7 Cara Paling Efektif Untuk Mengurangi Rasa Cemas

Rasa cemas bisa menimpa siapa saja dan terjadi kapan saja, namun pada sebagian orang terkadang rasa cemas tersebut berlebihan sehingga menimbulkan berbagai masalah, terutama masalah pada aspek psikologi. Secara teknis, kecemasan adalah ketakutan berlebihan yang datang secara tiba tiba.

Terkadang saat seseorang memikirkan tentang masa depan atau saat seseorang memprediksikan sesuatu, kadang-kadang hal tersebut sangat menakutkan walaupun belum tentu berdasar dan belum tentu jadi kenyataan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kecemasan bisa mengganggu dan menimbulkan beberapa gejala fisik serta emosional. Di antara beberapa gejala yang akan terlihat ketika seseorang merasakan cemas adalah meningkatnya detak jantung, konsentrasi mulai memburuk terutama di sekolah dan di tempat kerja, mengganggu tidur, dan seringkali menimbulkan beberapa masalah di keluarga, teman, maupun rekan kerja.

Rasa cemas dan stres merupakan respon fisik dan emosional terhadap bahaya yang dirasakan oleh seseorang. Seringkali hal-hal kecil seperti misalnya lupa menaruh kunci di pagi hari saat kita akan berangkat kerja membuat rasa cemas dan panik yang berlebihan.

Itu adalah salah satu contoh bagaimana rasa cemas sering kali bisa membuat seseorang melakukan hal-hal buruk bahkan hal-hal yang tidak terduga sebelumnya. Untuk bisa mengalahkan rasa cemas, ada beberapa cara yang efektif untuk digunakan menghapus rasa cemas yang berlebihan.

Baca juga : Ups! Benarkah Anda adalah Orang yang Terlalu Santai?

1. Diam Sejenak

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi rasa cemas adalah dengan diam. Jangan memikirkan apa pun dan cobalah bernapas perlahan, dengan begitu rasa cemas akan berkurang dengan sendirinya.

2. Cukup Tidur

Tidur yang cukup bisa juga berarti tidur yang konsisten. Setiap malam harus tidur di jam yang sama serta tidur dalam jumlah yang cukup. Hal itu sangat membantu terutama apabila Anda ingin mendapatkan otak yang bisa berkonsentrasi dengan lebih baik serta lebih tenang.

Ketika seseorang tidur dengan cukup, tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik mereka tetapi juga dapat berkontribusi untuk mengurangi stress dan rasa cemas.

3. Canda

Bercanda adalah salah satu cara paling efektif yang dapat mengurangi rasa cemas. Saat Anda merasa cemas secara berlebihan dan mengkhawatirkan sesuatu, cobalah untuk melepaskan canda dan tawa baik itu dengan memikirkan sesuatu yang lucu maupun dengan bercanda bersama teman maupun keluarga.

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Baik

Maksud dari mengkonsumsi makanan yang baik adalah Anda harus mengkonsumsi makanan yang benar. Seringkali nafsu makan membuat kita ingin mengkonsumsi berbagai makanan yang terkadang dapat menimbulkan rasa cemas dan membuat jantung berdebar debar.

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki rasa cemas yang berlebihan cobalah beberapa makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti vitamin B dan juga omega3. Vitamin B dapat membantu kesehatan mental serta omega3 juga dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Selain itu, menyediakan dan makan beberapa cemilan ringan dapat mengurangi rasa cemas.

Baca juga : Apakah Hidup Kita Bermakna?

5. Mengendalikan Rasa Cemas dengan Pernapasan

Ini juga salah satu metode yang paling efektif untuk mengurangi rasa cemas terutama saat Anda mengalaminya langsung. Cobalah untuk menenangkan diri kemudian tarik nafas secara perlahan dan dalam, kemudian hembuskan secara perlahan untuk menenangkan. Nafas yang panjang serta kuat akan membantu mengirim sinyal ke otak bahwa Anda bisa bersantai dan juga berfungsi untuk menstimulus otak Anda agar berpikir lebih rasional.

6. Bermain-main

Seseorang yang selalu serius, terus-terusan bekerja dan jangan bermain-main biasanya mudah merasa cemas. Cobalah untuk meluangkan waktu bermain-main dengan hewan peliharaan atau bermain-main dengan anak atau teman. Cara ini terbukti sangat efektif untuk mengurangi stres dan rasa cemas dalam jangka panjang.

7. Wewangian

Wewangian terbukti memiliki banyak khasiat tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk mengatasi rasa cemas. Jika Anda sering dilanda rasa cemas berlebihan cobalah untuk menyiapkan beberapa pewangi khusus yang dapat menenangkan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Apakah Hidup Kita Bermakna?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang cukup berat dan sulit untuk dijawab. Sebelum kita berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut,…