Tips Menjaga Kesehatan Anak

Kesehatan seorang anak sangat penting untuk orang tua mereka. Tidak terkecuali bagi Anda para ibu-ibu muda yang baru memiliki satu anak. Menjaga kesehatan buah hati menjadi prioritas utama dalam membesarkan dan mengasuh anak.

Anda harus pandai-pandai menjauhkan anak-anak dari masalah serta berbagai sumber penyakit. Namun tidak lupa tetap memberikan mereka kebebasan untuk berekspresi, bermain dan melakukan apa yang mereka suka. Pastinya dalam batas-batas yang telah ditentukan.

Agar anak tetap sehat dan tidak membuat ibu hawatir, berikut adalah tips menjaga kesehatan anak.

Istirahat Cukup

Setiap anak membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaga mereka dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk rileks.

Baca juga : Efek Kipas Angin Terhadap Kesehatan Anak

Setiap anak memiliki waktu istirahat yang berbeda-beda. Walau demikian, ada beberapa ketentuan umum waktu beristirahat anak-anak yang bisa Anda ikuti untuk mengontrol buah hati di rumah.

  • Anak usia 1-4 minggu harus beristirahat 16 jam per hari
  • Anak usia 1-4 bulan harus beristirahat 15 jam per hari
  • Anak usia 4-12 bulan membutuhkan waktu istirahat 14-15 per hari
  • Anak usia 1-3 tahun membutuhkan waktu istirahat antara 12-14 jam per hari
  • Anak usia 3-6 tahun membutuhkan waktu istirahat 10-12 jam per hari
  • Anak yang berusia 7-12 tahun setidaknya membutuhkan waktu istirahat 10-11 jam per hari
  • Anak yang berusia 12-18 membutuhkan waktu tidur layaknya orang dewasa yaitu 8-9 jam perhari

Rutinitas Sebelum Tidur Malam

Beberapa rutinitas yang harus Anda terapkan kepada anak sebelum mereka mengambil istirahat untuk tidur malam. Anak-anak harus dibiasakan untuk mandi terlebih dahulu misalnya pada sore hari, menyikat gigi sebelum tidur, mencuci kaki dan tangan.

Anda juga dapat secara rutin membacakan mereka beberapa dongeng yang menyenangkan, penuh dengan imajinasi serta memiliki pesan moral yang baik.

Makanan dan Minuman Bergizi

Makanan bisa menjadi salah satu faktor penentu kesehatan seorang anak. Pastikan Anda memilih makanan yang bergizi dan padat nutrisi pada saat mereka masih kecil. Perut anak-anak hanya bisa menampung sedikit makanan sehingga Anda harus selektif dalam memilih makanan yang harus masuk ke perut mereka.

Begitu juga dengan cairan untuk tubuh mereka. Anda bisa mendapatkannya dari minum air putih, memberikan anak buah-buahan dan juga sayur-sayuran.

Jauhkan Makanan Tidak Sehat

Ada banyak makanan tidak sehat di luar sana yang setiap hari bisa ditemui anak-anak baik di sekitar rumah mereka maupun di sekolah.

Dengan memberikan beberapa pengetahuan seputar kesehatan serta efek buruk yang diakibatkan oleh makanan yang tidak sehat termasuk juga junk food akan membuat anak berpikir dua kali sebelum membeli makanan tersebut.

Makanan yang tidak bergizi atau tanpa kalori biasanya menyebabkan seorang anak tumbuh dengan lemak di tubuh serta beberapa masalah kesehatan lainnya.

Biarkan Anak Bermain

Anak-anak harus bermain setiap hari untuk menjaga agar tubuhnya tetap fit. Anak-anak yang selalu ceria dan bermain setiap hari memiliki imun tubuh yang sangat kuat.

Saat anak mulai murung dan tidak percaya diri, maka imun tubuh mereka akan jauh berkurang.

Jauhkan Anak dari Asap Rokok

Asap rokok menjadi musuh utama untuk anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu apabila Anda memiliki keluarga yang merokok sebaiknya Anda membuatkan tempat khusus untuk merokok atau mereka harus merokok di luar rumah.

Baca juga : 6 Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Anak

Efek buruk yang diakibatkan oleh rokok sangat bervariasi mulai dari sesak napas, kanker, hingga berbagai jenis penyakit yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Kotak Obat atau P3K

Anak-anak memiliki dunia yang sangat menyenangkan yaitu dunia bermain. Hal tersebut jugalah yang menyebabkan banyak anak pulang dengan membawa luka goresan maupun berbagai hal akibat bermain.

Sediakan kotak obat di rumah untuk membersihkan luka mereka guna mencegah infeksi, memberikan perban untuk perlindungan dan lain lain.

Imunisasi

Untuk balita di bawah 12 bulan harus mendapatkan imunisasi. Imunisasi akan menjauhkan anak-anak dari berbagai macam penyakit dan menambah kekebalan tubuh mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak…