol susu atau dot, bayi juga membutuhkan istirahat singkat selama beberapa saat untuk bersendawa atau untuk sedikit bernapas. Anda bisa membantu bayi bersendawa dengan menahan mereka di pundak Anda dan menepuk-nepuk punggungnya dengan lembut untuk mengeluarkan angin.

Membuang Sisa Susu

Setelah bayi tenang saat ia baru selesai menyusui, pastikan Anda membuang susu formula atau ASI sisa yang tidak habis diminum oleh bayi.

Mengikuti Keinginan Bayi

Terkadang bayi sedikit sulit untuk diprediksi, walau demikian Anda bisa mengetahui waktu-waktu di mana bayi lapar. Anda tidak boleh memaksakan bayi untuk menghabiskan semua isi di dalam botol susu dan juga Anda tidak boleh memaksakan bayi untuk minum susu saat mereka tidak menginginkannya.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Jangan Meninggalkan Bayi Minum Sendiri

Meninggalkan bayi dengan botol susu bisa memunculkan beberapa resiko diantaranya adalah tersedak susu. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk menemani bayi selama minum susu dari botol.

Alergi

Susu sapi cenderung dapat membuat beberapa bayi alergi sehingga Anda harus berbicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum membelikan susu yang tepat untuk bayi Anda. Mintalah dokter untuk meresepkan susu formula khusus yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Arti Sebuah Keluarga

Secara harfiah, setiap orang bebas mengartikan apa itu “keluarga”. Kita sering menjumpai arti keluarga yang didefinisikan oleh orang…