3 Kebiasaan Untuk Menjadi Orang Yang Bahagia

Tahukah Anda bahwa kebahagiaan sebenarnya bukanlah tujuan. Bahagia adalah suatu pilihan dan bahkan dapat selalu dilakukan setiap hari bahkan setiap saat. Mengapa demikian? Kebanyakan orang berpikir bahwa dengan mencapai tujuannya, mereka menjadi bahagia. Namun apa yang terjadi setelahnya? Coba Anda perhatikan analisa berikut ini.

Seseorang menghabiskan masa mudanya untuk membeli sebuah mobil Audi. Dia membanting tulang setiap hari hanya untuk tujuannya tersebut. Pada usia 30 tahun yaitu 7 tahun dari titik awalnya, ia kemudian berhasil membeli mobil tersebut. Dia merasa bahwa setelah itu hidupnya akan bahagia. Namun ternyata tidak sama sekali. Dia menyadari banyak hal yang telah ia lewatkan.

Orangtua yang sudah meninggal namun tidak sempat datang, pasangan yang meninggalkannya, teman-teman yang menjauh karena dia sibuk bekerja. Dengan memperoleh mimpinya pun ternyata dia tidak bahagia. Nah, pada bagian ini Anda dimaksudkan untuk lebih memahami makna kebahagiaan yang ternyata adalah sebuah pilihan yang nyata. Apapun yang Anda alami saat ini, Anda masih selalu bisa memilih apakah ingin bahagia atau tidak.

Baca juga : 5 Cara Menjadi Orang yang Menyenangkan

Memilih makanan, memilih baju atau bahkan memilih rekan kerja memang tampak simpel dan mudah. Namun bagaimana dengan memilih kebahagiaan? Itu juga tidak sulit hanya akan sedikit berbeda. Anda hanya harus belajar untuk menjadikan rasa syukur sebagai pedoman hidup sehari-hari. Jika Anda masih bingung, Anda bisa mengikuti 3 kebiasaan ini untuk menjadikan hidup lebih bahagia.

1. Sadar Dengan Apa Yang Dilakukan

Lakukan segala sesuatu dengan kesadaran dan tujuan. Jangan pernah melakukan sesuatu hanya karena perintah atau ajakan dari teman. Posisikan diri Anda sebagai bos bagi diri sendiri. Jika memang diajak teman, perhatikan bahwa Anda akan ikut karena Anda ingin ikut dan menemaninya. Dengan kesadaran ini, tentu Anda akan bisa memilih apa saja yang Anda lakukan dan tentu baik.

Misalnya Anda sadar dengan berat badan berlebih akan membuat badan menjadi riskan terkena penyakit maka Anda akan diet. Berbeda dengan Anda diet karena diejek oleh rekan kerja atau bahkan keluarga. Sama-sama melakukan diet, namun diet dengan kesadaran diri akan lebih berpengaruh dan membuat Anda bahagia bukan terpaksa. Kesadaran ini akan membawa Anda selalu memiliki tujuan dalam hidup, baik keseharian atau jangka panjang.

2. Jangan Mengeluh

Banyak orang yang menetapkan tujuan dan mimpinya. Namun ketika berjalan untuk meraihnya, ia sering mengeluh. Sadarilah bahwa tidak ada jalan menuju puncak yang menurun dan mudah. Semua mengharuskan Anda untuk menguras keringat dan melampaui batas diri. Anda tidak akan tahu kesempatan mana yang akan membawa sampai pada tujuan. Terus berjalan dan tidak mengeluh adalah hal utama yang perlu dipegang.

Jika Anda berpikir mengeluh hanya untuk melampiaskan kekesalan, Anda salah. Mengeluh akan membuat diri Anda merindukan zona nyaman. Secara tidak sadar Anda sudah menengok ke belakang dan melupakan tujuan walaupun hanya sejenak. Bukan tidak mungkin dengan melihat perjalanan yang begitu panjang telah dilewati dan belum mendapat hasil membuat Anda malah yakin untuk pulang. Padahal tanpa Anda tahu tujuan hanya tinggal sejengkal saja. Maka jangan mengeluh.

Baca juga : 3 Persiapan Menjadi Manusia Super Produktif

Dengan memilih tidak mengeluh, Anda memilih untuk bahagia. Anda tanpa sadar menghidupi rasa syukur dalam kebahagiaan yang dipilih. Pernahkah Anda melihat orang yang gajinya lebih kecil dari Anda memiliki keluarga yang bahagia? Bukan tidak mungkin jika ia memiliki masalah yang jauh lebih pelik dari Anda. Namun apa yang terjadi? Ia memilih menghidupi kehidupannya dengan tidak mengeluh dan tetap mendapatkan kebahagiaan.

3. Mencintai Apa Yang Dikerjakan

Anda menghabiskan sebagian besar waktu dalam hidup untuk bekerja. Lalu bagaimana jika Anda tidak mencintai pekerjaan? Sebagian besar waktu dalam kehidupan Anda juga juga jauh dari bahagia. Orang-orang sukses biasanya bangun lebih pagi dan bersemangat mengawali hari.

Mengapa demikian? Orang-orang tersebut memiliki pekerjaan yang bisa menjadi semangat dan membangunkannya tiap pagi. Jika Anda bukan termasuk orang-orang ini. Benarkah Anda sudah berada di pekerjaan yang tepat? Jika belum, segera ambil tindakan untuk mengembalikan kebahagiaan dalam kehidupan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like