Makanan dan Nutrisi Yang Mempengaruhi Belajar Anak

Setiap hari anak-anak mengkonsumsi makanan yang sangat penting untuk tenaga mereka, perkembangan dan juga untuk daya tahan tubuh mereka. Namun sayangnya, makanan yang kadang dikonsumsi anak-anak di sekitar rumah dan juga di sekolah bukanlah makanan yang tepat dan justru menghambat kemampuan mereka dalam menyerap pelajaran.

Makanan tersebut sarat dengan gula, bahan kimia, natrium dan beberapa diantaranya dapat menyebabkan anak kesulitan untuk fokus, menyebabkan rasa gelisah dan kadang merubah perilaku dan suasana hati mereka.

Kekurangan Energi dan Fokus

Menurut society for neuroscience diungkapkan bahwa makanan yang dikonsumsi dan mengandung lemak jenuh tinggi dapat mengganggu memori serta penerimaan anak-anak pada pelajaran.

Baca juga : 6 Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Anak

Dan sayangnya makanan dengan lemak jenuh seringkali paling banyak tersedia secara luas di beberapa sekolah. Makanan-makanan yang manis, nugget bayam, bahkan burger keju tersedia di beberapa kantin dan warung.

Selain itu, maraknya penjual makanan ringan yang banyak mengandung MSG menurunkan kekuatan otak anak saat berada di kelas.

Salah satu teori yang menjelaskan hubungan antara lemak jenuh dan kekuatan otak adalah efek dari glukosa dan gula dalam makanan yang tinggi lemak. Pada dasarnya, glukosa berasal dari karbohidrat. Glukosa dibutuhkan oleh tubuh untuk energi, walau demikian, terlalu tinggi glukosa dapat menyebabkan tingkat energi tubuh menjadi drop.

Saat tubuh menelan glukosa, tubuh akan melepaskan insulin untuk memproses makanan yang baru diperoleh tersebut. Seharusnya, setelah tubuh menerima makanan sehat, kadar glukosa akan naik sedikit demi sedikit dan tubuh merasa berenergi terutama saat menerima nutrisi. Namun karena kadar glukosa yang terlalu tinggi sehingga membuat tubuh mulai sibuk untuk memproses semua makanan.

Makanan-makanan yang digoreng, permen manis, minuman yang mengandung soda dapat menyebabkan penurunan energi yang sangat cepat. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada fokus dan kinerja mental anak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa apabila seorang anak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa tinggi dapat mengakibatkan kerusakan ginjal, mata, pembuluh darah dan juga saraf. Beberapa efek samping serius juga disebabkan oleh glukosa tinggi antara lain iritabilitas, letargi dan kurang fokus.

Makanan Yang Merampas dan Malnutrisi

Dewasa ini, diperkirakan satu dari tiga anak-anak memiliki kelebihan berat badan. Apakah Anda tahu bahwa anak-anak kelebihan berat badan dianggap sebagai anak yang kurang gizi. Kurangnya asupan makanan yang tepat dikenal sebagai malnutrisi atau kurang gizi dan hal tersebut bukan berarti bahwa mereka kekurangan makanan.

Kekurangan gizi menandakan kekurangan nutrisi sangat penting untuk mengetahui bahwa sebagian besar anak-anak mungkin terlalu banyak menerima kalori dalam makanan mereka dan tidak menerima vitamin, nutrisi serta mineral penting.

Anak-anak yang kurang vitamin dan kurang mineral dapat merugikan mereka, terutama masalah kesehatan, kemampuan menyerap pelajaran, serta perilaku psikososial.

Baca juga : Efek Kipas Angin Terhadap Kesehatan Anak

Merencanakan Makanan Enak dari Rumah

Sangat penting untuk membekali anak Anda dengan beberapa makanan dari rumah yang dapat memberikan kebutuhan nutrisi mereka misalnya dengan buah-buahan, sayuran, salad dan juga protein tanpa lemak.

Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari bayam, kacang kacangan, ikan dan juga telur. Untuk meningkatkan kekuatan memori seorang anak harus juga mengkonsumsi makanan yang kaya lesitin. Lesitin bisa didapat dari kacang tanah, kacang kedelai dan juga gandum.

Kalium juga dapat membantu dalam mempertahankan energi agar otak terus berfungsi. Beberapa sumber kalium yang baik antara lain jeruk, pisang, aprikot, alpukat, melon dan juga buah peach.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tips Wisata Kuliner Yang Sehat

Mengunjungi berbagai daerah yang akan memberikan Anda getaran-getaran tertentu membuat kita selalu mencintai petualangan dan juga perjalanan. Tidak…