Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memijat Bayi

Memijat bayi memang tidak boleh sembarangan. Itulah sebabnya mengapa banyak orang tua atau ibu yang kemudian merasa ragu dan tidak memiliki keberanian untuk memberikan pijatan pada tubuh bayi.

Keraguan tersebut memang cukup mendasar dan terkait juga dengan beberapa alasan seperti tubuh bayi yang terlalu kecil, tulangnya yang belum cukup kuat dan alasan lain.

Namun, banyaknya manfaat yang bisa didapat dari pemijatan terhadap bayi lambat laun akan membuat ibu lebih percaya diri. Itulah sebabnya sangat penting bagi setiap ibu untuk memperhatikan beberapa detail sebelum memberikan pijatan kepada bayi.

Baca juga : Usia Berapa Bayi Boleh Dipijat?

Beberapa hal kecil berikut ini harus menjadi perhatian ibu, terlebih dalam menyesuaikan usia bayi yang akan dipijat.

Kekuatan Pijatan

Bayi yang baru berusia beberapa minggu bisa diberikan pijatan dengan melakukan usapan halus tanpa tekanan. Jadi pada dasarnya Anda tidak dilarang untuk memijat bayi bahkan beberapa hari setelah ia lahir.

Keuntungan yang Anda dapatkan dengan memberikan pijatan lembut kepada bayi seperti itu antara lain, dapat menambah kedekatan dan ikatan batin antara Anda dan bayi, membantu Anda untuk lebih percaya diri dalam merawat dan memegang bayi, serta membantu ibu untuk mengenal lebih detail mengenai bayinya.

Posisi Bayi

Seorang ibu tidak boleh memaksakan posisi tertentu untuk memijat bayi. Bayi yang tidak ingin dipijat pada situasi tertentu seperti pada saat ia tidak merasa nyaman atau tidak merasa sehat maka ibu harus memahami hal tersebut.

Setelah Makan

Hindari pemijatan setelah bayi makan karena dapat mengganggu pencernaan serta lambungnya.

Hindari Penggunaan Bahan Tertentu

Penggunaan beberapa bahan seperti balsam, minyak tawon dan beberapa bahan yang tidak cocok untuk bayi sangat tidak dianjurkan. Gunakanlah bahan-bahan yang lebih aman seperti baby oil atau minyak telon.

Namun Anda harus menguji baby oil dan minyak telon tersebut terlebih dahulu apakah memiliki reaksi terhadap kulit bayi atau tidak. Jika reaksi timbul seperti efek kemerahan atau efek terbakar, Anda tidak boleh menggunakannya.

Jangan Membangunkan Bayi

Memaksa bayi untuk dipijat, terutama pada saat tidur lelap sangat tidak dianjurkan. Terlebih jika Anda memaksakan bayi untuk bangun.

Memilih Tempat Nyaman

Memilih tempat nyaman yang membuat Anda maupun bayi merasa rileks adalah salah satu syarat sebelum Anda memberikan pijatan. Alas tidur bayi yang lembut serta bersih dan hangat merupakan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Selain itu, kamar yang nyaman dan situasi yang menyenangkan penuh dengan kegembiraan merupakan syarat selanjutnya untuk memijat bayi.

Baca juga : Manfaat Pijat Untuk Bayi

Pemanasan

Sebelum Anda memijat bayi, cobalah untuk memberikan beberapa gerakan pembuka atau pemanasan. Berikan sentuhan-sentuhan ringan di bagian wajah atau di bagian kepala. Sentuhan-sentuhan ringan di tubuh bayi sambil berkomunikasi dapat membuat bayi menjadi lebih rileks dan lebih siap untuk menerima pijatan selanjutnya.

Cuci Tangan

Bagi ibu, penting untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memberikan pijatan. Pastikan Anda menggunakan sabun saat mencuci tangan dan jaga selalu kebersihan tangan Anda.

Selamat memijat bayi Anda dengan lembut dan penuh kasih sayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Amankah Bayi Tidur Tengkurap?

Dalam dunia medis kematian bayi mendadak atau yang biasa disebut sudden infant death syndrome (SIDS) bisa disebabkan karena…

Manfaat Pijat Untuk Bayi

Ternyata pijat tidak hanya untuk mereka yang sudah dewasa, melainkan bayi juga bisa dipijat. Pemijatan pada bayi tidak…