5 Kebiasaan Agar Terhindar Dari Sakit Gigi

Apakah Anda setuju dengan sebuah ungkapan yang menyatakan lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi? Dan tahukah kamu sakit gigi terjadi dikarenakan adanya gangguan pada bagian akar gigi, gusi dan gigi yang berlubang. Semua gangguan itu sering dialami oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa, karena kurangnya menjaga kebersihan dan menyikat gigi sehingga setiap tahunnya kerusakan dan infeksi pada gigi selalu bertambah.

Adapun penyebab yang lain yaitu dikarenakan hampir setiap makanan yang kita makan mengandung bahan kimia dan menyebabkan gigi menjadi rapuh, dan juga karena kita suka memakan makanan yang manis-manis menjadi faktor pendukung dalam merusak gigi.

Baca juga : Mengenal Kanker Payudara dan Penyebabnya

Berikut ini akan kita bahas bersama mengenai 5 kebiasaan agar terhindar dari sakit gigi.

1. Jauhi Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Siapa yang tidak suka manis? Hampir seluruh manusia menyukainya baik dari anak-anak dan para wanita pun menggemarinya. Nah bagaimana jika makanan tersebut mengandung pemanis buatan? Sebaiknya kita menjauhinya. Karena kadar dari pemanis buatan sangatlah tinggi dan terbuat dari bahan-bahan kimiawi.

2. Sering Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Salah satu manfaat dari sayur dan buah yaitu kandungan yang kaya akan vitamin dan nutrisi dapat menguatkan gigi dan membuat gusi menjadi lebih sehat. Di samping gigi dan gusi kita sehat, badan kita pun sehat, maka rajin-rajinlah kita mengkomsumsinya secara rutin.

3. Jauhi Alkohol dan Rokok

Selain bahaya-bahaya yang mengerikan, ternyata alkohol dan rokok dapat merusak kesehatan pada gigi kita lho. Rokok memiliki kadar nikotin tinggi yang dapat memicu timbulnya plak-plak kuning pada gigi. Sedangkan alkohol mengandung zat yang mampu membuat gigi kita keropos.

4. Memperbanyak Konsumsi Telur dan Susu

Mengapa telur dan susu? Karena kandungan vitamin D yang terdapat pada telur sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan juga berperan penting dalam proses pembentukan gigi. Sedangkan susu kaya akan kalsium yang menguatkan gigi kita. Perbanyaklah mengkonsumsi telur dan susu agar kita memiliki gigi yang kuat dan sehat, terutama bagi anak-anak.

Baca juga : Aneka Khasiat Sayur Bayam Bagi Kesehatan

5. Menjaga Kebersihan Gigi

Dan yang terakhir adalah menjaga kebersihan gigi itu hukumnya wajib bagi setiap orang agar tidak mengalami sakit gigi atau berlubang. Terkadang kita tidak menyadari dalam sehari kita telah mengkonsumsi apa saja dan itu berbahaya bagi gigi kita atau tidak. Dengan rajin menjaga kebersihan gigi, maka kita dapat menjaga kerapuhan dan mencegah kerusakan pada gigi kita. Rajin-rajinlah kita menggosok gigi minimal 2 kali sehari, yaitu saat pagi hari setelah kia bangun tidur dan saat malam hari sebelum kita akan tidur.

Menjaga kesehatan gigi sangatlah penting, karena saat gigi kita sakit bisa jadi nafsu makan hilang dan tidurpun tak nyenyak. Semoga tips di atas tadi dapat membantu kita untuk menghindari sakit pada gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak…