4 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Seperti yang telah kita semua ketahui, mempunyai berbagai macam bekas luka di bagian tubuh dan wajah sudah sangatlah sering kita alami seperti bekas jerawat, bekas luka bakar akibat knalpot, luka akibat terjatuh, hingga luka akibat gatal-gatal.

Dan terkadang hal itu pula yang membuat kita menjadi merasa minder serta canggung jika bekas luka tersebut sampai terlihat oleh orang lain sehingga kita mencari cara untuk menghilangkan bekas luka tersebut.

Ada sedikit tips mengenai cara untuk menghilangkan bekas luka secara alami. Kenapa memilih secara alami? Karena di samping aman bagi kantong, kita juga tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya apalagi jika khawatir tidak cocok bagi sebagian kulit yang sensitif.

Baca juga : Tips Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Berikut penjelasan mengenai 4 cara alami menghilangkan bekas luka.

1. Daun Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan (ECGC), dan terbukti memiliki manfaat 200 kali lebih baik dari vitamin E. Antioksidan berperan baik dalam mencegah jerawat, menjadikan kulit lebih halus dan mulus, mengurangi peradangan kulit, mengontrol produksi minyak berlebih, dan pastinya membantu menghilangkan dan menyamarkan bekas luka.

Caranya sebagai berikut, ambil ampas dari daun teh hijau tadi. Taruhlah pada bagian luka, lalu diamkan ampas teh tersebut selama kurang lebih 30 menit. Bilaslah dengan air hangat.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata memiliki kandungan yang kaya akan asam amino dan ligmin yang bermanfaat merangsang pertumbuhan sel kulit baru kita. Cara menggunakannya sebagai berikut, cukup oleskan gel dari lidah buaya tadi pada bagian-bagian bekas luka.

Oleskanlah secara rutin antara 2-3 kali sehari, lakukanlah secara terus-menerus hingga terlihat hasilnya.

3. Buah Mentimun

Telah banyak kita jumpai produk kecantikan yang menggunakan bahan dari mentimun, karena menurut salah seorang ahli kulit asal Nebraska yang bernama Joel Schlesinger menyatakan ternyata buah mentimun ini memiliki kendungan zat silika yang mampu meningkatkan produksi kolagen serta keriput.

Dan masih ada lagi lho, buah mentimun juga kaya akan kandungan vitamin C, dan juga mengandung potasium yang menangkal efek radikal bebas dan bagus untuk kulit kita.

Baca juga : Cara Alami Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Cara menggunakannya sebagai berikut, cucilah mentimun yang akan kita gunakan agar bersih. Setelah itu kita bisa memotong tipis buah mentimun tadi lalu tempelkan pada bekas luka tersebut, atau kita haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk halus lalu balurkan pada bagian bekas luka (gunakan perban agar mentimun yang halus tidak berceceran). Lakukan cara ini pada malam hri sebelum tidur dan biarkan hingga bangun sampai pagi hari. Lakukanlah secara rutin.

4. Madu

Madu adalah hasil lebah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Nah, salah satu pemanfaatan madu yaitu untuk menghilangkan bekas luka. Jika pada tubuh terdapat bekas luka yang sulit untuk dihilangkan kita bisa menggunakan madu untuk mengatasinya.

Madu memiliki sifat anti bakteri dan dapat meregenerasi sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Oleskan madu pada bagian tubuh yang terdapat bekas luka secara rutin, maka dalam 1-2 minggu bekas luka tersebut akan mulai memudar dan hilang.

Silahkan dipilih dari beberapa cara alternatif menghilangkan bekas luka secara alami yang lebih disukai, tetapi ingat bahwa cara di atas tidak menjamin semua bekas luka dapat hilang dalam sekejap. Dibutuhkan kesabaran dan kerutinan dalam melaksanakannya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like