7 Alasan yang Membuatmu Memilih Hunian Favorit dengan Desain Minimalis

Desain rumah minimalis masih saja menjadi konsep hunian yang paling diminati sampai detik ini. Semakin banyak perumahan dan orang-orang yang membangun rumah mereka dengan konsep minimalis seperti pilihan mereka. Hal ini berlaku juga dalam bisnis properti.

Mulai dari kelas sederhana, menengah, dan hampir semua kalangan cocok dengan konsep desain rumah yang satu ini. Walaupun minimalis, bukan berarti rumah ini boleh di pandang remeh. Karena di balik kata minimalis tersebut ada makna yang dalam seperti pemanfaatan lahan yang tepat, ide yang brilian, dan terkadang cukup menghemat dompet.

Bagaimana Sejarah Desain Minimalis?

Segala sesuatu ada sejarah atau historynya, termasuk penggunaan konsep minimalis pada desain interior dan eksterior hunian saat ini. Sebenarnya desain ini sudah ada sejak lama, namun belum cukup terkenal seperti saat ini. Sekitar tahun 1920, rumah bergaya minimalis ini sudah diterapkan oleh masyarakat Eropa, namun belum banyak orang yang memakainya. Pada tahun 1990, masyarakat mulai mengenal dan menggunakan gaya minimalis ini. Hingga akhirnya pada tahun 2000-an, gaya minimalis sudah terkenal di seluruh dunia.

Ada dua orang desainer rumah yang berperan penting dalam memperkenalkan konsep desain ini, yaitu Ludwig Mie van Der Rohe dan Le Corbusier. Merekalah yang berhasil mengembangkan dan menerapkan makna sebenarnya dari konsep minimalis tersebut. Di Indonesia sendiri, desain rumah minimalis baru booming pada tahun 2001. Di mana hingga saat ini semakin banyak masyarakat menggunakan desain ini pada rumah yang mereka tempati, apartemen, hotel, dan perumahan mewah di kota-kota besar.

Baca juga : 6 Gaya Desain Interior Ini Tetap Bisa Membuat Rumah Kecilmu Tampak Manis dan Menarik

Ini Dia Alasan Konsep Minimalis Berkembang

Pada dasarnya, kita ingin hidup dengan tentram dan damai. Membangun hunian yang nyaman akan menambah ketentraman dan kedamaian hidup. Kebersihan, kesederhanaan dan kemudahan merupakan alasan dalam memilih sebuah hunian yang nyaman. Oleh karena itu, desain yang minimalis mencakup 3 hal penting tersebut.

Selanjutnya, beberapa hal ini menjadi manfaat dan makna dari sebuah konsep hunian bergaya minimalis. Manfaat ini diperoleh berdasarkan penuturan para arsitek dan masyarakat yang menggunakan konsep ini pada hunian mereka. Berikut beberapa alasan yang membuat sebagian besar orang memilih hunian dengan gaya minimalis tersebut.

1. Menarik dan Unik

Rumah minimalis muncul di zaman modern dengan bentuk interior dan eksteriornya yang terlihat simple namun unik. Segala ruang terlihat jelas dan terasa rapi, sehingga terasa nyaman dan rileks bila berada di dalamnya. Memang benar, dulu desain sederhana tidak begitu diminati oleh orang-orang, karena pada saat itu orang-orang lebih menyukai konsep dan bentuk rumah yang terlihat mewah.

Pada saat itu desain interior yang rumit menjadi laku keras. Sayangnya, seiring waktu berjalan desain yang rumit mulai ditinggalkan. Orang-orang mulai beralih ke hal yang lebih simple, namun tetap elegan dan terlihat menarik.

2. Simple but Awesome

Sederhana bukan berarti kolot, kelas bawah, apalagi miskin. Sederhana tetap menjunjung tinggi makna keindahan dan kekreatifan. Saat ini rumah sederhana menjadi populer karena beberapa alasan. Tapi secara umum, mereka menggunakan konsep minimalis ini karena dianggap sederhana namun tetap menjunjung tinggi nilai estetika dan memberikan ruangan interior yang luas.

Padahal makna dibalik minimalis tidak hanya sekedar itu. Konsep ini rupanya sebagai bentuk perlawanan terhadap konsep desain rumah yang menganut aliran pemborosan dalam penggunaan bahan bangunan yang merusak keseimbangan alam, seperti penebangan, pemakaian pohon, pasir serta batu.

Jadi selain menjunjung tinggi sederhana yang tetap estetika, minimalis juga lebih ramah terhadap alam dan tidak berlebih-lebihan dalam pembangunan. Minimalis juga lebih menonjolkan esensial dan fungsional bangunan. Segala bahan yang dirasa hanya sebagai penghias atau ornamen yang tidak terlalu berguna, akan dihilangkan dari bangunan.

Baca juga : 4 Tips Menata Kamar Kostmu Senyaman Kamar di Rumah

3. Hemat Biaya

Butuh budget yang besar untuk membangun sebuah hunian impian kita, sehingga tidak sedikit orang yang habis-habisan dalam membangun istananya. Tapi ternyata dengan membangun hunian yang minimalis, kamu tidak perlu merogoh dompet dalam-dalam.

Karena konsep ini menganut kesederhanaan yang tidak muluk-muluk, maka penggunaan bahan bangunan dan ornamen yang hanya sekedar penambah keindahan akan dihilangkan. Hal itu secara otomatis akan memakan biaya yang lebih sedikit dan fungsional, namun tetap indah dan nyaman.

Apalagi saat ini harga bahan bangunan semakin meningkat dan harga lahan pun semakin mahal, maka dengan menggunakan konsep minimalis ini lahan yang tidak terlalu luas akan termanfaatkan dengan sempurna.

4. Tertata Rapi

Lahan dan ruangan yang tidak terlalu lebar memang membutuhkan pemikiran dan ide yang menarik agar membuat penghuni dan pengunjungnya tidak merasa sempit dan sumpek. Konsep minimalis sangat mengerti akan hal ini.

Interior pada konsep minimalis akan memanfaatkan ruangan kecil dengan baik dan mengisinya dengan tidak terlalu banyak barang. Desain ini lebih memanfaatkan peralatan yang tidak mengambil banyak tempat dan praktis, seperti lemari buku diganti dengan rak buku di dinding atau menggunakan TV yang berlayar tipis yang menempel pada dinding.

Dengan begitu, ruangan yang tidak lebar tadi akan terkesan luas dan rapi karena tidak banyak barang yang menumpuk di dalamnya. Penghuni pun tak perlu bingung bila ruangannya berantakan, karena akan sangat mudah dirapikan. Cukup menghemat tenaga, bukan?

5. Mudah Dibersihkan

Rumah yang luas akan menyusahkan penghuninya saat membersihkan. Belum lagi jika rumah mewah tersebut diisi dengan terlalu banyak hiasan dan perabotan. Hari libur akan habis kamu gunakan untuk bersih-bersih.

Tapi dengan desain minimalis, kamu tidak perlu repot dan menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan dan menata ulang segala ruangan dan perabotan yang ada di dalam rumah.

Tidak perlu menghabiskan banyak waktu di akhir pekan dan berlama-lama hanya untuk membersihkan rumah, cukup dengan hitungan jam, rumah minimalis akan kembali bersih.

Kamu pun akan merasa lebih mudah membersihkan debu, kotoran dan residu di lantai. Hal ini dikarenakan rumah dengan konsep minimalis akan terbebas dari banyak barang dan ornamen dalam satu ruangan. Barang-barang yang menyita banyak tempat sebaiknya disimpan agar semuanya tertata rapi dan lebih fungsional.

6. Mengundang Perhatian

Desain minimalis memang memberikan kesan modern dan menarik, oleh sebab itu para pebisnis properti lebih percaya pada konsep bangunan minimalis ini. Seperti yang kita lihat pada perumahan-perumahan dan apartemen di kota-kota besar, mereka juga menggunakan desain minimalis yang digunakan untuk mendesain rumah-rumahnya.

Hal ini dilakukan karena mereka percaya bahwa desain minimalis mampu tampil memukau dan menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Saat ini pun sudah banyak masyarakat yang berpindah di perumahan-perumahan tersebut. Ada banyak orang yang merasa tertarik dan cocok untuk tinggal di hunian modern dan minimalis tersebut.

Baca juga : 3 Benda yang Akan Membuat Kamarmu Kian Menarik Dipandang Mata

7. Mengurangi Stres

Rumahku Surgaku”, itulah pepatah yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang merasa bila hunian mereka membuat hati mereka nyaman dan aman. Dengan rumah yang nyaman dan aman, orang yang tertekan pikirannya atau merasa stres akan menggunakan rumahnya sebagai penawar rasa stres mereka.

Hanya hunian yang nyaman dan amanlah yang bisa membantu mengurangi rasa stres penghuninya. Rumah yang sumpek dan berantakan tidak bisa menjadi pelepas beban stres penghuninya. Orang akan lebih merasa tidak nyaman bila rumah terlihat tidak tertata dengan baik.

Oleh karena itu dengan hunian yang sederhana, rasa sumpek dan berantakan tadi tidak akan menambah beban stres. Ciptakanlah rumah yang sederhana, nyaman, tidak sumpek, dan tidak terlalu ramai dengan perabotan. Ini akan berguna bagi kenyamanan penghuninya yang secara pasti membantu dalam melepas beban di kala stres melanda.

Itu dia alasan-alasan mengapa desain rumah minimalis dipilih oleh kebanyakan orang. Huniannnya tidak sekedar sederhana, namun menjunjung tinggi estetika, lebih rapi, nyaman, menawan, dan menjadikan rumah sebagai lokasi pelepas penat dan stres.

Bukankah Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan kita untuk selalu sederhana dan tidak berlebih-lebihan? Nah, ternyata ada hikmah dan manfaat posistif dibalik anjuran serta sunnah-sunah beliau. Asal tahu saja, rumah beliau juga menggunakan konsep sederhana, loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like