Cara Mengatur Pola Makan Saat Hamil

Diet sehat merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Dan lebih penting lagi apabila Anda sedang merencanakan kehamilan. Mengkonsumsi makanan yang sehat selama kehamilan akan membantu bayi Anda untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Selama kehamilan Anda tidak perlu melakukan diet khusus, namun yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan keseimbangan yang tepat dari nutrisi untuk kebutuhan bayi.

Pada saat seseorang hamil, sangat penting baginya untuk selalu mendapatkan asupan vitamin serta mineral dari makanan yang dikonsumsi. Namun sangat dianjurkan juga untuk mengkonsumsi beberapa suplemen. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan terpenuhi.

Biasanya ibu hamil akan menemukan dirinya merasa lebih mudah lapar daripada biasanya. Namun sangat tidak dianjurkan kepada ibu untuk makan dua kali lebih banyak daripada biasanya. Kecuali jika Anda hamil bayi kembar 2 atau 3.

Makanan harus mulai diperhatikan sejak sarapan. Makanan yang Anda konsumsi pada saat sarapan akan membantu menghindari terlalu banyak ngemil yang mengandung banyak lemak dan gula darah.

Baca juga : Cara Mendapatkan Dukungan Jika Anda Sulit Hamil

Pada saat hamil Anda harus sedikit merubah gaya makan Anda. Jika biasanya Anda makan banyak nasi dan sedikit sayur, saat hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, menambah jumlah sayur dan beberapa buah-buahan dan juga memenuhi kebutuhan cairan.

Pentingnya Buah dan Sayuran Selama Hamil

Mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran akan memberikan Anda banyak vitamin dan mineral serta serat yang membantu pencernaan dan juga dapat membantu mengatasi sembelit. Perlu Anda ketahui bahwa sembelit merupakan penyakit paling umum yang ditemukan pada ibu hamil.

Makanlah setidaknya 5 porsi dari berbagai jenis buah-buahan dan sayuran setiap hari. Jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa Anda konsumsi cukup bervariasi mulai dari sayur segar, buah-buahan beku, buah kering atau sayur dan buah yang dijus. Dan jangan lupa untuk mencuci buah maupun sayur dengan bersih sebelum dikonsumsi.

Makanan Bertepung atau Karbohidrat Pada Saat Hamil

Makanan bertepung merupakan sumber penting dari energi, vitamin dan juga serat. Selain itu, biasanya makanan bertepung juga mengandung banyak kalori. Beberapa diantara makanan yang mengandung tepung antara lain roti, kentang, sereal, nasi, jagung, ubi jalar, dan juga tepung jagung.

Makanan tersebut harus menjadi makanan utama setiap Anda makan. Anda bisa memilih nasi, atau jagung, atau ubi jalar. Apabila Anda ingin mendapatkan karbohidrat dari kentang, cobalah untuk tidak mengupasnya agar mendapatkan lebih banyak serat.

Pentingnya Protein Selama Kehamilan

Beberapa sumber protein yang bisa Anda dapatkan dengan cukup mudah antara lain daging, ikan, unggas, telur, dan kacang-kacangan.

Jika Anda ingin mengkonsumsi daging sebagai sumber protein, pastikan daging tersebut bebas lemak, Anda juga harus membuang kulit ayam yang banyak mengandung lemak serta apabila Anda memasak daging, usahakan tidak menggunakan minyak agar lemak tidak bertambah.

Dan wajib Anda pastikan bahwa telur, daging, ayam, sosis, atau potongan daging dimasak secara menyeluruh dan benar-benar matang. Apabila Anda menemukan daging ayam yang masih terdapat darah di bagian dalamnya cobalah untuk menghentikan mengkonsumsinya dan gantilah dengan daging yang lain.

Produk Susu

Seorang ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan yang bersumber dari beberapa produk susu seperti keju, susu dan juga yogurt. Produk susu merupakan sumber kalsium dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil serta bayi. Pastikan Anda memilih susu atau yogurt dan keju yang rendah lemak.

Baca juga : Pilihan Makanan Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Beberapa Makanan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Beberapa makanan yang perlu untuk dihindari selama kehamilan antara lain, semua makanan berlemak baik itu mentega dan lain lain, makanan berminyak seperti goreng-gorengan, ice cream, coklat, minuman bersoda, dan juga minuman beralkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like