Tips Meningkatkan Kemampuan Otak dengan Smartphone

Dengan usia yang semakin bertambah, tentu banyak pula memori yang sengaja maupun tidak sengaja terekam dalam otak. Nah, tanpa sadar juga dengan kebiasaan yang mungkin biasa saja membuat otak semakin menurun kemampuannya.

Mengapa demikian? Kadang orang terjebak dengan kebiasaan yang itu-itu saja dan berada pada level aman. Dengan demikian, mereka jarang berpikir dan otak pun tanpa sadar tidak terpelihara.

Apalagi di tengah era globalisasi yang sangat modern ini. Pada jaman ini hampir semua fasilitas membuat Anda lebih mudah melakukan segala aktivitas. Ini memang baik dan bisa mengekfektifkan kerja namun tanpa sadar otak dilumpuhkan secara perlahan. Anda tidak pernah lagi mengenal hitung-menghitung. Dengan kalkulator atau HP saja, Anda bisa menyelesaikan segala perhitungan dengan mudah.

Banyak istilah yang menyatakan “we are dumb people with smartphone“. Artinya kita adalah orang bodoh dengan ponsel yang pintar. Memang belum ada penelitian yang mendetail mengenai kaitan keduanya. Namun sebuah penelitian menunjukkan jika orang yang setiap hari berkutat dengan smartphone dan enggan bergerak memiliki kecenderungan kemampuan sosial yang rendah.

Namun tidak semua penggunaan smartphone juga membuat orang menjadi bodoh. Buktinya Anda bisa mencari informasi dan membaca dunia lewat smartphone yang kecil tersebut. Anda juga tidak perlu bersusah payah membawa buku ke manapun jika ingin membaca. Dengan smartphone, Anda bisa membaca di mana saja. Anjurannya adalah menggunakan smartphone sepintar mungkin sesering yang diperlukan.

Baca juga : Teknologi Bagi Guru Agar Pembelajaran Lebih Efektif dan Mengasyikan

Nah, selain itu ada 3 tips untuk meningkatkan kemampuan otak dengan smartphone. Berikut ulasannya.

1. Membaca

Dengan menyimpan berbagai macam e-book, Anda bisa membaca kapan saja. Dengan atau tanpa jaringan internet, Anda tetap bisa melakukannya. Dengan membaca, Anda menambah wawasan dan berimajinasi dengan otak. Otak seakan diajak selalu beraktivitas dan neuron-neuron pada otak terbiasa untuk tersambung. Otak menjadi aktif dan tidak mudah lelah.

2. Browsing

Browsing sama dengan membaca namun Anda membutuhkan jaringan internet untuk melakukannya. Anda bisa download informasi apapun yang ingin Anda ketahui. Mulai dari masalah keseharian hingga pengetahuan terbaru.

Usahakan Anda juga membaca berita harian sehingga pengetahuan umum Anda juga bertambah. Pengetahuan seperti ini bisa berguna saat Anda bertemu dengan orang lain bahkan kolega yang baru saja berjumpa.

Berita terbaru biasanya menjadi penengah atau ice breaking saat sedang berkomunikasi secara serius. Anda perlu membekali diri dengan hal-hal tersebut supaya tidak kehabisan bahan pembicaraan dan terjebak pada freeze zone. Selain kemampuan otak tentu bertambah, Anda juga akan lebih percaya diri dalam menghadapi orang lain.

3. Bermain Game

Bermain game memang terlihat sepele. Namun tahukah Anda bila bermain game juga dapat meningkatkan kemampuan otak? Dengan bermain game, Anda akan terpacu untuk menyelesaikan chalenge demi chalenge.

Baca juga : 4 Teknologi Tepat Guna Dari Barang Bekas Yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Game dengan kesulitan tinggi akan membuat Anda juga selalu berpikir keras untuk menyelesaikannya. Game berjenis petualangan misalnya akan memacu para pemainnya untuk mengatur strategi bukan hanya untuk mempertahankan diri dan menyerang namun juga terus maju untuk naik level.

Namun bermain game ini juga perlu dibatasi. Tidak jarang orang bermain game tanpa mengenal lelah dan waktu. Bahkan bukan hanya isapan jempol apabila bermain game bisa menyebabkan kematian karena kelelahan yang tidak disadari.

Oleh karena itu, apa saja yang dilakukan termasuk bermain game harus memiliki batas dan tujuan yang pasti. Jika hanya ingin berolahraga otak, tentukan waktu permainan dan tepati. Dengan demikian, game menjadi sarana yang baik untuk membuat otak selalu berolahraga dan akhirnya bisa menigkatkan kualitas otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like