Kebiasaan Yang Membuat Anda Nyeri Punggung

Semakin bertambahnya umur seseorang semakin mudah terhadap berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang sering dialami banyak orang yaitu nyeri punggung. Bagi mereka yang sudah lanjut usia pasti sudah akrab dengan yang namanya nyeri punggung. Mungkin hal ini sebuah kewajaran sebab daya tahan tubuh mereka semakin berkurang.

Namun yang mengagetkan, saat ini bukan hanya mereka yang sudah berusia lanjut yang sering bermasalah dengan nyeri punggung. Mereka yang masih muda pun sering mengalami rasa sakit pada punggung.

Tentu hal ini tidak lepas dari pola hidup anak muda sekarang yang tidak sehat. Memang menjalankan pola hidup sehat bisa dibilang gampang-gampang susah, perlu ada niat dan kemauan yang kuat untuk melakukannya.

Baca juga : Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Selain disebabkan pola hidup yang kurang sehat, nyeri punggung bisa disebabkan kebiasaan yang sering Anda lakukan setiap hari. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan sakit punggung.

Kurang Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan stres. Bagi orang-orang yang biasa bekerja berat biasanya mempunyai fisik tubuh lebih sehat. Berbeda dengan mereka yang bekerja di kantor dan kerjaannya lebih banyak duduk di depan layar komputer.

Orang yang bekerja dengan fisik sama halnya dengan berolahraga akan mengeluarkan keringat sehingga menjadikan tubuh menjadi segar dan terhindar dari nyeri punggung.

Duduk Terlalu Lama

Salah satu penyebab orang merasakan sakit nyeri punggung yaitu duduk terlalu lama. Hal ini disebabkan karena saat duduk, tidak ada aktivitas atau gerakan badan. Namun jika dituntut melakukan pekerjaan dengan duduk, sebaiknya 2-3 jam sekali Anda beristirahat dan meregangkan punggung.

Memakai Sepatu Hak Tinggi

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh kaum hawa. Menggunakan sepatu hak tinggi bagi wanita merupakan gaya hidup yang biasa dilakukan sehari-hari. Menggunakan sepatu hak tinggi memaksa Anda untuk melengkungkan punggung dan membuat otot tulang belakang bekerja lebih keras. Dampaknya pendistribusian berat badan tidak merata dan menyebabkan rasa sakit pada punggung.

Mengemudi Terlalu Lama

Orang yang biasa mengemudi mobil pasti akan sering mengalami nyeri pada punggungnya. Posisi mengemudi menyebabkan otot dada dan bahu mengalami tekanan yang mengakibatkan nyeri pada punggung. Untuk mengatasi masalah nyeri punggung saat mengemudi, jika sudah merasakan capek sebaiknya istirahat terlebih dahulu untuk melemaskan otot dada dan bahu yang tegang.

Sering Mengkretukan Punggung

Mengkretukan punggung menjadi salah satu kebiasaan yang kita lakukan yang dapat menyebabkan nyeri punggung. Saat Anda melakukannya Anda merasakan enak pada punggung padahal hal itu membuat otot menjadi tidak stabil dan ketidakseimbangan pada poros tengah.

Baca juga : Kandungan dan Khasiat Buah Rambutan

Tidur dengan Kasur Terlalu Keras

Tempat tidur yang kurang nyaman dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian punggung. Gunakan kasur yang padat tapi empuk. Pastikan lengkungan tulang belakang Anda tidak kaku saat berbaring di kasur.

Stres

Mungkin sedikit aneh dengan hal yang satu ini. Namun stres yang kita alami juga akan menyebabkan tubuh mengalami stres. Otot dan leher akan mengalami ketegangan yang nantinya menimbulkan rasa nyeri pada bagian tersebut dan menjalar ke punggung. Sebisa mungkin hindari masalah yang dapat menyebabkan stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

Dalam dunia medis kematian bayi mendadak atau yang biasa disebut sudden infant death syndrome (SIDS) bisa disebabkan karena…

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak…