3 Cara Mencetak Kebahagiaan Setiap Hari

Bahagia adalah sesuatu yang selalu diidam-idamkan hampir seluruh isi dunia ini. Manusia menggapai mimpinya dengan tujuan agar lebih bahagia. Manusia membantu sesamanya dengan tujuan untuk membahagiakan dan membuat dirinya lebih bahagia.

Hampir semua kegiatan yang dilakukan manusia berdasarkan kebahagiaan. Kebahagiaan bagi dirinya, orang lain dan Tuhan. Dengan demikian, menjadi pribadi yang bahagia kemudian menjadi hal yang sangat penting. Karena hanya pribadi yang bahagialah yang bisa menerima kebahagiaan dengan sempurna.

Nah, bagaimana cara menjadi orang dengan pribadi bahagia seperti itu? Anda bisa melatihnya pada kehidupan sehari-hari. Tidak harus muluk-muluk, dengan senyum, salam, sapa saja Anda sudah bisa membagi kebahagiaan kepada orang lain.

Baca juga : 3 Kebiasaan Untuk Menjadi Orang Yang Bahagia

Anda juga bisa memulainya dengan membiasakan rutinitas baik untuk mencetak kebahagiaan setiap hari. Berikut adalah 3 cara yang dirangkum untuk Anda dan patut untuk dicoba agar Anda mendapatkan kebahagiaan setiap hari.

1. Bersyukur

Anda bisa membiasakan diri dengan menulis 10 rasa syukur yang Anda alami dalam kehidupan. Anda bisa melakukan ini setiap pagi setelah Anda bangun. Tidak perlu muluk-muluk, segala hal bisa membuat Anda dipenuhi dengan rasa syukur. Seperti mendapat teman baru, bisa menolong tetangga, bisa membuat ibu tersenyum dan lain sebagainya. Anda bisa membuat hal-hal tersebut lebih bermakna dan berguna pada diri Anda dengan mensyukurinya.

Dengan bersyukur tersebut, Anda secara langsung merasakan kebahagiaan-kebahagiaan kecil setiap hari. Jika itu dilakukan setiap hari, maka Anda juga akan mendapatkan tambahan 10 kebahagiaan setiap hari. Tahukah Anda memulai hari dengan positif akan mendatangkan juga berbagai macam hal yang positif.

Seperti yang tertulis pada buku The Secret, hal ini disebut law of attraction. Artinya pikiran positif atau negatif akan didukung oleh alam semesta. Nah, rasa syukur tadi akan membawa dampak positif bagi pikiran Anda dan akhirnya juga menarik hal-hal yang positif juga. Maka, bersyukurlah!

2. Membuat Area Bersih dan Rapi

Hampir semua orang menghabiskan kehidupannya dengan bekerja. Selama 8 jam per hari, Anda memberikan diri untuk kesibukan dan rutinitas kerja. Salah satu hal yang penting untuk membuat Anda selalu merasa bahagia adalah merapikan dan membersihkan area di mana Anda bekerja.

Dengan melihat dan merasakan hal-hal yang rapi dan bersih, pikiran seperti juga dibersihkan dan dirapikan. Anda akan mudah mencari jalan keluar permasalahan, mendapatkan ide baru dan kerjapun menjadi lebih nyaman.

Energi akan terkumpul pada satu titik dan tidak berantakan. Titik pusat tersebut adalah Anda sendiri. Inspirasi-inspirasi biasanya datang ketika energi-energi dalam ruangan tersebut sudah terfokus. Penting menjadikan area tempat kerja Anda bersih.

Baca juga : Cara Menikmati Hidup Seperti Anak Kecil

Dampaknya mungkin tidak akan instan. Namun apabila membiasakan ini setiap hari dan rutin, Anda akan bisa membedakan hasilnya. Kebahagiaan pun bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan kenyamanan kerja dan inspirasi yang selalu hadir menemani.

3. Lakukan yang Anda Suka

Bagi Anda yang memiliki hobi khusus, Anda bisa melakukannya untuk mencetak kebahagiaan ini. Jika sudah merasa jenuh atau butuh merefresh semua keadaan, lakukanlah hobi yang sedang Anda ingin lakukan. Namun lebih baik jangan menunggu bosan atau jenuh.

Perlakukanlah hobi ini juga sebagai kebiasaan. Seperti minum air putih setelah makan. Ini akan melegakan diri meskipun belum merasa haus dan lelah. Jadi tubuh Anda senantiasa terjaga pada posisi yang positif dan baik. Dengan demikian kebahagiaanpun mudah dimunculkan.

Bagi Anda yang tidak memiliki hobi khusus, Anda bisa meluangkan waktu melakukan apa saja yang membuat Anda bahagia seperti membantu teman menjalankan bisnis, berkunjung di panti asuhan atau lainnya.

Usahakan melakukan ini pada akhir minggu atau setidaknya seminggu sekali. Jika memang pekerjaan setiap hari membuat Anda jenuh, maka juga jangan buru-buru lari ke hobi dan kesenangan. Ini akan memunculkan kesenangan semu dan tidak akan mendatangkan kebahagiaan.

Jika memang demikian, Anda perlu menenangkan diri dengan refleksi batin, meditasi atau melakukan hal-hal yang nyaman namun tidak terlalu ekstrim. Pasalnya Anda masih dalam keadaan lelah dan tidak stabil. Lebih baik netralkan diri di tempat yang tenang atau di rumah dengan keluarga yang mendukung dan nyaman. Anda akan lebih bisa terbantu untuk melepaskan penat dan kejenuhan tersebut dan akhirnya mengembalikan kebahagiaan pada diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Rahasia Mengawali Hari yang Hebat

Pernahkah Anda mendengar atau membaca cerita-cerita orang hebat? Apa kebiasaan-kebiasaan mereka? Bagaimana mereka bisa menjalani hari-hari sehebat itu?…